12 Manfaat dan Khasiat Propolis (Sarang Lebah) Untuk Kesehatan

Propolis atau yang sering disebut dengan sarang lebah telah lama dikenal dan makin populer implementasinya dalam produck kesehatan dalam beberapa waktu belakangan ini.

Saat ini, terdapat 2.500 jurnal penelitian untuk membuktikan manfaat dari propolis.

Propolis adalah zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sari tumbuhan.

Manfaat dan Khasiat Propolis (Sarang Lebah)

Propolis dapat terbentuk dari campuran lilin, polen, resin, dan komponen esensial lain serta dibantu dengan air liur lebah yang membentuk menajdi propolis.

Kandungan yang Terdapat Pada Propolis


Dalam hal ini, terdapat sekitar 149 jensi senyawa aktif yang terdapat pada lem lebah, diantaranya seperti kandungan Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Biovin dan Provitamin A.

Selain itu, propolis juga mengadung Bioflavonoid, Mineral Albumin, Magnesium, Kalsium, Iron Zine, Enzim Kanji, Protein, Trypsin, dan Histone.

Khasiat Propolis (Sarang Lebah)


Dengan adanya kandungan inilah propolis banyak digemari dan dijadikan sebagai bahan produk kesehatan. Adapun manfaat dari propolis ini adalah sebagai berikut :

#1. Dapat Menghilangkan Rasa Nyeri


Kandungan bioflavonoid yang didukung dengan vitamin C yang terdapat pada propolis membuatnya menjadi senyawa aktif yang dapat membantu meredakan rasa nyeri.

#2. Membantu Meningkatkan Sistem Imun


Propolis diketahui memiliki sifat perlindungan alami lebah dari serangan bakteri. Selain itu, propolis juga dapat meransang kelenjar thymuts dalam tubuh yang bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain daripada itu, propolis juga dapar berperan untuk menjaga tubuh dari infeksi jamur dan bakteri.

#3. Membantu Mengatasi Penyakit Kulit


Ekstrak dari Propolis atau sarang lebah terbukti dapat menangkat serangan bakteri dan jamur. Selain itu, propolis juga dapat menyingkirkan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur seperti kudis, panu, kurap, dan ketombe.

#4. Sebagai Detoksifikasi


Sarang lebah kaya dengan senyawa flavonoid yang didukung dengan kandungan vitamin yang lengkap. Sehingga dapat membantu melakukan detoksifikasi racun dalam tubuh. Sehingga dapat membantu menurunkan risiko kolestrol, stroke, asam urat, trigliserin, dan lain sebagainya.

#5. Sapat Sebagai Antioksidan


Kandungan flavonoid yang terdapat pada propolis atau sarang lebah dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Sehingga dapat mengatasi sel-sel tubuh yang rusak akibat dari serang radikal bebas.

#6. Meregenerasi Sel Tubuh


Kandungan yang terapat pada propolis seperti asam amino esensial dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga dapat membuat sel-sel tubuh yang menua dan mati berganti dengan sel-sel tubuh yang baru.

#7. Membantu Merangsang Kerja Fungsi Organ Tubuh


Kandungan Bioflavonoid serta kandungan vitamin lainya dapat menjadikan propolis sebagai salah satu sumber makanan dengan kandungan yang sangat kompleks.

Oleh karena itu, mengkonsumsi propolis dapat mencukupi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

#8. Mengobati Penyakit Mulut dan Tenggorokan


Penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti batuk berdarah dan gusi berdarah.

Dalam penelitian yang dilakukandi Rusia, propolis didapati memiliki kandungan antibiotik alami yang dapat membantu mengatasi masalah penyakit mulut dan tenggorokan.

#9. Membantu Mengatasi Flu dan TBC


Ekstrak dari propolis dapat menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus seperti TBC dan Influenza. Pasalnya propolis memiliki senyawa aktif yang sangat ampuh dalam melawan serang dari beberapa virus.

#10. Membantu Menurunkan Risiko Hipertensi


Kandungan antioksidan yang terdapat pada propolis dapat mengurangi kolestrol dalam darah dan menurunkan risiko hipertensi, stroke dan penyakit jantung.

#11. Membantu Mengobati Diare


Mengkonsumsi propolis dalam bentuk obat tetes diketahui dapat membantu mengatasi masalah diare yang disebabkan oleh serang dari bakteri.

#12. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang


Propolis dapat membantu menjaga masa tulang dan menghindarkan risiko osteoporsis. Hal ini karena propolis terdapat memiliki kandungan asam amino, vitamin D, dan mineral kompleks yang berperans dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Postingan terkait:

"12 Manfaat dan Khasiat Propolis (Sarang Lebah) Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..