Manfaat Daun Sendok ( Platantago Major ) Untuk Kesehatan

Tumbuhan daun sendok adalah jenis tanaman tema tahun yang memiliki ketinggian bisa mencapai 15-20 cm. Ciri-ciri dari tanamn daun sendok ini memiliki daun tunggal, bertangkai panjang, memiliki bentuk bulat telur sampai lanset melebar, memiliki daun yang permukaannya licin.

Tumbuhan daun sendok ini juga memiliki bunga majemuk, tersusun dalam bulir yang panjangnya lebih kurang 30 cm, ukurannya kecil, dan memiliki warna putih. Buah dari tumbuhan sendok ini memiliki bentuk lonjong atau bulat telur, berisi 2 hingga 4 biji, dan berwarna hitam.

Tumbuhan yang memiliki nama lati Platantago Major L ini juga banyak memiliki nama lain seperti ki urat, ceuli uncal, meloh kiloh, otot-ototan, sankuah, sembung otot, suri pandak, daun urat-urat, daun sendok, ekor angin, dan masih banyak yang lainnya.

Manfaat Daun Sendok ( Platantago Major )

Selain dari tumbuhan ini banyak memiliki banyak keunikan, namun tanaman daun sendok ini juga banyak memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Daun sendok ini diketahui dapat membantu penyembuhan seperti penyakit batu ginjal, disentri, penyembuhan luka dan masih banyak yang lainnya.

Adapun manfaat dan cara penggunaan dari daun sendok ini ialah sebagai berikut :

1. Untuk Pengobatan Disentri


Caranya : Ambil daun sendok 15- 40 grm yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih, setelah itu haluskan daun sedok, peras daun sendok yang sudah di haluskan, ambil air perasan tersebut kedalam gelas, tambahkan sedikit madu, konsumlah dengan air hangat.

2. Membantu Mengobati Bisul


Caranya : Ambil segenggam daun sendok, kemudian haluskan bersamaan daun sirih, kemudian oleskan ramuan ini pada bagian yang terkena penyakit bisul.

3. Membantu Mengobati Radang Selaput Mata


Caranya : Ambil daun sendok yang masih segar secukupnyal, kemudian rebus selama 15 menit dengan air secukupnya, setelah itu dinginkan air rebusan tersebut, dan gunakan untuk di tetes pada bagian mata yang mengalami peradangan.

4. Membantu Mengobati Nyeri Otot


Caranya : 15 lembar daun Sendok, lumatkan hingga benar-benar halus, kemudian gosokan pada bagian tubuh yang ototnya nyeri. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan merebus akar tanaman daun sendok, kemudian di masak bersama minyak kelapa hingga menghasilkan minyak, gunakan minyak tersebut untuk mengobati nyeri otot.

5. Membantu Mengobati Batu Empedu


Caranya : Ambilah tanaman daun sendok beserta akarnya, ditambah dengan daun keji beling, sebanyak 5x lipat dari daun sendok, setelah itu rebus hingga mendidih. Setelah itu konsumsilah air ramuan terseubt selagi masih hangat, Anda juga boleh menambahkan sedikit madu, untuk mendapatkan rasa yang optimal.

Demikianlah informasi singkat mengenai manfaat dari daun sendok untuk kesehatan yang bisa kami samapaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih…

Postingan terkait:

"Manfaat Daun Sendok ( Platantago Major ) Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.