Apa Bahaya Menggunakan Kipas Angin Disaat Tidur

loading...
Sekarang ini, setiap rumah bisa dikatakan semuanya memiliki kipas angin, hal ini terjadi karena panasnya cuaca di Indonesia yang sering panas, sehingga penggunaan kipas angin menjadi salah satu alternatif untuk mendinginkan udara diruangan.

Sangking ketergantungannya, ada sebagian orang tidak bisa tidur tanpa menggunakan kipas angin.

Akan tetapi, banyak juga yang tidak mengetahui bahaya yang ditimbulkan jika menggunakan kipas angin yang secara spontan, apalagi menggunakannya sampai semalaman.

Apa Bahaya Menggunakan Kipas Angin Disaat Tidur

Dampak Buruk Menggunakan Kipas Angin Terhadap Kesehatan

Dampak buruk jika penggunaan kipas angin yang tidak benar dapat menyebabkan beberapa masalah terhadap kesehatan, untuk itu penting rasanya untuk mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan jika penggunaan kipas yang kurang benar.

1. Dehidrasi dan Hipotermia


Kejadian yang seprti ini sudah pernah di ungkapkan oleh Dr. Wendra Ali, seorang ahli saraf mengatakan, bahwa ketika seorang berada didalam ruangan dingin dalam waktu yang lama, maka tubuhnya akan mengalami kekeringan.

Hal ini terjadi karena udara dingin menyerap air yang ada didalam tubuh. Apabila kejadian ini secara terus menerus sepanjang malam, maka kelembaban tubuh akan menurun sampai pada akhirnya kita merasa kehausan bahkan dehidrasi.

Namun tidak itu saja, ada kemungkinan seseorang itu akan terserang gejala hipotermia.

2. Terjadinya Iritasi Sinus


Ketika menyalakan kipas angin, maka udara didalam ruangan akan menjadi kering. 

Udara kering inilah yang akan membuat selaput lendir dalam rongga hidung menjadi kering.

Jika sudah terjadi seperti ini, maka lendir akan menyumbat saluran pernapasan dan akhirnya menyebabkan iritasi sinus.

3. Leher Menjadi Kaku


Kekakuan pada leher bukan hanya terjadi akibat salah tidur, tapi juga dipengaruhi oleh kipas angin yang menyala semalaman.

Hal ini karena kipas angin mengeluarkan angin dingin yang bisa membuat otot leher menjadi kencang. 

Jika otot-otot menjadi kencang dalam waktu semalaman, maka hal ini akan menyebabkan leher dan bahu menjadi kaku dan kram.

4. Terjadinya Penyakit Bell Palsy


Bell Palsy adalah salah satu penyakit dimana sistem saraf wajah berubah menjadi tegang, susah bereksperesi, sulit untuk senyum.

Ini diakibatkan karena suhu dingin yang terfokus menerpa bagian wajah secara terus menerus sepanjang malam. 

Jika wajah terlalu lama terpapar udara dingin yang keluar dari kipas, kemungkinan besar seseorang itu dapat mengalami penyakit saraf.

5. Tubuh Menjadi Kekurangan Oksigen


Kekurang oksigen akan berdampak semakin buruk terhadap tubuh, hal ini disebabkan oleh angin yang mengenai bagian hidung dan mulut didalam ruangan yang tidak memiliki fentilasi udara.

Sehingga udara yang dikeluarkan oleh kipas hanya berputar-putar disekitar ruangan saja, dan oksigen tidak dapat berfungsi dengan baik ketika dihirup oleh tubuh.

6. Bisa Terserang Asma


Bagi Anda yang sudah memiliki penyakit asma atau yang mudah alergi dengan debu, kipas angin adalah benda yang sangat berbahaya dan wajib untuk Anda jauhi.

Karena cara kerja kipas angin biasanya akan menyedot debu yang ada disekitar ruangan kemudain akan mengeluarkannya lagi.

Jika kipas angin yang digunakan tidak rutin dibersihkan, maka jangan heran jika tenggorokan sering terasa gatal, batuk, dan mengalam asma.

7. Penyakit Gusi dan Gigi


Ketika tubuh terpapar oleh udara dari kipas angin, maka mulut dan tenggorokan biasanya mengalami kekeringan. Jika demikian, maka dapat menyebabkan terjadinya masalah gusi dan gigi.

Cara Menggunakan Kipas Angin yang Benar


Bagi Anda yang kurang mengeri tata cara menggunakan kipas angin yang benar, ada baiknya ada baca ulasan dibawah ini, agar supaya terhindar dari bahaya kesehatan yang tidak baik, adapun caranya yaitu seperti berikut :
  • Jangan Buka Kipas Angin terlalu Kencang
  • Jangan Meniupkan Kipas Angin Langsung Menghadap Orang sebaiknya pantulkan angin kipas pada dinding.
  • Jangan Membuka Kipas Angin Mode Kencang saat Tidur
  • Jangan Buka Kipas dalam Jangka Waktu yang Lama
  • Jauhkan Kipas Angin dari Jangkauan Orang

Nah, bagi Anda yang sudah terbiasa dengan menggunakan kipas angin yang kencang, angin kipas yang langsung menerpa tubuh, sebaiknya beralihlah dengan cara yang lebih aman.

loading...

Postingan terkait:

"Apa Bahaya Menggunakan Kipas Angin Disaat Tidur"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..