Beragam Manfaat dan Efek Samping Daun Mimba Untuk Kesehatan

loading...
Daun mimba atau yang disebut dengan Intaran merupakan jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Tumbuhan yang memiliki nama Azadirachta ini banyak ditemukan di negara tropis seperti Pakistan, Infonesian, dan India.

Tumbuhan ini, bisa dikatakan hampir keseluruhannya memiliki khasiat untuk kesehatan, terutama pada bagian daunnya.

Daun mimba, umumnya sering digunakan sebagai obat herbal dalam mengobati penyakit kusta, mimisan, cacingan, kelainan mata, penyakit jantung, demam, dan penyakit hati.

Beragam Manfaat dan Efek Samping Daun Mimba Untuk Kesehatan

Selain dari daunnya, mengkonsumsi cairan dari kulit kayu mimba ini juga dapat membantu mengobati penyakit malaria, rasa nyeri, penyakit kulit, demam dan penyakit lambung.

Sedangkan bunga dari tumbuhan mimba ini sering digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit Ambeien, gangguan saluran kencing, luka, dan kusta.

Apa Fungsi Daun Mimba Tersebut.?


Jika dilihat lebih rinci, bisa dibilang hampir dari tumbuhan ini memiliki khasiat, dan bahkan memiliki fungsi yang sangat baik untuk tubuh. Nah, untuk fungsi daunnya sendiri ialah sebagai berikut.

1. Sebagai Antioksidan


Seperti yang kita ketahui, antioksidan dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sementara daun mimba terdapat kandungan flavonoid yang sangat baik untuk tubuh. Jadi itu sebabnya tumbuhan ini sering dijadikan sebagai obat herbal alami.

2. Bersifat Anti Kanker


Selain sebagai antioksidan, daun mimba juga digunakan sebagai obat dalam membantu mencegah terjadinya kanker. Hal ini karena pemberian ekstrak dari daun mimba yang secara efektif dapat menekan sifat karsinogen didalam tubuh.

Ekstrak daun mimba diduga memiliki potensi yang bersifat kanker yang dapat memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti yang dilansir dalam laman Livestrong.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, didalam Archives of Gynecology and Obstetrics, penderita kanker serviks yang dirawat dengan pengobatan medis dan ekstrak mimba dapat mencegah peningkatan keparahan sel kankers sekaligus dapat membantu menurunkan risiko dari kanker serviks.

Selain itu, penelitian lain juga melaporkan bahwa ekstrak mimba memiliki efek anti kanker pada pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Sebagai Antmikroba


Sebuah penelitian dalam Dental Journal pada tahun 2011, minyak mimba yang terbuat dari biji pohon mimba dapat membantu menurunkan pertumbuhan mikroorganisme pada rongga mulut.

Selain itu, daun mimba juga terdapat kandungan senyawa bioaktif yang disebut dengan alkaloid, flanoid, steroid, dan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E.

Efek Samping Daun Mimba


Meski daun mimba dianggap sebagai tumbuhan yang kaya khasiat, namun tumbuhan ini juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan.

Adapun efek samping dari daun mimba ini ialah sebagai berikut :

  • Dapat Menyebabkan diare
  • Dapat menyebabkan kejang-kejang
  • Dapat menyebabkan muntah-muntah
  • Dapat menyebabkan alergi pda kulit


Nah, sebelum menggunakan daun mimba ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli herbalis, guna untuk memastikan apakah anda aman untuk mengkonsumsi herbal daun mimba ini

loading...

Postingan terkait:

"Beragam Manfaat dan Efek Samping Daun Mimba Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..