Manfaat dan Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan

Selama ini, jamur tiram hanya dikenal sebagai jenis makanan ringan serperti jajanan dan pelengkapan dalam suatu makanan.

Namun sebenarnya, jamur tiram didapati banyak memiliki manfaat dan menyimpan banyak potensi dalan mendukung kesehatan tubuh.

Pasalnya, jamur tiram ini banyak memiliki kandungan zat yang penting bagi tubuh, yakni seperti beta glucan, kalium, mineral vitamin B, dan beberapa jenis karbohidrat.

Manfaat dan Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan

Selain itu, jamur tiram ini juga dikenal dengan jenis makanan yang bebas lemak, bebas kolestrol, dan rendah kalori.

Manfaat Jamur Tiram Bagi Tubuh


Meskipun masih membutuhkan penelitan yang lebih lanjut, jamur tiram kini diyakini memiliki potensi untuk dapat membantu dan mencegah serta mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, infeksi saluran pernapasan, kolestrol, aterosklorosis, dan melawan kanker.

Adapun manfaat dan khasiatnya yang dipercaya adalah seperti :

1. Mencegah penyakit diabetes


Beta glucan yang terdapat pada jamur tiram dapat membantu mengendalikan gula darah untuk mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2.

Selain itu, kandungan vitamin B yang terdapat pada jamur tiram juga dapat berfungsi sebagai pendukung kinerja sel darah merah, sistem pencernaan, dan menjaga kesehtan kulit.

2. Menjaga kesehatan jantung


Selain mencegah penyakit diabetes, kandungan beta glucan pada jamur tiram juga dapat berperan dalam mengendalikan kadar kolestrol dan sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada jamur tiram juga dapat berfungsi dalam menjaga fungsi jantung, saraf, dan otot.

3. Menjaga kesehatan tulang dan saraf


Kandungan asam pantotenat yang baik didalam jamur tiram dapat berfungsi sebagai pendukung dalam kinerja sistem saraf dan membantu dalam menghasilkan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Mengatasi infeksi saluran pernapasan


Menurut dari penelitian yang dilakukan pada anak-anak, manfaat dan khasiat jamur tiram dapat membantu meredakan infeksi saluran pernapasan dan memiliki efek anti alergi.

Namun sayangnya, efek ini masih membutuhkan pembuktian yang lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.

5. Membantu Mencegah pertumbuhan kanker


Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, ekstrak dari jamur tiram memiliki sifat anti kanker. Zat ini dapat bekerja dengan cara mengingkatkan sel imunitas tertentu, sehingga dapat menekan pertumbuhan dan penyebaran tumor tau kanker.

Kesimpulan 
Meskipun jamur tiram memiliki manfaat dan khasiat yang bagus untuk kesehatan, namu Anda juga harus berhati-hati dalam megkonsumsinya. Terutama lagi Anda memiliki alergi terhdapat jamur tiram ini.

Sebaikny konsumsilah jamur tiram dengan porsi yang tidak melebihi, supaya terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Postingan terkait:

"Manfaat dan Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..