8 Penyakit Menular yang Disebabkan Virus Pada Tahun Ini

Badan Kesehatan Dunia telah mengeluarkan laporan terbaru tentang analisa mengenai Virus-virus yang berbahaya pada tahun ini.

Badan Kesehatan Dunia juga memiliki metode khusus untuk memperkirakan mengenai virus penyakit yang harus diwaspadai karena berpotensi mengancam semua umat.

Selain itu, Virus dinilai berdasarkan kemungkinannya untuk menjadi wabah. 

Penyakit Menular yang Disebabkan Virus Pada Tahun Ini

Ditahun ini, Badan Kesehatan Dunia telah mengeluarkan laporan terbaru tentang 8 virus yang harus kita Waspadai. 

Adapun jenis penyakit menular yang disebabkan oleh Virus itu ialah seperti yang dibawah ini.

#1. Crimean-Congo haemorrhagic fever (CCHF)


CCHF adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyebar melalui kutu. Asal muasal nama CCHF ini diambila dari tempat pertama kali penyakit ini diidentifikasi yakni didaierah Crimea dan Congo pada tahun 1944-1969.

Dampak dari terinfeksi CCHF ini biasanya pasien mengalami gejala demam, pusing, nyeri otot, nyeri leher, dan sensitif pada cahaya.

Setelah beberapa hari, pasien yang terinfeksi virus ini juga mengalami mood swing, depresi, ngantuk dan merasa bingung.

Yang disayangkan adalah, sejak saat ini belum ada vaksin yang dapat mengatasi virus CCHF ini, biasanya pasien meninggal karena terjadinya gagalan ginjal dan hati.

#2. Ebola dan Marburg


Virus ebola kini dapat membuat dunia mejadi heboh setelah penyebarannya di wilayah Afrika Barat pada tahun 2014-2016, sehingga memakan korban jiwa sebanyak 11.310.

Pasien yang terinfeksi virus ini dapat mengalami demam, pendarahan luar dalam, dan diare.

#3. Demam Lassa


Demam lassa adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus Lassa yang memiliki gejala mirip seperti virus Ebola.

Pada saat ini, demam Lassa dilaporkan tengah menyebar di Nigeria dengan jumlah korban mencapai sekitar 90 orang.

Informasinya, jika seorang ibu hamil terserang virus ini, maka kemungkinan 80% sang anak atau ibunya akan meninggal dunia.

Sayangnya sampai saat ini belum ada Vaksin untuk mengatasi virus demam Lassa tersebut.

#4. MERS dan SARS


MERS dan SARS adalah dua jenis penyakit infeksi dari virus yang menyerang saluran pernapasan.

Kedua penyakit tersebut sempat menjadi wabah diberbagai negara termasuk Indonesia. Namun hal ini, Indonesia sudah bergerak dalam program pencegahan virus tersebut.

MERS dan SARS juga jenis penyakit menular yang dapat dengan mudah menular kepada orang lain hanya dengan batuk saja. Itu sebabnya penyakit ini sangat diwaspadai.

#5. Nipah


Nipah adalah jenis virus baru yang pertama kali diidentifikasi di sungai Nipah, Malaysia pada tahun 1998. Virus ini diketahui penularan dari hewan.

Gejala virus nipah ini diketahui hampir sama dengan penyakit sindrom pernapasan akut. Selain itu, hal ini diketahui bisa juga menyebabkan kasus radang otak yang fatal.

Virus nipah ini juga adalah jenis penyakit menular yang dapat menyerang hewan dan manusia, dan untuk pencegahannya, belum ada vaksin yang dapat mengatasi virus tersebut.

#6. Rift Valley fever (RVF)


RVF adalah jenis virus dari genus Phlebovirus. Hal ini sama dengan penyakit lainnya. Asalnya virus ini disebut dengan RVF karena virus ini diidentifikasi pertama kali didaerah Rift Valleey, Kenya pada tahun 1931.

Penyakit menular RVF ini diketahui disebarkan oleh gigitan nyamuk yang dapat menginfeksi manusia dan hewan.

Pasien yang terinfeksi virus ini biasanya mengalami masalah penglihatan hingga berujung dengan kebutaan dan juga dengan kematian.

#7. Penyakit X


Penyakit X adalah jenis penyakit yang misterius yang belum diketahui pasti apa penyebabnya.

Namun, penyakit ini telah diprediksi dapat memicu pandemik diseluruh dunia hingga membunuh jutaan nyawa.

Disini disebutkan, penyakit X timbula karena buatan manusia, bukan dari alam. Hal ini muncul karena kekhawatiran penggunaan dan pengembangan senjata kimia maupun biologi yang semakin berkembang.

#8. Zika


Virus Zika adalah jenis virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan kekacauan jika terinfeksi oleh ibu hamil.

Menurut dari beberapa informasi, anak yang lahir dari seorang ibu yang telah terinfeksi virus zika dapat mengalami mikrosefali atau memiliki kepala kecil karena otak yang tidak berkembang dengan sempurna.

Untungnya, gejala virus zika ini memiliki tingkat pneyakit yang jarang menimbulkan kematian.

Nah itulah beberapa informasi mengenai penyakit menular pada tahun ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membuat kita lebih waspada terhadap serangan virus tersebut, dan jangan lupa untuk share artikel ini dengan yang lainnya.

Postingan terkait:

"8 Penyakit Menular yang Disebabkan Virus Pada Tahun Ini"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..