8 Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Belimbing Secara rutin

Belimbing dikenal sebagai buah yang diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain dari itu, buah yang memiliki naman fruit star (Inggris) ini banyak disukai oleh orang-orang, karena buah yang berwarna hijau kekuningan ini banyak memiliki manfaat yang tidak terhingga untuk tubuh.

8 Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Belimbing Secara rutin

Adapun manfaat dan khasiat dari buah belimbing secara rutin adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menjaga stabilitas tekanan darah


Belimbing mengandung kalium dan natrium yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu dalam menjaga tekanan darah.

Memiliki tekanan darah yang normal adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga jantung agar berfungsi dengan baik.

2. Dapat Mencegah kanker


Penelitian yang telah dilakukan telah membuktikan bahwa belimbing adalah jenis buah dengan khasiat yang bersifat anti kanker yang kuat.

Karena buah ini banyak mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan menyingkirkannya dari tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari risiko terkena kanker hati.

Selain itu, belimbing juga mengandung sejumlah besar serat yang membantu membersihkan usus besar, sehingga dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

3. Dapat Meningkatkan kekebalan tubuh


Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah belimbing dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti batuk, demam, dan sakit tenggorokan dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah belimbing segar atau juga jus belimbing secara teratur.

4. Dapat Menjaga stabilitas gula darah bagi diabetesi


Belimbing termasuk kedalah kategori jenis buah yang baik untuk penderita diabetes.

Karena kandungnan serat yang terdapat didalam belimbing akan membantu memperlambat pelepasan glukosa kedalam aliran darah setelah makanan masuk kedalam tubuh.

Selain itu, belimbing juga dapat membantu dalam mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Sehingga belimbing cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko terkena penyakit tersebut.

5. Dapat Menurunkan berat badan


Bagi mereka yang melakukan program diet, dianjurkan untuk menambah menu dietnya nya dengan belimbing, pasalnya belimbing hanya mengandung 31 kalori, jadi tidak membahayakan asupan kalori tubuh.

Selain itu, belimbing juga memiliki serat yang dapat membantu perut menjadi lebih kenyang dalam waktu yang lama dan membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Jadi buah ini sangat cocok menjadi target dalam program untuk menurunkan berat badan.

6. Dapat Menjaga kulit dan rambut tetap sehat


Antioksidan seperti senyawa polifenol, quercetin, dan asam galat yang terdapat didalam buah belimbing dapat membantu mengatasi stres oksidatif serta membantu menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengkonsumsi buah belimbing akan membantu dan memperlambat peroses terjadinya penuaan kulit. Sehingga dapat membuat batang rambut menjadi lebih lembab dan sehat sampai keakarnya.

7. Dapat Melancarkan pencernaan


Buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat menjaga saluran pencernaan selalu sehat.

Mengkonsumsi buah ini dapat meransang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan, sehingga dapat mengurangi sembelit, kram,diare, dan kembung.

Selain itu, mengkonsumsi buah belimbing juga dapat meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral penting lainnya. Karena belimbing juga memiliki sifat anti peradangan yang dpat menngobati bisul perut.

8. Dapat Menyembuhkan masalah kulit


Buah belimbing juga memiliki sifat antimikroba dan sifat antiinflamasi yang dapat membantu mencegah penyakit kulit serperti dermatitis dan eksim.

Eksim dapat terjadi disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekbalan tubuh, kulit kering dan bakteri pada kulit. Namun hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah belimbing secara teratur.


Nah itulah beragam manfaat belimbing yang bisa Anda ketahui, semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Postingan terkait:

"8 Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Belimbing Secara rutin"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..