Manfaat dan Khasiat Pegagan Untuk Kesehatan Kulit dan Luka

Pegagan adalah salah satu tanaman herbal yang di temukan sebagai bahan pengobatan tradisional oleh masyarakat Tiongkok. Biasanya tanaman pegagan ini di gunakan sebagai pengobatan terhadap kulit, termasuk stretch marks. Maka tidak heran jika ekstrak dari pegagan ini telah banyak di jadikan sebagai peroduck obat seperti salep atau krim.

Beberapa dari orang pernah megajukan pertanyaan pada medis hebal mengenai apakah pegagan ini bisa membuat kulit menjadi sehat dan cantik.? Terus bagaimana hasil dari penelitian terbaru mengenai keefektifan pegagan ini untuk mengatasi masalah kulit.? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan berikut ini :

Menurut penelitian, pegagan terdapat memiliki kandungan zat kimia yang seprtinya dapat membantu mengurangi peradangan. Penelitian yang telah dilakukan pada hewan menunjukan bahwa pegagan bisa meningkatkan produksi kolagen.

Manfaat dan Khasiat Pegagan Untuk Kesehatan Kulit dan Luka

Maksudnya adalah salah satu zat yang memiliki peran pentin dalam peroses penyembuhan luka yang terjadi pada kulit. Untuk lebih jelasnya, berkut ini adalah hasil dari penelitian yang menyatakan bahwa pegagan bisa mengatasi permasalahan pada kulit.

1. Dapat Menyembuhkan Luka Dengan Cepat


Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa pegagan mungkin bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Karena hal ini diduga dipengaruhi oleh efek pegagan yang dapat meningkatkan kadar antioksidan dan meransang pertumbuhan pada darah dan kulit yang luka untuk menunjang peroses penyembuhan luka.

2. Dapat Melancarkan peredaran darah.


Mengkonsumsi ekstrak pegagan selama kurun waktu skitar 4-8 minggu dapat menunjukan efek pebaikan aliran darah pada mereka dengan gangguan peredaran darah di tungkai.

Didalam Penelitian ini juga telah menunjukan bahwa ekstrak dari pegagan dapat memperbaiki struktur pembuluh darah dan berkurangnya pembengkakan akibat gangguan pembuluh darah vena pada tungkai setelah pengobatan dengan ekstrak pegagan.

3. Dapat Mengatasi Stretch marks.


Menurut dari beberapa penelitian, krim yang terdapat kendungan pegagan mungkin dapat mengurangi stretch marks pada wanita hamil. Penggunaan krim yang berbahan ekstrak pegagan efektif dapat mencegah timbulnya stretch marks pada ibu hamil.

Selain daripada itu, penelitian jug telah bahwa ekstrak dari pegagan lebih baik dalam mengurangi stretch marks di bandingkan dengan minyak zaitun atau almon. Namun penggunaan pegagan pada kondisi ini masih perlu di teliti lebih lanjut lagi.

4. Melembapkan kulit yang memiliki sifat antiperadangan.


Sebuah penelitian yang telah di lakukan melaporkan bahwasanya penggunaan kosmetik yang terdiri dari kandungan beberapa jenis pegagan ternyata mamu mengembalikan kelembapan kulit serta dapat mengobati peradangan dikulit.

Akan tetapi, meskipun sudah dilakukan penelitian, namun hasil dari penelitian diatas belum bisa di jadikan acuan dalam menilai apakah ekstraks dari pegagan ini efektif. Karena dalam penelitian tersebut masih ada bahan-bahan lain yang di campurkan yang mungkin saja memiliki andil dalam peroses penyembuhan tersebut.

Selain daripada itu, penelitian yang di telah di lakukan dalam sejauh ini masih terbatas pada penelitian dengan menggunakan hewan percobaan, maka dari itu penelitian lebih terhadap efek dari pegagan ini masih harus di lakukan lagi. Namun apakah pegagan ini berbahaya .?


Terlepas dari hasil penelitian yang tampakanya menjanjikan, masih ada resiko dan efek samping yang perlu di perhatikan, meskipun jarang terjadi, efek samping dari penggunaan pegagan yang mungkin di alami ialah seperti sakit kepala, mual, sakit perut, pusing, rasa kantuk yang berlebihan, kulit terasa terbakar atau perih, serta alergi.

Nah, sebelum anda menggunakan ekstrak dari pegagan ini, sebaiknya anda konsultasikan dulu dengan dokter, bagaimana cara penggunaan dan berapa lama waktu penggunaannya. Karena waktu yang disarankan untuk mengkonsumsi pegagan ini paling lama 6 minggu saja. Jika Anda ingin memperpanjang penggunaannya sebaiknya temui dokter dulu.

Apakah Ekstraks Pegagan Aman Untuk di Konsumsi Semua Orang.?


Menurut dari penelitian, ada beberapa orang yang tidak bisa mengkonsumsi herbal pegagan ini, adapun orang yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi herbal pegagan ini adalah orang yang menderita penyakit hati, dan hepatitis. Karena menurut penelitian, mengkonsumsi herbal pegagan ini bisa di hadapkan kepada resiko kerusakan hati yang memperparah kondisi.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan Kulit dan Luka yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semuanya.

Terimakasih atas kunjungannya ….

Postingan terkait:

"Manfaat dan Khasiat Pegagan Untuk Kesehatan Kulit dan Luka"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.