3 Nutrisi Yang Penting Disaat Diet

Diet adalah suatu kegiatan mengkonsumsi makanan dengan cara yang diatur supaya dapat mencapai berat badan yang terkontrol dan ideal. Diet sering kali dilakukan oleh orang-orang dengan tujuan berbeda-beda. Ada sebagian dari orang-orang melakukan diet untuk menjaga kesehatannya atas anjuran dokter atau karena penyakit yang tertentu.

Selain itu, diet juga sering dilakukan oleh orang untuk mengurangi berat badan yang berlebihan. Tujuan dari diet tersebut supaya dapat memiliki berat badan yang ideal. Namun, ada beberapa nutrisi penting yang perlu kita perhatikan agar supaya tubuh tidak mengalami masalah saat melakukan diet.

3 Nutrisi Yang Penting Disaat Diet

Untuk dapat menurunkan berta badan, selain dari berolahraga, menjaga pola makan dan kebutuhan nutrisi juga sangat diperhatikan. Karena diet penurun berat badan yang baik adalah diet yang tidak hanya untuk mengecilkan lingkaran pinggang dan perut saja, melainkan juga untuk bagian tubuh kita yang lainnya.

Berikut ini adalah tiga nutrisi yang wajib Anda penuhi dalam melakukan diet penurun berat badan.

1. Kebutuhan Serat


Makanan yang memiliki banyak serat dipercaya dapat menurunkan berat badan secara sehat. Orang yang mengkonsumsi lebih banyak serat cendrung memiliki berat badan yang sehat, bahkan diyakini mengkonsumsi banyak serat mampu menurunkan berat badan hampir sebanyak yang dihasilkan oleh diet rendah lemak.

Jika Anda ingin diet bertujuan menurunkan berat badan dan mengecilan lingkaran pinggang dan perut atau yang sering disebut dengan langsing, sebaiknya Anda menambakan menu makan diet Anda seperti jagung, alpukat, nasi merah, gandum utuh, buah pir, apel, dan brokoli. Makanan tersebut adalah makanan yang memiliki banyak serat.

2. Kebutuhan Kalsium


Setiap orang wajib memenuhi asupan kalsium, mineral yang satu ini adalah berfungsi sebagai membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Selain itu juga membantu mengatur peredaran darah dengan normal, dan mengatur kontraksi otot.

Salah satu penelitian mengatakan bahwa produk kaya kalsium rendah lemak dapat membantu mengurangi lemak tubuh, meskipun hal ini belum dinilai efektif mengurngi berat badan. Namun ada juga studi lain yang menyebutkan bahwa kalsium dapat mencegah kelebihan berat badan dan obesitas.

Selain dari susu dan keju, makan lain yang banyak mengandung kalsium dapat kita dapatkan dari makanan seperti sayuran brokoli, tahu, kacang kedelai, ikan sarden, dan yogurt. Maka dari itu tambahkan menu makan Anda dengan makanan yang sudah disebutkan.

3. KebutuhanProtein


Makanan mengandung protein yang tinggi adala makanan yang dapat membantu mengendalikan berat badan. menurut studi di Harvard, mengkonsumsi satu porsi makanan yang kaya protein seperti buncis, kacang polong, dapat membuat Anda kenyang. Selain itu berat badanpun dapat dikontrol dengan mudah.

Tapi yang perlu kita ingat adalah, bijaklah dalam memilih makanan yang mengandung protein, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan daging merah atau daging olahan, meskipun makan tersebut banyak mengandugn protein, namun makanan tersebut tidak dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan, akan tetapi justru malah dapat menambah berat badan Anda.

Demikian artikel singkat saya mengenai 3 nutrisi yang pentig disaat diet, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Postingan terkait:

"3 Nutrisi Yang Penting Disaat Diet"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.