Manfaat Dan Efek Samping Buah Mahoni Bagi Kesesehatan

Mahoni adalah jenis tanaman kayu yang memiliki pohon besar denga ketinggian dapat mencapai 30-40 meter dan memiliki diameter sekitar 120 cm. ciri-ciri dari tumbuhan mahoni ini adalah memiliki batang yang lurus, memiliki kulit luar yang coklat gelap, buahnya seperti telur, yang memiliki biji berwarna coklat/hitam.

Mahoni adalah tanaman yang berasal dari Hindia barat, biasanya mahoni dapat tumbuh subur seperti payau dekat pantai. Selai dari kayu yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat, ternyata manfaat lain dari tumbuhan mahoni ini sering juga dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal alami dalam membantu mengatasi masalah kesehatan.

Bagian dari phon mahoni yang sering dijadikan obat herbal alami adalah buah dan biji mahoni tersebut, kabarnya buah dan biji ini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Pada saat ini, ekstrak dari buah mahoni ini sudah banyak dipasarkan dalam bentuk kapsul sebagai suplement makanan.

Manfaat Dan Efek Samping Buah Mahoni Bagi Kesesehatan

Didalam buah dan biji mahoni ini terdapat kandungan jenis flavonoid dan saponin. Selain itu, buah atau biji mahoni ini juga banyak mengandung Vitamin, mineral, protein, dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar selalu sehat.

Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah atau biji mahoni adalah sebagai berikut :
  • Dapat Menyehatkan Jantung
  • Dapat Mengontrol Gula Darah
  • Dapat Menjadi Penangkal Serangga
  • Dapat Mengatasi Sembelit
  • Dapat Mengurangi Alzheimer
  • Dapat Mengurangi Nyeri Haid
  • Dapat Membantu Meningkatkan Nafsu Makan


Efek Samping Buah Mahoni


Selain dari manfaat buah mahoni yang bisa kita dapatkan, namun yang perlu kita ingat adalah bahwa buah mahoni juga memiliki efek samping yang harus kita waspadai, dari catatan diatas, buah mahoni memiliki kandungan Saponin dan Flavonoid.

Flavonoid dan Saponin jika di konsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan meningkatkan resiko terjadinya kolestrol pada cairan empedu, yang pada akhirnya dapat menimbulkan batu empedu. Untuk itu, sebelum mengkonsumsi ekstrak maupun ramuan sendiri dari buah mahoni ini, sebaikanya konsultasikan dahulu kepada dokter atau yang ahlinya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah informasi singkat yang bisa kami sampaikan kepada Anda, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. Terimakasih…

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Efek Samping Buah Mahoni Bagi Kesesehatan "

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.