4 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Mentah

Ketika sedang melakukan program diet, banyak informasi-informasi tentang bagaimana cara diet yang baik.

Beragam informasi diperoleh agar supaya program diet dapat berjalan dengan lancar sehingga apa yang menjadi tidak boleh semuanya terlewati.

Keabanyakan dari mereka yang melakukan program diet sering mendapat saran untuk mengkonsumsi sayuran dikonsumsi mentah-mentah tanpa harus diolah.

4 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Mentah

Selain itu, beberapa orang memilih melakukan program diet dengan megkonsumsi makanan yang tidak diolah atau masih mentah yang dianggap baik ketika saat diet.

Akan tetapi, bagi anda yang sedang diet bukan berarti Anda harus mengkonsumsi mentah semua jenis sayuran, karena ada beberapa jenis sayuran yang tidak baik jika dikonsumsi ketika mentah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi saat mentah yang wajib Anda ketahui.

1. Tomat


Tomat, memang tidak memiliki bahaya ketika dikonsumsi saat mentah. Akan tetapi, sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan dimasak menurut studi Cornell University.

Pasalnya, tubuh akan semakin banyak menyerap likopen dari tomat ketika dimasak.

Tomat yang sudah dimasak selama kurang leibih sekitar 2 menit, 15 menit, 30 menit, maka tingkat nutrinya semakin meningkat secara bertahap.

Selain itu, Lycopene yang terdapat pada tomat juga terbukti dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

2. Brokoli


Brokoli, kembang kol, dan sejenis kubis lainya bisa dikonsumsi mentah dikonsumsi oleh sebagian seorang. Namun sebagian lainya memiliki masalah ketika mengkonsumsi disaat mentah.

Hal ini dikarenakan Brokoli memiliki kandungan gula majemuk yang disebut raffinose. Hal ini dapat menyebabkan rasa kembung dan memiliki penumpukan gas didalam perut.

3. Kacang Merah


Mengkonsumsi biji kacang merah secara langsung, dapat menyebabkan terjadinya rasa mual, kram, muntah, dan sakit perut.

Ini karena kacang merah banyak mengandung racun alami yang dikenal sebagai lectin.

Maka dari itu sebaiknya anda harus mengolah kacang merah terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, setidaknya anda harus merendam kacang merah selama lebih kurang 5 jam sebelum diolah.

4. Kentang


Mengkonsumsi kentang ketika mentah sebenarnya tidak memiliki bahaya. Akan tetapi ketika kentang yang tidak matang dan terkena cahaya matahari dalam waktu yang lama, dapat terjadi kemungkinan mengandung solanin yang berbahaya.

Ketika kentang yang belum matang sudah terkena cahaya matahari terlalu lama, terus dikonsumsi ketika mentah, maka akan dapat menyebabakan terjadinya kelumpuhan pada saraf pusat, sakit kepala, muntah, dan mengalami diare.

Maka sebaiknya kentang harus diolah terlebih dahulu seperti direbus, atau diolah dalam bentuk lain menurut selera sebelum dikonsumsi.

Postingan terkait:

"4 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Mentah"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..