Apa Manfaat dan Efek Samping Bawang Hitam Untuk Kesehatan?

Bawang hitam adalah bawang yang terbuat dari bawang putih. Mungkin Anda bertanya-tanya dan penasaran mengenai bawang hitam ini.

Sebenarnya, bawang hitam bukanlah jenis bawang yang baru ditemukan, melainkan bawang putih yang dibuat melalui cara fermentasi dengan menggunakan suhu panas dan kelembaban tertentu.

Hasil dari fermentasi bawang putih inilah yang disebut dengan bawang hitam. Pasalnya, bawang putih yang difermentasi akan berubah menjadi warna hitam dengan tekstur yang lembut serta rasa yang enak.

Apa Manfaat dan Efek Samping Bawang Hitam Untuk Kesehatan?

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan


Manfaat bawang hitam ini sama juga denga manfaat bawang putih, akan tetapi bawang hitam ini lebih terasa enak jika dikonsumsi.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa bawang hitam ini kahasiatnya lebih kuat jika dibandingkan dengan bawang putih.

Untuk mengetahui manfaat bawang hitam lebih lanjut, berikut ini adalah informasi mengenai beberapa manfaat dari bawang hitam yang bisa Anda ketahui.

1. Membantu Mencegah Infeksi


Bawang hitam diakui memiliki sifat antibiotik, anti jamur, dan anti mikroba sehingga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur.

2. Memiliki efek diuretik yang kuat


Mengkonsumsi bawang hitam ketika perut yang sedang kosong diakui sangat baik untuk orang memiliki retensi cairan pada tubuhnya, seperti pada penderita sakit ginjal, penyakit edema, dan membantu mengeluarkan cairan dalam tubuh yang berlebihan.

3. Membantu Meningkatkan kolagen


Orang yang memiliki masalah terhadap kulit seperti jerawat dan dermatitis dapat diatasi dengan mengkonsumsi bawang hitam.

Hal ini karena bawang hitam mengandung tiosulphinate yang mampu meningkatkan produksi kolagen.

4. Membantu Mengobati masalah pernapasan


Masalah pernapasan seperti asma, gejala alergi, dapat diatasi hanya dengan mengkonsumsi bawang hitam.

5. Membantu Menurunkan Risiko Terserang Penyakit


Katanya, bawang hitam memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih besar dari bawang putih, sehingga bawang hitam diakui lebih efektif dalam mengurangi resiko terserang dari berbagai jenis penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Namun, ada saja yang mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang hitam secara rutin dianggap berbahaya. Hal ini tentu saja dapat membuat banyak pertanyaa dari sejumlah pencari infor tentang herbal.

Nah, disini akan dijelaskan bahwa mengkonsumsi bawang hitam sama sekali tidak berbahaya. Karena bawang hitam sangat berkhasiat untuk kesehatan dan mengobati sejumlah penyakit.

Efek Samping Bawang Hitam Bagi Kesehatan


Meski terdapat efek samping yang tertentu, akan tetapi itu hanya terjadi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Selain itu efek sampingnya juga tidak terlalu berbahaya.

Adapun efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi bawang hitam ialah sebagai berikut :

1. Gangguan Pencernaan


Menurut dari informasi yang didapatkan, mengkonsumsi bawang hitam dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan diare dan perut mual.

Selain itu, kadar asam lambung berkemungkinan juga akan meningkat. Jadi ada baiknya sebelum mengkonsumsi bawang hitam tidak berlebihan.

2. Pendarahan Yang Berlebihan


Bagi Anda yang ingin melakukan operasi, maka sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi bawang hitam. Pasalnya bawang hitam memiliki kandungan antikogulan yang dapat membantu tubuh dalam mengencerkan darah.

3. Dapat menimbulkan Reaksi Alergi


Adapun beberapa reaksi alergi yang ditimbulkan oleh bawang hitam ialah sebagai berikut :
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sesak nafas
  • Mual
  • Muntah
  • Kulit mengelupas
  • Ruam
Alergi yang terjadi pada bawang hitam juga terjadi akibat kesalahan identifikasi dari sistem kekbalan tubuh. Jadi, sebelum mengkonsumsi bawang hitam sebaiknya anda konsultasikan dulu sama dokter atau pada ahlinya.

Postingan terkait:

"Apa Manfaat dan Efek Samping Bawang Hitam Untuk Kesehatan?"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..