6 Mnafaat dan Khasiat Mengkonsumsi Bunga Kantil

Bunga kantil atau yang sering disebut dengan bunga cempaka putih adalah salah satu jenis bunga khas daerah jawa atau bali. Bunga kantil juga banyak berperan sebagai upacara adat.

Biasanya bunga kantil sering digunakan dalam acara pemakaman, oleh karena itu bunga ini sering dianggap sebagai bunga yang memiliki aura berbau mistis.


Namun, bunga kantil ini ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya bunga kantil terdapat memiliki kandungan alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang bermanfaat sebagai ekspektoran dan diureting.

Akan tetapi, manfaat dan khasiat yang dimiliki bunga kantil ini belum diteliti secara maksimal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami kami berikan manfaat apa saja yang didapati dari bunga kantil.

*1. Dapat Menghilangkan bau badan


Aroma wangi yang dihasilkan oleh bunga kantil ini dapat membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap yang disebabkan oleh keringat dan bakteri dengan cara merebus bunga kantil dan mengkonsumsi air rebusan tersebut.

*2. Membantu Mengobati gangguan vertigo


Bunga kantil dipercaya dapat membantu mengatasi kondisi sakit kepala dengan mengkonsumsi air rebusan bunga kantil secara teratur.

*3. Membantu mengobati gangguan pencernaan


Selain mengobati penyait vertigo, mengkonsumsi air rebusan bunga kantil juga dapat membantu mengobati gangguan terhadap pencernaan, mencegah asam lambung, dan maag.

*4. Membantu Mengatasi peradangan saluran pernapasan


Manfaat mengkonsumsi bunga kantil yang selanjutnya adalah membantu mengobati gangguan terhadap pernapasan, termasuk sinusitis, batuk rejan, batuk berdahak, dan radang tenggorokan.

Untuk cara mengkonsumsinya bisa dilakukan dengan cara merebus 30 gram bunga kantil bersama dengan 15 gram jahe, 30 gram daun mint, 2 batang daun bawang putih, dan air 800 ml secara bersamaan hingga air bersisa 400 ml. kemudian konsumsilah air rebusan tersebut selagi masih hangat.

*5. Membantu mengatasi gangguan dada


Gangguan dada atau rasa sesak didada sering kali dirasakan oleh tiap orang, untuk mengatasi tersebut bisa dengan mengkonsumsi air rebusan bunga kantil.

*6. Dapat Membuat awet muda


Selain untuk kesehatan, bunga kantil juga dapat membuat anda terlihat awet muda. Pasalnya, bunga kantil banyak memiliki gizi yang dapat membantu dalam memperlambat peroses penuaan.


Postingan terkait:

"6 Mnafaat dan Khasiat Mengkonsumsi Bunga Kantil"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..