Penyebab Terjadinya Sakit Pinggang Sebelah Kanan

loading...
Sakit pinggang atau rasa nyeri sebelah kanan mungkin cukup mengganggu aktivitas. Penanganan kondisi yang seperti ini disarankan sesuai dengan penyebabnya.

Rasa nyeri pada pinggan sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari gangguan pada bantalan cakram tulang rawan ( disc ), masalah ginjal, hingga kehamilan.

Nah, untuk lebih jelas penyebab terjadinya sakit pinggang sebelah kanan, berikut ini penyebab yang bisa Anda ketahui.

Penyebab Terjadinya Sakit Pinggang Sebelah Kanan

1. Herniated Lumbar Disc


Kondisi yang seprti terjadi ketika cakram tulang rawan ( disc ), yang biasanya berfungsi sebagai peredam kejut, mengalami kerusakan atau pergeseran. Sehingga bagian tulang rawan yang menonjol akan menekan saraf bagian tulang belakang.

Gangguan kesehatan ini dapat terjadi dalam beberapa situasi tertentu. Misalnya, ketika seseorang mengangkat beban yang berat atau melakukan aktivitas yang menambah tekanan pada cakram. Selain daripada itu, faktor usia juga bisa meningkatkan risiko kemunculan sakit pinggang sebelah kanan.

2. Titik Nyeri pada Otot Quadratus Lumborum


Ransangan pada titik nyeri otot Quadratus Lumborum bisa juga membuat pinggang sebelah kanan merasa sakit. Karena Quadratus Lumborum merupakan salah satu otot yang berperan untuk menopang postur tubuh.

Rasa nyeri akibat dari gangguan ini pada umumnya berupa rasa nyeri yang tajam seperti ditusuk, terutama saat kamu bersin dan batuk. Nyeri bahkan bisa menganggu aktivias sehari-hari, seprti berjalan dan duduk.

3. Disfungsi Sendi Sakroiliaka


Hal lain yang mungkin juga bisa menyebabkan terjadinya rasa nyeri pada pinggang bagian kanan adalah karena disfungsi sakroliaka ( SI ). Sendi sakroiliaka merupakan sendi berpasangan yang berada diantara tulang sacrum ( tulang duduk ) dan iliaka, panggul, atau pinggang dan merupakan bagian belakang dari pelvis.

Selain rasa nyeri pada pinggang bagian kanan, rasa sakit juga bisa menjalar ke area bagian tubuh lainya.

4. Masalah Terhadap Ginjal


Masalah ginjal juga dapat memicu terjadinya rasa nyeri pada pinggang bagian sebelah kanan. Selain rasa nyeri, kondisi yang seprti ini juga dapat disertai rasa sakit saat buang air kecil, serta rasa mual atau muntah.

5. Kolitis Ulseratif


Kondisi ini pada umumnya ditandai dengan peradangan terus-menerus di usus besar. Rasa nyeri pada punggung bagian kanan ini pada umumnya disebabkan oleh kram yang diakibatkan kolitis ulseratif.

Namun hal ini tergantung pada tingkat keparahannya, kolitis ulseratif juga biasanya dapat menimbulkan gejala lain. Beberapa diantaranya meliputi diare, nyeri pada daerah anus, penurunan berat badan, dan kelelahan.

loading...

Postingan terkait:

"Penyebab Terjadinya Sakit Pinggang Sebelah Kanan"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..