Manfaat dan Resep daun Putri malu Untuk Asma

Putri malu adalah salah satu jenis tanaman yang sudah lama di kenal sebagai tanaman gulma yang ada di sekitar rumah atau kebun. Tumbuhan yang memiliki nama latin Mimosa Pudica ini juga di kenal sebagai tumbuhan sensitif, shy plant, Natalie plan merupkan tanaman tahunan abadi yang merambat, yang masih tergolong family Fabaceae.

Tumbuhan putri malu pada asalnya adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, di anggap sebagai gulma pantropis yang juga di temukan di Asia. Pada sebagian besar, tumbuhan putri malu ini sering tumbuh di kawasan berteduh yang tidak terganggu, biasanya terdapat pada semak belukar atau di bawah pohon.

Tumbuhan putri malu ini juga telah lama di kenal sebagai obat herbal yang sangat baik dalam membantu untuk mengobati penyakit, salah satunya ialah asma. Selain dari dapat mengobati asma, daun putri malu ini juga dapat membantu dalam penyembuhan penyakit lain seperti diabetes dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat dan Resep daun Putri malu Untuk Asma

Menurut studi, akar tumbuhan putri malu ini dapat memproduksi karbon disulfida yang dapat berperan sebagai pencegahan jamur patogen dan mikoriza yang tumbuh di dkalam umbi tumbuhan. Selain itu, daun putri malu juga terdapat kandungan mimosin alkaloid beracun yang memiliki efek Antiproliferatif dan Apoptosis.

Ekstrak dari daun putri malu ini di percaya dapat melumpuhkan larva filariform Strongyloides stercoralis dalam waktu kurang dari satu jam. Ekstrak akar tanaman di gunakan sebagai penetralisir untuk menghambat aktifitas racun kobra monoclod.

Selain itu, Analisis kimia juga mengatakan bahwa daun putri malu memiliki kandungan seperti alkaloid, streol, tanin, Asam lemak, Terenoida, flavonoid C-glikosida, sedangkan akar dari tumbuhan ini terapat kandungan tanin hingga 10 persen.

Nah adapun manfaat dan resep daun putri malu untuk asma, berikut ini adalah cara membuat ramuan yang bisa Anda ketahui :

Resep Untuk Penyakit Asma

  1. Sediakan daun putri malu yang masih segar 10 grma. Atau bisa juga dengan herba kering daun putri malu yang sudah kering.

  2. Seduhlan daun putri malu kedalam 100 ml air panas selama kurang lebih sekitar 15 menit.

  3. Konsumsilah daun putri malu secra teratur sebanyak 3x sehari.

  4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin selama 3 bulan.

Resep Untuk Menambah Stamina dan Energi

  1. Ambil daun putri malu yang masih segar sebanyak 10 tangkai.

  2. Masukan daun putri malu kedalam wadah berisi 3 gelas air

  3. Rebusla air hingga bersisa setengah.

  4. Saring Air rebusan putri malu dan konsumsi air rebusan setiap malam secara rutin.

Nah itulah beberapa informasi tentang tumbuhan putri malu dan juga manfaat yang bisa kita dapatkan, semoga informasi ini dapat bermanfaat, Amiiinnn.

Terimakasih dan jangan lupa untuk berbagi….

Postingan terkait:

  1. Ternyata ada juga manfaatnya tanaman putri malu, selama ini tahunya cuma tanaman liar yang berduri. Terima kasih kak infonya.

    ReplyDelete
  2. sama-sama...dan jangan lupa share juga dengan yang lainnya...

    ReplyDelete

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.