Manfaat Kulit Jambu Mete untuk Kesehatan Yang Sering Diremehkan

Jambu mete atau yang sering disebut dengan jambu monyet adalah seenis tanaman dari suku Anacatdiaceae yang berasal dari Brazil dan memiliki buah yang dapat dimakah. Dalam hal ini yang lebih terkenal daru jambu mete ini adalah kacang mede, kacang mete, atau kacang mente. Secara botani, tumbuhan ini sama seklai bukan anggota jambu-jambuan, ( Mytaceae ) maupun kacang-acangan ( Fabaceae ), melainkan malah lebih dekan dengan kekerabatannya dengan mangga ( Suku Anacardiaceae ).

Jambu mete atau jambu monyet sering kali dijadikan sebagai olahan-olahan untuk pangan. Selain itu, jambu mete ini juga banyak dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai obat herbal yang sangat baik dalam membantu mengatasi berbagai masalah terhadap kesehatan, tapi yang lebih menari dari jambu ini adalah manfaat dari kulit buah ini.

Manfaat Kulit Jambu Mete untuk Kesehatan
Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai manfaat dari kulit jambu mete. Sama halnya seperti kulit buah lainya. Baiklah, adapun manfaat dari kulit jambu mete untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Anti Diabetes


Kandungan yang terdapat pada jambu mete ternyata dapat digunakan sebagai anti diabetes. Hal ini sudah terbukti dengan adanya penelitian ilmiah yang diuji cobakan pada seekor tikus. Kandungan yang terdapat pada cangkang kulit biji jambu mete seperti Biflavonoid-C-glycoside sangat bermanfaat untuk sebagai penyembuhan dibetes.

Baca juga :

2. Sebagai Obat kumur untuk sariawan


Dinegara luar seperti Brazil dan Zimbabwe biasanya menggunakan kulit atau dinding buah jambu mete ini untuk mengatasi sariawan dengan cara berkumur. Cara yang biasa mereka lakukan adalah dengan merebus kulit jambu mete dengan air hingga mendidih, setelah itu buang bagian yang berbuih dan gunakan ciran beningnya untuk berkumur.

3. Dapat Mengobati diare


Manfaat lain dari kulit jambu mete adalah dapat mengobati diare. Untuk cara pengobatan ini bisa dengan cara merebur kulit batang jambu mete hingga mendidih, setelah itu saring dan minum 2 kali sehari hingga diare sembuh.

4. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah


Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit yang tidak diinginkan, jika Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi, Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengkonsumsi air rebusan kulit pohon jambu mete ini secara teratur. Cara yang bisa dilakukan sama dengan poin no 3 diatas,

5. Dapat Mencegah serangan jantung


Kulit jambu mete ini memiliki efek yang dapat melancarakan peredaran darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi air rebusan kulit jambu mete ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat juga mencegah terjadinya serangan jantung yang mendadak.

Baca juga :

6. Dapat Membantu Mengobati Radang Mulut


Kandungan seperti asam galat dan asam anakardat yang terdapat pada kulit pohon mete ini dapat memberikan efek anti inflamasi yang mana dapat mengurangi rasa sakit akibat radang mulut.

7. Dapat Mengobati asma


Manfaat dari kulit jambu mete ini yang satu ini adalah bisa dikatakan sebagai obat yang paling manjur. Yaitu mengobati penyakit Asma. Adapun cara yang bisa dilakukan ialah dengan mengkonsumsi air rebusan batang jambu mete ini dengan madu. Setelah itu konsumsi air ini dalam keadaan masih hangat untuk, ini berfungsi sebagai melegakan pernafasan dan mencegah asma kambuh kembali.

8. Dapat Menyehatkan mata


Selain wortel, ternyata pohon jambu mete ini juga dapat memberikan manfaat yang dapat menyehatkan mata. Hanya saja cara penggunaannya saja yang berbeda, yaitu dengan cara mengkonsumsi air rebusannya secara rutin.
( Baca juga : 6 Makanan Yang Menyehatkan Mata Selain Wortel )

Selain dari manfaat yang ada diatas, manfaat lain dari jambu mete ini ialah dapat digunakan sebagai bahan minyak bakar. Kulit dari jambu mete ini dapat di olah menjadi minya CNSL. Minyak jenis ini kemudian dapat dimanfaatkan sebagai oli, bahan bakar, pelapisan karat, pelaru bahan kimia, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sebenarnya ada masih banyak lagi manfaat yang sangat disayangkan jika dibuang begitu saja. Untuk itu mulai sekarang ada lebih baik kita mencari informasi tentang mengenai barang yang ada disekitar kita. Karena terkadang apa yang dianggap hal sepele justru dapat menjadi sumber pengobatan yang tidak terduga oleh kita.

Itulah beberapa informasi tentang manfaat dari kulit jambu mete yang bisa kita ketahui, jika ada manfaat lain dari kulit jambu mete ini seilahka tulis dikolom komentar, berbagi informasi adalah hal yang sangat menarik bagi saya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan semuanya.

Postingan terkait:

"Manfaat Kulit Jambu Mete untuk Kesehatan Yang Sering Diremehkan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.