Manfaat Dan Kegunaan Serta Ciri-Ciri Muntahan Ikan Paus

Muntahan Ikan Paus atau yang disebut dengan Ambergris adalah pathologis dari reaksi terhadap iritasi perut yang disebabkan oleh kepala cumi dan kerang-kerang tertentu. Namun, tidak semua ikan paus yang memiliki hal yang demikian. diperkirakan hanya 3% - 4% saja.

Biasanya, muntahan ikan paus atau Ambergris yang dimuntahkan pada umumnya mempunyai warna sedikit kehitaman yang gelap, lunak dan memiliki bau yang tidak sedap. Namun setelah adanya akibat dari pengaruh dari air laut dan udara, warna muntahan ikan paus ini berubah menjadi sedikit cerah, diantara warna abu-abu dan silver, bahkan pada akhirnya menjadi warna putih. Selain itu, baunya juga ikut berubah menjadi lembut, manis, dan khas.

Manfaat Dan Kegunaan Serta Ciri-Ciri Muntahan Ikan Paus


Ciri-Ciri Muntahan Ikan paus


Muntahan ( Ambergris ) ini memiliki dua ciri-ciri yang bisa kita ketahui, diantaranya :

Ciri-ciri berdasarkan Fisik


Secara fisik, muntahan ikan paus ini biasanya ditemukan adanya serpihan kepala cumi yang halus, hal ini logis karena muntahan ikan paus adalah sisa dari makanan ikan paus yang tidak tercerna dengan baik dan kemudian dimuntahkan.

Manfaat Dan Kegunaan Muntahan Ikan Paus


Itu adalah sedikit ciri-ciri dari muntahan ikan paus yang bisa kita ketahui, namun manfaat lain dan kegunaan dari muntahan ikan paus ini belum banyak kita ketahui, untuk itu berikut ini Adalah manfaat dan kegunaan dari muntahan ikan paus yang baisa kita ketahui :

Muntahan ikan paus atau yang sering disebut dengan Ambergris telah lama digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan parfum sejak zaman kuno. Bangsa Romawi, Mesir Kuno, Arab, dan Yunani telah lama menggunakan muntahan ikan paus ini sebagai parfum. Sedangkan di Asia, muntahan ikan paus ini sering digunakan sebagai bumbu.

Pada abad yang ke-10, Ibnu Haukal seorang pedagan yang berasal dari Arab telah mempercayai bahwa muntahan ikan paus adalah suatu barang yang berharga yang memiliki harga setara dengan harga emas, selain itu muntahan ikan paus juga dipercara memiliki khasiat sebagai Aphrodisiac.

Didalam bahasa Arab, muntahan ikan paus ( Ambergris ) disebut juga sebagai Anbar. Pada zaman dahulu kononnya Rasulullah SAW juga pernah menggunakan minyak wangi yang bahan dasarnya terbuat dari muntahan ikan paus.

Fakta lain mengengai muntahan ikan paus ini adalah minyak yang terbuat dari bahan baku dari muntahan ikan paus adalah minyak yang terbaik selain dari minyak kesuri. Itulah mengapa sebabnya muntahan ikan paus sangat mahal dan berharga jika dijual.

Saya rasa hanya itulah artikel yang bisa saya sampaikan mengenai manfaat dan kegunaan serta ciri-ciri muntahan ikan paus yang bisa kita ketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat pada kita semua.

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Kegunaan Serta Ciri-Ciri Muntahan Ikan Paus"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.