Ketahui Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Pada Lipstik

Lipstik salah satu kosmetik yang menjadi favorit sebagian besar kaum wanita. Hal ini dijadikan sebagai acuan untuk dapat memperindah warna bibir. Namun, sebagian besar wanita juga tidak mengetahui dan tidak mempedulikan bahwasanya ada sebagian lipstik dapat menyebabkan bahaya terhadap masalah kesehatan.

Diketahui, bahwa lipstik yang banyak di jual bebas dipasaran di duga memiliki banyak kandungan logam berbahaya yang dapat menyebabkan dan berefek negatif bagi kesehatan. Selain itu, beberapa kandungan logam berbahaya tersebut diketahui memiliki tingkat resiko yang mengerikan.

Ketahui Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Pada Lipstik

Untuk lebih mengetahui apa saja kandungan logam bahaya tersebut, di bawah ini kami sampaikan dan bisa ketahui.

1. Lipstik Mengandung Logam Berat

Salah satu logam berat yang dapat di temukan pada lipstik adalah jenis timbal. Timbal adalah salah satu jenis logam berat yang dapat membahayakan saraf dan juga organ tubuh manusia seperti tulang dan ginjal.

Selain daripada itu, logam timbal juga dapat memancing dan memicu tumbuhnya kanker. Selain timbal, di dalam lipstik juga terdapat beberapa logam umum lainnya seperti arsenik, aluminium, merkuri, kromium, mangan, dan kadmium.

Selain dari bahaya yang disebutkan diatas, logam-logam yang ini juga dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan resiko terhadap kanker, gangguan saraf, kerusakan hati, dan kerusakan kulit.

2. Kandungan Triklosan

Kandungan lain yang dianggap berbahaya yang terdapat pada lipstik yaitu Triklosan. Kandungan ini yaitu kandungan senyawa kimia yang biasa di gunakan untuk mencegah bakteri.

Namun, meskipun kandungan ini dapat mencegah bakteri, hasil penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa kandungan triklosan ini juga berbahaya terhadap kesehatan, dampak dari Triklosan ini dapat menghambat dan mengurangi kekuatan otot serta kinerja otot jantung. Selain itu juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker dan mempengaruhi hormon.

Hasil pengujian yang di lakukan juga menunjukan, kandungan triklosan dapat menyebabkan kekebalan kuman terhadap antibiotik. Namun hal ini hanyalah sebatas pada hewan saja, masih dibutuhkan pengujian dan penelitian terhadap manusia untuk lebih membuktikan bahwa triklosan memiliki efek yang sama.

3. Kandungan Ftalat

Ftalat ( Phthalates ) adalah jenis bahan kimia yang biasa di gunakan untuk membuat deterjen, lem, dan plastik. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan pada hewan, kandungan ftalat di anggap dapat memicu terjadinya iritasi, namun hal ini belum bisa di pastikan ftalat memiliki dampak negatif pada kesehatan manusia.

Nah, itu adalah beberapa bahan yang berbahaya dan tidak di perbolehkan untuk di campurkan dalam kosmetik, “ Menurut ketentuan BPOM”. Meskipun demikian, di ketahui juga belum ada penelitian jangka panjang untuk mengulas bahan yang berbahaya yang terdapat di dalam lipstik. Namun, kita juga harus berhati-hati dalam memilih kosmetik untuk di gunakan, khususnya bagi kaum wanita.

Sebaiknya sebelum menggunakan lipstik, pstikan kosmetik yang anda gunakan sudah memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ), serta perhatikan juga aturan dan peringatan penggunaan yang tercantum pada kemasan kosmetik tersebut.

Postingan terkait:

"Ketahui Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Pada Lipstik"

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..