Manfaat dan Khasiat Daun Gelang Bagi Kesehatan

Sebagian besar dari orang mungkin tidak begitu mengenal atau masih asing dengan jenis tumbuhan daun gelang ini. Karena Daun gelang ini memang masih tergolong sulit untuk di temukan di pasaran, karena daun ini Cuma terdapat di tempat-tempat atau toko-toko tertentu saja.Namun bagi orang yang menyukai tanaman herbal, tumbuhan ini tentulah tidak asing baginya.

Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan daun gelang ini, sebenarnya bisa anda dapatkan sendiri. Biasanya daun gelang ini lebih mudah ditemukan di kehidupan liar, karena daun gelang ini bisa di temukan di daerah yang terdapat banyak pepohonan.

Selain dari itu, daun gelang ini juga biasanya juga dapat ditemukan di lahan kosong ataupun perkebunan. Daun yang memiliki nama ilmiah Portulaca Oleracea atau yang sering di kenal sbagai krokot ini merupakan salah satu jenis sayur yang tumbuh secara tahunan.

Daun gelang ini biasanya dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar lebih kurang 50 cm. Meski tumbuhan ini masih tergolong tumbuhan liar, namun tumbuhan ini sudah banyak di budidayakan sebagai tanaman hias.

Manfaat dan Khasiat Daun Gelang Bagi Kesehatan

Selain dari itu, sebagian dari kebanyakan orang, banyak memanfaatkan tumbuhan ini sebagai bahan pakan ternak. Hal ini karena tumbuhan ini banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan ternak.

Tapi selain itu, daun gelang ini juga banyak di manfaatkan sebagai sayur ataupun sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk kesehatan herbal. Hal ini dikarenakan daun gelang banyak memiliki kandungan seperti Tannin, Fosfat, Magnesium, Zat besi, Kalsium, Mangan, Potassium, Sodium, dan Urea.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada daun gelang ini, tentunya tumbuhan daun gelang ini banyak memiliki manfaat yang dapat kita gunakan untuk membantu dalam mengatasi masalah terhadap kesehatan.

Selain itu, untuk mengolah tumbuhan ini juga masih sangat mudah, karena mengingat tumbuhan daun gelang ini masih tergolong kedalam jenis sayuran, maka untuk mengolahnya juga bisa di lakukan dengan menjadikan sebagai menu masakan ataupun minuman.

Nah berikut ini adalah manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari daun gelang untuk kesehatan.

Membantu Mengobati Diare


Caranya : Ambil daun gelang secukupnya, atau lebih kurang sekitar 00 gr, Kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan air secukupnya usahakan lebih dari 3 cangkir, setelah itu konsumsilah air rebusan tersebut sebanyak 3 cangkir dalam sehari.

Membantu mengobati Penyakit Ambeien


Untuk cara mengolah dan penggunaannya sama dengan point yang diatas, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun gelang, namun yang membedakannya adalah waktu untuk mengkonsumsinya saja, yaitu di konsumsi pada waktu pagi dan malam hari.

Dapat Sebagai Detox


Untuk cara mengolah dan penggunaannya juga masih sama dengan point yang nomor satu, namun waktu mengkonsumsinya yaitu dikonsumsi di waktu pagi hari.

Dapat Menjaga Kesehatan Pernapasan


Untuk cara mengolahnya juga masih sama dengan point yang no satu, namun cara penggunaannya bisa bisa anda konsumsi kapan saja waktu yang anda inginkan, namun tidak melebihi dari 3 kali sehari.

Mencegah Rambut Rontok


Caranya : Ambil 1 genggam daun gelang, kemudian cuci bersih dan rebus dengan air 2 gelas. Setelah itu dinginkan air rebusan tersebut, usaplah kepala Anda dengan air rebusan daun gelang, setelah itu diamkan selama lebih kurang 15 menit setelah itu bersihkan. Lakukan hal ini 1 kali dalam 2 hari.

Dapat Memutihkan Kulit


Caranya : Ambil 1 genggam daun gelang, kemudian tumbuk daun gelang bersama dengan lemon, setelah itu usapkan secara merata pada bagian kulit, dan diamkan selam lebih kurang 30 menit lalu bilas dengan air bersih lakukan hal ini setiap hari.

Nah, itulah beberapa informasi singkat mengenai manfaat dan khasiat daun gelang untuk kesehatan yang bisa kami sampaikan, semga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. Amiiinn….

Postingan terkait:

"Manfaat dan Khasiat Daun Gelang Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.