Manfaat dan Khasiat Beserta Efek Samping Daun Jarak

loading...
Tumbuhan jarak merupakan jenis tumbuhan liar setahun yang memiliki daun tunggal menjari antara 7-9 dan berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan jarak ini masih tergolong kedalam genus Ricinus, ubtribe Ricininae.

Di Indonesia, tumbuhan jarak ini memiliki nama yang berbeda tiap-tiap daerah seperti di Jawa barat tumbuhan ini dijuluki dengan nama Kaliki, sedangkan di Sumatra dikenal dengan Dulang, di Madura, tumbuhan ini di juluki dengan Kaleke.

Manfaat dan Khasiat Beserta Efek Samping Daun Jarak

Selain itu, tumbuhan ini sering digunakan sebagai campuran pelumas. Hal ini karena jarak mengandung zat ricin, ( sejeni racun yang mematikan ). Selain itu juga, pohon jarak merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan suatu asam lemak hidroksi, yaitu asam ricinoleat.

Manfaat dan Khasiat Daun Jarak Untuk Kesehatan


Mengenai manfaat daun jarak ini sudah sangat lazim digunakan oleh masyarakat sebagai obat herbal. Tanaman yang lebih sering dikenal sebagai apotik hidup itu, banyak yang mencarinya karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sejak dahulu, tanaman jarak sudah menjadi rebutan para penjajah. Karena tanaman ini memiliki manfaat yang menyeluruh, dimulai dari batang, daun, buah, sampai bijinya. Adapun manfaat daun jarak untuk kesehatan ialah sebagai berikut :


  • Membantu Mengatasi Perut Kembung
  • Membantu Menurunkan panas pada bayi
  • Membantu Untuk mengobati Rematik
  • Mengurangi jamur kulit
  • Membantu Mengatasi sakit gigi
  • Membantu Mengatasi Radang Telinga


Efek Samping Daun Jarak


Meskipun daun jarak memiliki manfaat bagi kesehatan, tapi jarak juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai, karena efeks samping jarak ini juga memiliki risiko yang berbahaya.

Efek samping yang paling utama dari jarak ini adalah dapat menyebabkan diare, ketidaknyamanan pencernaan, dan alergi.

Selain itu, jika Anda menderita penyakit iritasi usus, maag, kram, wasir, diverticulitis, radang usus, atau baru saja menjalani operasi, sebaiknya anda meghindari penggunaan minyak jarak ini. Karena dapat menimbulkan hal-hal yang sangat beresiko.

Selain itu, untuk wanita hamil juga sebaiknya tidak menggunakan minyak jarak, meski minyak jarak sering digunaka sebagai peransang untuk persalinan, namun rasa mual ini sering dialami oleh wanita hamil.

Nah, sekali lagi ditekankan, manfaat kesehatan dari tanaman jarak ini tidak lebih dari pengamatan ilmiah. Untuk itu, sebelum menggunakan herbal daun jarak ini sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter atau ahli herbal.

loading...

Postingan terkait:

"Manfaat dan Khasiat Beserta Efek Samping Daun Jarak"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..