Manfaat Mengkonsumsi Jahe Mentah yang Belum Diketahui

Jahe adalah jenis tanaman rimpang yang sering dijadikan sebagai bumbu dalam suatu masakan, khususnya pada jenis makanan Asia atau India.

Selain itu, jahe juga telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu sebagai obat herbal alami dalam mengobati berbagai penyakit.

Pada umumnya, jahe ini dapat dikonsumsi secara segar/mentah. Pasalnya, jahe mentah banyak mengandung senyawa dan metabolit yang dapat berkonstribusi pada kesehatan dan penyembuhan.

Manfaat Mengkonsumsi Jahe Mentah yang Belum Diketahui

Adapun manfaat mengkonsumsi jahe mentah ialah sebagai berikut.

#1. Baik Untuk Sistem Pencernaan


Senyawa fenolik yang terdapat didalam jahe mentah dikenal dapat membantu meredakan iritasi gastrointestinal, menekan kontraksi lambung, dan meransang produksi asam empedu.

Selain itu, jahe juga berperan dalam memberikan efek yang menguntungkan pada enzim tripsin dan enzim lipase pada pankreas.

#2. Membantu Mengatasi Rasa Mual


Mengkonsumsi jahe mentah adalah pengobatan secara umum dilakukan untu pencegahan mual selama pengobatan kanker.

#3. Dapat Membantu meredakan pilek dan flu


Pilek dan flu sering kali terjadi ketika musim hujan datang, untuk mengatasi gejal Pilek ini dapat dengan cara mengkonsumsi jahe mentah. Pasalnya jahe mentah bersifat diaforetik yang dapat meransagn keluarnya keringat.

#4. Dapat meredakan rasa nyeri


Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Georgia yang melibatkan 74 orang yang diteliti, mengkonsumsi jahe mentah harian akan mengurangi rasa nyeri otot yang diinduksi latihan sebesar 25%.

Selain itu, ditemukan juga bahwasanya mengkonsumsi jahe mentah dapat menguranig gejala dismenore, dan meredakan sakit kepala.

#5. Mengobati Inflamasi


Manfaat mengkonsumsi jahe mentah juga ditemukan terbukti secara efektif dan aman dalam mengobati inflamasi yang dikaitkan dengan osteoaritritis.

#6. Membantu Menjaga Kesehatan jantung


Manfaat mengkonsumsi jahe mentah ini dipercaya dapat mengurangi kolestrol dan menurunkan risiko pembekuan darah.

Namun sayangnya, Manfaat jahe dalam menjaga kesehatan jantung ini memang diperlukan penelitian yang lebih lanjut, dan bukti yang cukup kuat untuk menunjukan bahwa jahe dapat menjadi pengobatan penyakit jantung.

#7. Membanut Menurunkan kadar gula darah


Studi yang dilakukan pada tahun 2015, dimana dilakukan pada 41 orang dengan penderita diabetes tipe 2. Mereka diberikan masing-masing 2 gram serbuk jahe perhari dan hasilnya, gula darah mereka mengalami penurunan sebesar 12%.

#8. Sebagai Asupan nutrisi


Jahe diketahui dapat menjadi asupan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Hal ini disebabkan adanya kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehtan yang mencakup gingerol, capsaicin, beta karoten, asam kafeat, kurkumin, dan salisilat.

Menurut US Food and Drug Administration (FDA), jahe merupakan zat aditif makanan yang dipercaya bersifat aman.

Nah, itulah beberapa manfaat jahe mentah yang dapat memberikan khasiat dalam melindungi tubuh dari berbagai serang penyakit. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya.

Postingan terkait:

"Manfaat Mengkonsumsi Jahe Mentah yang Belum Diketahui"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..