Beragam Manfaat dan Khasiat Dewandaru Untuk tubuh

loading...
Dewandaru atau yang dikenal dengan buah ceremai belanda adalah tumbuhan yang berasal dari Berazil, namun pada saat ini sudah tersebar luas dan berkembang sampai di Indonesia.

Tumbuhan ini juga termasuk tumbuhan yang tahan terhadap serangan hama dan mudah tumbuh serta berbuah tanpa memerlukan perawatan khusus, dan bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 5 meter.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Eugenia Uniflora ini memiliki buah yang berbentuk bulat dengan lekukan-lekukan di sekelilingnya serta memiliki rasa yang manis, asam, dan aroma yang harum.

Manfaat dan Khasiat Dewandaru Untuk tubuh

Buah dewandaru ini sering dimanfaatkan dan diolah untuk dijadikan kue atau puding.

Khasiat Dewandaru Untuk Kesehatan


Selain itu, buah dewandaru ini dikenal memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya seperti Vitamin C dan flavonoid. Dengan mengkonsumsi buah dewandaru dapat memberikan manfaat seperti berikut ini :

1. Dapat Sebagai Antioksidan


Buah ataupun daun dewandaru terbukti dapat mencegah munculnya kanker atau tumor. Dari hasil penelitian , diketahui bahwa bahwa dewandaru mengandung senyawa golongan karotenoid.

Selain itu, senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan yang disebut dengan fenolik juga terdapat pada daun dewandaru, hal ini dapat bekerja dalam membantu melawan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.

Nah, untuk memanfaatkan buah dewandaru ini, caranya bisa Anda lakukan dengan mengolahnya menjadi jus atau bisa juga dikonsumsi secara langsung.

2. Dapat Menjadi Antibakteri


Selain dapat menjadi sebagai antioksidan, dewandaru juga dapat mengatas diare. Warga masyarakan Berazil sering menggunakan biji dewandaru dalam mengobati diare.

Penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa biji dewandaru memiliki protein yang mampu menghambat pertumbuhan berbagai ancaman dari kuman, diantaranya adalah kuman penyebab diare.

3. Membantu mengatasi rasa sakit


Informasi lain yang menarik adalah tentang pemakaian daun dewandaru, diketahui menggunakan daun dewandaru dapat mengatasi penyakit rematik, hal ini sudah dikenal sejak turun temurn serta didukung oleh data ilmiah.

Diketahui bahwa daun dewandaru banyak mengandung minyak atsiri yang dapat bekerja sebagai penghilang rasa sakit.

Namun sayangnya, saat ini penelitian tentang khasiat dewandaru memang belum banyak dilakukan, termasuk penelitian lanjutan yang dapat sebagai penunjang seperti dosis pemakaian dan aturan pakai.

Manfaat lain dari dewandaru yang bisa Anda ketahui untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Mengontrol tekanan darah
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mencegah penuaan dini
  • Cocok sebagai menu diet
  • Memelihara kesehatan sel-sel tubuh
  • Mencegah sariawan
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Menyehatkan kulit
  • Mencerahkan dan mengatasi keriput pada kulit
  • Mencegah kerusakan pembuluh darah


Nah, itulah diantara manfaat buah dewandaru yang bisa Anda ketahui. Untuk itu, Anda tidak perlu ragu terhadap manfaat dan khasiat dari dewandaru ini, karena dewandaru banyak memiliki manfaat dan khasiat sangat baik untuk tubuh seperti yang sudah dijelaskan diatas.

loading...

Postingan terkait:

"Beragam Manfaat dan Khasiat Dewandaru Untuk tubuh"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..