Manfaat Dan Efek Samping Tanaman GandaRusa

Tanaman ganda rusa merupakan tanaman semak perdu yang umumnya tumbuh liar di hutan. Di Indonesia tanaman ini memiliki nama sendiri tiap-tiap daerah, selain itu tanaman ini juga memiliki batang yang mengandung racun alkaloid dan pahit.

Tanamn semak perdu ini sekarang sudah menjadi topik yang sedang naik daun, hal ini karena khasiat dan manfaat serta kandungan seperti antioksidan, antiimflamator, analgesik, dan hepatoprotektife (penjaga fungsi hati) yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui apa saja manfaat dari tanaman gandarusa, berikut ini bisa Anda ketahui apa saja manfaat dan khasiatnya :

Manfaat Dan Efek Samping Tanaman GandaRusa

1. Melacanrkan Buang Air Kecil


Daun gandarusa di percaya memiliki efek diuretik yang dapat membantu orang yang sedang mengalami kesulitan buang air kecil. Adapun cara menggunakannya yakni dengan mengkonsumsi air rebusan daun gandarusa secara teratur 2x sehari.

2. Membantu Meredakan Rasa Nyeri


Daun yang memiliki rasa sedikit asam, pedas dan getis dapat membantu Anda dalam melancarkan darah, anti reumatik dan rasa mual.

3. Sebagai Obat Reumatik.


Manfaat daun gandarusa selanjutnya adalah dapat sebagai obat reumatik, adapun caranya yakni dengan mengkonsumsi air rebusan daun ganda rusa secara teratur 2x sehari.

4. Sebaga Obat Penurun Panas.


Suhu badan yang tinggi sering kali kita alami, terutama lagi jika cuaca tidak stabil. Maka dari itu langkah yang bisa kita lakukan adalah mengkonsumsi air rebusan daun gandarusa 2x sehari sampai suhu panas badan turun.

5. Sebagai Obat Sakit Kepala.


Untuk cara penggunaan sebagai obat sakit kepala adalah sengan mengkonsumsi segelas air rebusa daun gandarusa secara teratur 2x sehari.

6. Dapat Melancarkan Peredaran Darah.


Caranya : ambil daun gandarusa lalu bersihkan, setelah itu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah itu minum air tersebut 2x sehari, ini akan dapat membantu melancarkan peredaran darah anda.

7. Sebagai Obat Luar.


Ramuan tanaman gandarusa juga di yakini sebagai obat herbal dalam mengatasi keluhan seperti obat bisul, keseleo, obat memar, borok, eksim, dan patah tulang. untuk cara penggunaannya yakni dengan cara menghaluskan daun tanaman gandarusa dan dibalurkan pada bagian yang menjadi keluhan tersebut.

8. Membantu Mengobati Sakit Mata.


Ramuan dari air rebusan gandarusa ini dapat di gunakan sebagai obat sakit mata, caranya yaitu mencuci mata dengan air rebusan tersebut, jika perlu kita juga mengkonsumsi air rebusan gandarusa secara teratur 2x sehari.

Ituadalah manfaat yang bisa kita ketahui dari tanaman gandarusa, meskipun memiliki banyak manfaat, namun tanaman ini juga memiliki efek samping yang harus di perhatikan. Adapun efek sampingnya yaitu seperti beriut :


Efek samping daun Gandarusa


Pada dasarnya, tanaman gandarusa tanaman yang memiliki kandungan unsur seperti kalium, minyak atsiri, justicin, dan alkaloid yang agak beracun. Hal ini sudah tentu dapat membahayakan terutama bagi ibu hamil. Maka dari itu ramuan ini tidak di bolehkan untuk ibu hamil.

Selain itu, untuk cara pengolahan tanaman gandarusa ini haruslah benar-benar tepat, karena jika pengolahan yang salah dapat mengakibatkan fatal. Maka dari itu bagi Anda yang ingin menggunakan tanaman gandarusa sebagai herbal sebaiknya tanyakan dulu dengan yang ahlinya.

Demikianlah informasi singkat mengnai manfaat dan efek samping tanaman gandarusa yang bisa kami sampaikan, semoga informsi dapat bermanfaat bagi Anda Semuanya. Jika artikel ini beramanfaat, silahkan bagikan dengan yang lainnya. terimakasih atas kunjungannya…

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Efek Samping Tanaman GandaRusa"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.