3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Terkena Luka Bakar

loading...
Sebagian Orang banyak melakukan hal yang salah dalam menangani luka bakar, terutama luka bakar terkena setrika atau knalpot honda. Mungkin Anda pernah mendengar tentang beberapa cara untuk menangani luka bakar yang disebabkan oleh setrika atau knalpot.

Salah satu cara yang paling populer adalah mengoleskan odol atau pasta gigi pada luka bakar karena sensasi dinginnya yang akan meredakan luka.

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Terkena Luka Bakar

Namun nyatanya, cara yang sering dilakukan ini belum tentu bisa menyembuhkan luka bakar tersebut, atau bahkana bisa memperburuk keadaan. Nah, Berikut ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan ketika terkena luka bakar.

1. Mengoleskan odol pada luka bakar


Di Indonesia, bisasanya pertolongan pertanma yang diberikan jika seseorang tidak sengaja menyenggol benda panda adalah dengan membalurkan odol atau pasta gigi pada luka bakar tersebut.

Ternyata, hal ini seharusnya harus dihindari. Karena menurut ahli di Sanjay Gandhi Post Graduate Instute of Medical Sciences, membalurkan odol justru dapat memperparah luka.

Apa sebab, karena odol terdapat kandungan mint dan kalsium yang berisiko memperluas terjadinya infeksi dan membahayakan jaringan kulit.

2. Mengoleskan mentega pada luka bakar


Selain dari menggunakan odol, ada juga sebagian menggunakan mentega dengan mengoleskan pada bagian luka bakar. Mereka yang menggunakan mentega percaya bahwa mengoleskan mentega pada luka bakar dapat menjaga kulit dari udara dan bakteri penyebab infeksi.

Namun sayangnya cara ini justru dapat berbahaya, karena mentega yang dioleskan pada luka akan menghalangi sirkulasi udara yang dapat mengakibatkan suhu panas terjebak didalam lapisan kulit, sehingga kulit akan semakin terbakar.

3. Mengompres luka bakar dengan es batu


Mengompres luka bakar juga salah satu metode yang dipercaya dapat membantu mendinginkan panas pada kulit ketika terkena luka bakar. Metode ini juga seharusnya tidak boleh dilakukan, karena suhu es batu yang berkisar pada 0 sampai -4 derajat Celsius ini dapat membuat peredaran darah menjadi terhenti.

Akibatnya dapat terjadinya radang dingin ( Frostbite ) dan kerusakan pada jaringan kulit.

Nah, jika Anda terkena luka bakar, sebaiknya hal yang benar dilakukan untuk pertolongan pertama adalah dengan mengalirkan air dingin (bukan air es) selama kurang lebih 20 menit pada kulit yang terkena luka bakar sebelum kulit mulai melepuh.

Setelah itu bawalah kedokter untuk mendapatkan obat yang baik dalam mengatasi luka bakar.

loading...

Postingan terkait:

"3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Terkena Luka Bakar"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..