Manfaat dan Efek Samping Buah Jamblang/Duwet Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jamblang atau yang disebut dengan duwet dan jambu keling ini adalah sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Tumbuhan yang berbuah sepat masam ini dikenal juga memiliki nama yang berbeda di tiap-tiap daerah.

Didalam bahasa asing seperti di Malaysia, buah ini disebut dengan Jambulana, di Filipina disebut dengan duhat, sedangkan di Inggris disebut Java Plum, dan lain-lain sebagainya.

Manfaat dan Efek Samping Buah Jamblang/Duwet Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Syzygium cumini ini dikenal dengan manfaatnya yang luar biasa dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Benar atau tidak, berikut ini penjelasannya.

Khasiat Buah Jamblang Untuk Kesehatan


Buah jamblang ini kalau dilihat sepintas akan terlihat seperti anggur, hanya saja bentuknya lebih lonjong. Selain memiliki rasa manis yang sedikit sepat, namun buah ini memiliki manfaat yang tidak terduga. Berikut ini manfaat buah jamblang yang bisa Anda ketahui.

1. Dapat Sebagai Obat infeksi


Tumbhuan jamblang terdapat menyimpan senyawa seperti asam malat, asam oksalat, asam galat, dan tanin. Kandungan senyawa tersebut dapat menjadi sebagai antimalaria.

Kononnya dahulu tumbuhan ini seperti batang, kulit, daun, dan biji sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk melawan infeksi bakteri.

2. Membantu Mengatasi diabetes


Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam the Complement Ther Med tentang efek anti diabetes, buah yang terasa manis dan sedikit sepat ini sering digunakan oleh para ahli kesehatan alternatif sebagai obat diabetes.

Karena Secara ilmiah, Jamblang ini memiliki glikemik rendah, hal ini yang dapat membantu mengontrol diabetes.

Selain itu, didalam studi teresbut menunjukan bahwa buah jamblang memiliki potensi yang signifikan sebagai bahan obat diabetes.

Studi lain juga menunjukan bahwa biji buah jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30%.

3. Dapat Membantu Mencegah kanker


Mnurut sebuah studi yang dilakukan oleh tim penleiti Jagetia GC telah menunjukan, bahwa ekstrak jamblang dapat menghambat radiasi yang disebabkan oleh radikal bebas yang menjadi pemicu kanker.

4. Dapat Mencegah penyakit jantung


Selain mengandung nutrisi, buah jamblang juga memiliki kandungan asam ellagic (ellagitannins), anthocyanins, dan anthocyanidins yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi.

Selain itu, senyawa ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah oksidan kolestrol dan formasi plak yang dapat memicu penyakit jantung.

5. Dapat Melancarkan pencernaan dan kesehatan mulut


Didalam pengobatan tradisional, daun jamblang sering digunakan sebagai obat dalam mengatasi diare dan maag.

Hal ini karena daun jamblang memiliki sifat antibakteri yang dapat digunakan sebagai obat dalam mengatasi terhadap gangguan kesehatan mulut.

Khasiat Buah Jamblang Untuk Kecantikan


Selain dari manfaatnya untuk kesehatan, buah jamblang ini juga sangat baik untu kecantikan.

Menurut informasi yang diperoleh dari rekan-rekan yang menggunakan jamblang baik secara alami maupun yang sudah diekstrak. Kahsiat buah jamblang ini sangat manjur. Adapun khasiatnya sebagai berikut.

  • Dapat Menjaga Kesehatan Gigi
  • Dapat Menunda Penuaan Dini
  • Dapat Mencegah terjadinya kulit kering dan Kriput
  • Menghaluskan kulit wajah
  • Dapat Membantu Menyembuhkan Jerawat


Efek Samping Buah Jamblang


Meskipun buah jamblang ini dikenal akan manfaat dan khasiatnya, namun buah jamblang ini juga memiliki efek negatif yang harus kita waspadai. Kaena resiko dan efeknya juga bisa dikatakan berbahaya.

Maka dari itu, sebelum menggunakan atau mengkonsumsi buah jamblang ini, ada lebih baik konsultasikan dahulu pada dokter atau pakar herbalis guna untuk menghindari terjadinya hal yang tidak di inginkan.

Berikut ini adalah beberapa efek samping dari buah jamblang yang bisa Anda ketahui.
  • Tidak boleh dikonsumsi oleh penderita Hipoglikemia
  • Tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang mengalami gangguan pernapasan
  • Dapat menyebabkan Batuk
  • Dapat Menyebabkan nyeri pada tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar


Itulah beberapa ulasan mengenai buah jamblang yang bisa Anda ketahui, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Postingan terkait:

"Manfaat dan Efek Samping Buah Jamblang/Duwet Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..