7 Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

loading...
Bagi mereka yang memiliki penyakit asam lambung atau yang disebut dengan (GERD), mereka memilih-milih makanan menjadi sangat penting. Karena salah dalam mengkonsumsi makanan, dapat membuat asam lambung meningkat dan kambuh.

Biasanya ni, jenis makanan yang sering memicu kambuhnya asam lambung, yakni jenis makanan seperti makanan berlemak, pedas, asam, tomat, bawang bombay dan bawang putih.

7 Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Gejala dari penyakit asam lambung biasanya mereka merasakan seperti kembung, mual, perut panas, dan makanan akan kembali ketenggorokan.

Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung, disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi jenis makanan yang telah kami rangkum dibawah ini.

*1. Mengkonsumsi Sayuran hijau


Sayuran hijau seperti kembang kol, kentang, buncis, brokoli, selada, dan asparagus banyak memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung.

Sehingga sayur-sayuran terebut dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita asam lambung.

*2. Mengkonsumsi Oatmeal


Bagi penderita penyakit asam lambung, mereka memerlukan jenis makanan yang kaya dengan serat untuk dapat mengatasi gejala penyakit tersebut.

Oatmeal dapat membantu menyerap asam lambung sehingga menurunkan gejala reflux. Selain memiliki serat, oatmeal juga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

*3. Mengkonsumsi Pisang


Pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 terdapat didalamnya. Selain itu, pisang menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain pisang, buah lain yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung ialah seperti buah apel, pir, atau melon.

*4. Mengkonsumsi Jahe


Jahe dapat memberikan rasa hangat yang dapat membantu mengurangi risiko naiknya asam lambung.

Dengan adanya kandungan anti inflamasi yang terdapat pada jahe, maka jahe dapat mengatasi masalah pencernaan, serta dapat menjadi obat herbal alami yang dapat membantu mengobati asam lambung atau maag.

Untuk dapat merasakan manfaatnya, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara memotong atau memarut jahe dan kemudian dikasi air hangat dan langsung menkosumsinya.

*5. Mengkonsumsi Roti


Roti memiliki kandungan gandum atau ragam biji-bijian yang tedapat didalamnya. 

Selain itu, roti juga memiliki banyak kandungan serat, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.

*6. Mengkonsumsi Lidah buaya


Kandungan yang terdapat pada lidah buaya dapat berfungsi sebagai penyembuh yang alami. Lidah buaya telah dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung yang parah.

Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai cairan pengental.

*7. Mengkonsumsi Daging tanpa lemak


Daging yang tanpa lemak adalah daging yang dimasak dengan cara dipanggang, dibakar, dikukus, dan direbus.

Mengkosnumsi daging tanpa lemak dapat membantu dalam mengatasi kambuhnya asam lambung.

Selain dari mengkonsumsi makanan untuk penderita asam lambung kedalam menu harian, sebaiknya perhatikan juga beberapa hal yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Adapun itu adalah seperti tiduran setelah makan, mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar, merokok, dan mengkonsumsi minuman berakohol atau bersoda.

loading...

Postingan terkait:

"7 Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Lambung"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..