Inilah Manfaat Biji Anggur Yang Tidak Kita Ketahui

Anggur adalah salah satu tanaman perdu yang merambat yang masih termasuk kedalam keluarga Vitaceae. Buah ini pada dasarnya digunakan untuk membuat jus, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau juga dikonsumsi secara langsung.

Buah ini juga sering dikenal sebagai buah yang banyak mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang dapat berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh. selain itu juga dapat mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya.

Namun pada kesempatan kali ini, manfaat lain dari anggur yang ingin kami sampaikan adalah manfaat dari biji anggut tersebut. Manfaat dari biji anggur ini juga tidak kalah hebatnya dengan daging buah anggur tersebut. Riset yang pernah dilakukan terhadap biji anggur ini membuktikan bahwa biji anggur banyak terdapat kandungan seperti karbohidrat, lemak, protein, dan senyawa polifenol.

Inilah Manfaat Biji Anggur Yang Tidak Kita Ketahui

Senyawa polifenol ini dapat memiliki turunan berupa asam galat, catechin, epicatechin, gallocatechin, epigallocatechin, dan proanthocyanidins. Dari kandunga-kandungan yang ada pada biji anggur ini, sudah tentu memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Nah, berikut ini adalah manfaat yang bisa kita ketahui dari biji anggur tersebut.

Penangkal Radikal Bebas


Seorang peneliti asal Prancis yang bernama Dr.Masquelier menemukan bahwa pada biji anggur terdapat suatu zat anti kanker berupa proanthocyanidin yang sangat baik untuk kesehatan, selain itu zat ini uga dapat menangkal radikal bebas yang berlipat 20 kali vitamin C dan 50 kali Vitamin E. Biji anggur ini juga diangap lebih aman untuk dikonsumsi.

Anti kanker


Didalam jurnal The Times of India, ekstrak dari biji anggur ini dapat mencegah terjadinya sel kanker untuk berkembang. Seorang yang bernama Rajesh Agarwal, PhD, salah satu dari peneliti di University of Coloradi Cancer Center dan Profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences menyatakan bahwa biji ekstrak biji anggur dapat memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.

Mencegah stroke


Menurut dari hasil peneletian, biji buah anggur memiliki kandungan mineral seperti seng dan mangan yang dapat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, biji anggur juga mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu salah satu zat penguat kologen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh dara dan melancarkan aliran pembuluh darah sehingga dapat mencegah terjadinya stroke.

Mengatasi Diabetes


Kandungan resveratrol yang terdapat pada kulit dan biji anggur juga mampu menurunkan kadar gula darah, hal ini merupakan kabar baik bagi sertiap orang yang ingin terhindar dari penyakit diabetes.

Melindungi Jantung


Biji dan kulit anggur juga diketahui memiliki manfaat dalam menjaga jantung, karena kulit dan biji anggu diketahui banyak mengandugn Resveratol yang sangat baik dan dalam menurunkan resiko serangan jantung yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

Menurunkan Kolesterol


Kandungan senyawa seperti pterostibene yang terdapat pada biji anggur dapat berperan penting dalam menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Sedangkan manfaat lain yang bisa kita dapat dari biji anggur adalah seperti :
  • Melembabkan kulit wajah
  • Meningkatkan Kesehatan Kulit
  • Mencegah Osteoporosis
  • Membuat Awet Muda
  • Meningkatkan Gairah Seks
  • Meningkatkan Daya Ingat
  • Meningkatkan Imunitas

Bagaimanapun juga, anggur memang banyak menyimpan segudang manfaat bagi tubuh manusia. Itulah beberapa informasi singkat yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih….

Postingan terkait:

"Inilah Manfaat Biji Anggur Yang Tidak Kita Ketahui"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.