Manfaat Olahan Daun Ginseng Untuk Kesehatan

Ginseng adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak ditemukan dinegara-negara seperti Jepang, Amerika, Himalaya, Siberia, Padang pasir dan juga Jawa. Namun yang sering dikenal adalah Ginseng Korea. Padahal tumbuhan ginseng lain juga banyak ditemukan di Indonesia.

Tanaman ginseng ini sering kali di gunakan dalam hal pengbatan, yaitu sebagai obat herbal yang dikenal dengan keampuhannya. Di China, ginseng sangat dikenal sebagai obat herbal yang sangat baik dalam pengobatan, bahkan bisa dibilang berbagai macam jenis penyakit bisa diatasi dengan ginseng.

Manfaat Olahan Daun Ginseng Untuk Kesehatan

Namun sebelum kita mengetahui lebih lanjt mengenai manfaat dari ginseng ini, ada lebih baik kita ketahui dahulu jenis-jenis ginseng yang ada. Adapun jenis-jenis ginseng ialah sebagai berikut :

Nama Tanaman Ginseng
Nama Latin
Gingseng Korea/Cina
Panax gingseng (Araliaceae)
Gingseng Jepang
Panax japonicum (Araliaceae)
Gingseng Amerika
Panax nquinquefolius (Araliaceae)
Gingseng Himalaya
Panax pseudogingseng (Araliaceae)
Gingseng Siberia
Eleutherococcus senticocus (Araliaceae)
Gingseng Padang pasir
Rumex hymenosepalus (Polygonaceae)
Gingseng Jawa
Talinum paniculatum (Portulacaceae)

Berikut adalah jenis-jenis ginseng menurut negara masing-masing. Adapun ciri-ciri dari tumbuhan ginseng ini adalah memiliki daun yang berawarna hijau keputihan, kemudian dengan posisi daun yang berhadapan atau lebih tepatnya bersilang, serta memiliki tangkai yang pendek.

Selain dari ciri-ciri bentuk ginseng diatas, ginseng juga memiliki daun yang bentuknya rata dengan tulang yang menyirip. Selain itu memiliki ujung pangkal yang runcing dengan ukuran panjang kurang lebih 3-10 cm dengan lebar daun 1,5-5 cm dan permukaan daun yan lembut serta licin.

Nah itulah beberapa ciri-ciri dari tanaman ginseng, nah sekarang kami ingin berbagi informasi tentang manfaat dari ginseng tersebut, manfaat dari ginseng kali ini adalah bukan mengenai dari akarnya, namun melainkan dari daunnya, karena menurut informasi yang kami dapatkan, daun ginseng ini juga memiliki manfaat yang dapat mengatasi masalah terhadap kesehatan. Adapun manfaat dari daun ginseng ini adalah sebagai berikut :
  • Memiliki Kandungan Antioksidan
  • Obat Alzheimer
  • Pencegah Iskemia Jantung
  • Sebagai Anti Kanker
  • Sebagai anti hiperglikemia
  • Sebagai anti obesitas
  • Sebagai anti penuaan

Itulah beberapa manfaat daun ginseng secara umum diketahui, namun di Indoensia, manfaat dari daun ginseng yang sering digunakan adalah daun ginseng Jawa, adapun manfaat daun ginseng jawa adalah sebagai berikut :

Manfaat Daun Gingseng Jawa


Salah satu jenis daun ginseng yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah daun ginseng jawa. Kandungan zat daun ginseng jawa memiliki komposisi dan manfaatnya sebagai berikut :
  • Dapat Membantu Untuk Mengatasi Bisul
  • Dapat Membantu Untuk Melancarkan ASI
Adapun cara penggunaan dari daun ginseng jawa ini tidaklah begitu sulit, cukup dengan mengkonsumsi daun ginseng ini dengan cara mengolahnya menjadi olahan masakan seperti ditumis, oseng, dan lain sebagainya. Mengkonsumsi daun ginseng jawa ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh.

Nah itulah informasi mengenai manfaat daun ginseng untuk kesehatan yang bisa kami sampaikan, semoga informasi dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagai Anda. Terimaksih…


Postingan terkait:

"Manfaat Olahan Daun Ginseng Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.