Manfaat Dan Khasiat Buah Ganitri untuk Kesehatan

Buah ganitri bukanlah buah yang asli berasal dari negara Indonesia, melainkan buah yang asli berasal dari India. Pada abad ke-19 buah ganitri dibawa ke Indonesia bertujuan untuk mencoba dibudidayakan, dan ternyata tanaman ini dapat tumbuh subur di Indonesia, bahkan pada sekarang Indonesia di kenal sebagai penghasil atau pemasok buah ganitri terbesar di dunia.

Buah ganitri ini memiliki batang pohon yang dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 25-30 m, memiliki buah berwarna biru laut kalau sudah matang. Sementara itu, biji dari buah ganitri ini memiliki ukurang yang kecil dan berwarna coklat muda dengan berukiran yang unik pada permukaannya.

Biji dari buah ganitri ini sering kali dijadikan sebagai mainan kalung dan tasbih. Selain itu, biji buah ganitri ini juga sering di gunakan sebagai obat dalam penyembuhan penyakit dengan cara merendam biji tersebut kedalam air, air dari rendaman itulah yang diminum.

Di India, buah ini di kenal dengan nama buah rudraksha. Walaupun buah ini kecil, namun buah ini dikenal memiliki harga yang cukup tinggi. Hal ini karena buah ganitri banyak mengandung mineral yang sangat baik untuk tubuh seperti Alumunium, kalsium, klorin, mangan, magnesium, fosfor, termbaga, nikel, dan zat besi.
 
Manfaat Dan Khasiat Buah Ganitri untuk Kesehatan

Selain itu buah ganitri ini juga banyak mengandung beberapa senyawa kimia serperti glikosida, flavonoid, alkaloid, dan steroida. Sehingga buah ini banyak digunakan sebagai obat herbal yang dapat membantu mengatasi berbagai macam jenis penyakit, adapun manfaat dari buah ganitri untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kita dapatkan diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Memelihara kesehatan paru-paru


Caranya : Ambil biji ganitri secukupnya, kemudian rebuslah biji tersebut, kemudian konsumsi air rebusan tersebut selama masih hangat.

  • Menurunkan hipertensi


Caranya : Ambil segenggam biji ganitri, kemudian rendam dengan air dua gelas, diamkan selama 1 malam, setelah itu konsumsi air ini ketika perut yang masih kosong atau di pagi hari sebelum sarapan. Lakukan hal ini setiap hari sampai hipertensi benar-benar teratasi.

  • Meredakan gejala asma


Caranya : Rebus buah ganitri, kemudian konsumsilah air rebusan ini, lakukan hal ini setiap hari.

  • Memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung


Caranya : Konsumsilah air rebusan buah ganitri ini pada pagi dan sore hari, lakukan hal ini dua kali sehari atau bisa seminggu 3 kali.

  • Mencegah peradangan pada hati


Caranya : Ambil segenggam air rebusan buah ganitri ini, dan rebus dengan dua gelas air, tunggu sampai air bersisa menjadi gelas, kemudian dinginkan dan konsumsi lah air rebusan tersebut, lakukan hal ini secara rutin.

Manfaat selanjutnya yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah gantitri ialah sebagai berikut :
  • Membantu meredakan radang sendi
  • Dapat Membantu mengatasi depresi dan stres
  • Membantu mengatasi sakit kepala
  • Meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan energi dalam tubuh
  • Untuk relaksasi dan memberikan pikiran positif
  • Membantu Memperlambat proses penuaan
  • Dapat Mengikis lemak dalam tubuh

Nah itulah beberapa informasi singkat mengenai manfaat buah ganitiri yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semuanya, Terimakasih…

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Khasiat Buah Ganitri untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.