Manfaat Getah dan Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Bunga kamboja yitu salah satu jenis bunga yang banyak memilikik manfaat untuk kehidupan manusia. Bunga kamboja juga ialah jenis bunga yang banyak di sukai oleh orang-orang, maka dari itu bunga kamboja banyak di tanam diperkarangan rumah.

Selain dari jenis bungannya yang cantik dan menarik, ternyata getah bunga kamboja ini banyak memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Hal ini karena bunga kamboja terdapat kandungan seperti triterprenoid amirin, fulvoplumierin ,dan lupeol. Selain dari kandungan tersebut, bunga kamboja juga memiliki kandungan Vitamin E serta emolien yang memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan.

Umumnya, bunga kamboja ini sebagai bahan dasar dalam pembuatan Parfum, selain dari pembuatan parfum, manfaat lain dari bungan kamboja ini adalah getahnya. Getah bunga kamboja ini dipercaya dapat membantu untuk megobati suatu penyakit, dan yang sering kali di pakai untuk mengobati suatu penyakit seperti salah satu obat sakit gigi.

Manfaat Getah dan Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Namun, selain untuk mengobati sakit gigi, bunga kamboja juga banyak digunakan dalam mengobati berbagai penyakit. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya lebih luas, berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari getah bunga kamboja untuk kesehatan.

1. Dapat Membantu menyembuhkan Penyakit kencing nanah


Caranya : Ambil akar kamboja secukupnya ( satu potong ) dan bersihkan, kemudian rebus kamboja dengan air 1 gelas, biarkan hingga mendidih, setelah itu konsumsi air rebusan tersebut 1x satu hari.

2. Membantu Menyembuhkan Bisul


Caranya : Ambil beberap lembar daun kamboja dan bersihkan, kemudian oleskan daun kamboja dengan minyak kelapa, setelah itu daun bunga kamboja yang sudah di oleskan minyak kelapa kepada bagian tubuh yang terkena bisul, lakukan hal ini secara rutin hingga bisul menghilang.

3. Membantu Menyembuhkan Bengkak


Caranya : Ambil 1 sirap kulit kamboja, bersihkan dan lalu haluskan, setelah itu rbus dengan air 1 liter hingga mendidih, kemudian gunakan air tersebut untuk merendam bagian tubuh yang bengkak.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan


Caranya : Ambil beberapa bunga kamboja, kemudian rebus dengan ari secukupnya, kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur.

5. Membantu Mengobati Gigi Berlubang


Caranya : Ambillah getah pohon kamboja menggunakan kapas, setelah itu oleskan kapas tersebut pada bagian gigi yang berlubang, lakukan hal ini sampai sakit gigi benar-benar sembuh.

6. Mengobati Penyakit Kulit ( Panu )


Caranya : Ambil kulit batang daun kamboja, Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, Gunakan air rebusan tersebut untuk mandi atau mencuci bagian tubuh yang ada panunya.

7. Dapat Sebagai Antibiotik


Kandungan getah bunga kamboja seperti alkaloid, tanin, flavonoid, dan tripterpenoid. Selain itu, getah kamboja juga memiliki kandungan tripternoid petaksiklik yang bersifat racun. Dengan adanya sifat racun yang mematikan, maka getah kamboja dapat di gunakan sebagai antibiotik dengan kadar dosis yang sesuai dan tepat.

8. Membantu Menghilangkan Kutil


Caranya: Ambil Getah kamboja, kemudian oleskan pada kapas, setelah itu oleskan pada tubuh yang ada kutilnya, ( Sebaiknya Hati-hati, karena getah kamboja sifatnya berbahaya )

9. Membantu Mengobati Frambusia


Caranya : Ambilah kulit batang bunga kamboja sebanyak lebih kurang tiga telapak tangan, Kemudian cuci bersih dan potong-potong hingga jadi kecil, Rebuslah dengan air sekitar 3 liter, biarkan hingga mendidih. Setelah itu angkat dan tunggu air rebusan tersebut menjadi hangat, kemudian mandi atau berendamlah dengan air rebusan tersebut.

10. Dapat Menghaluskan kaki Yang Pecah-Pecah


Caranya : Ambil satu potong kulit bunga kamboja dan rebus dengan 3 liter air, Biarkan sampai mendidih, Setelah mendidih tunggu hingga hangat, Kemudian Rendamlah kaki yang pecah-pecah menggunakan air rebusan tersebut, dan Lakukan hal ini secara rutin satu kali sehari sebelum tidur

Nah itulah beberapa informasi singkat mengenai manfaat serta cara menggunakan getah kamboja untuk kesehatan yang bisa kami samapaikan,, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. Terimaksih telah berkunjung…

Postingan terkait:

"Manfaat Getah dan Bunga Kamboja Untuk Kesehatan "

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.