Manfaat Kulit Buah Naga Yang Tidak Kita Ketahui

Buah naga merupakan buah yang banyak tumbuh didaratan Amerika Utara hingga Meksiko. Kenapa buah ini dijuluki dengan sebutan buah naga adalah karena bentuk kulit buah ini menyerupai sisik naga. Di negara China buah ini sering di gunakan dalam perayaan sebagai upacara keagamaan. Karena buah ini dianggap sebagai salah satu buah yang sacral untuk sesaji pada dewa.

Seiring dengan berjalannya waktu, buah ini tidak hanya digunakan sebagai sesaji saja, namun juga sudah menjadi salah satu buah yang dapat membantu mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Para dokter juga kerap sekali merekomendasikan buah ini sebagai peroses penyembuhan pada pasien yang dioperasi, karena manfaat buah naga ini dapat membantu bekas luka operasi cepat kering.

Manfaat Kulit Buah Naga
 Selain dari manfaat daging buahnya, hal yang sangat menarik dari buah ini adalah manfaat dari kulitnya. Memang kita sering hanya mendengar manfaat dan kandungan yang terdapat pada daging buah ini saja, akan tetapi kita tidak pernah mengetahui bahwa kulit dari buah ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah hebatnya jika dibandingkan dengan daging buah ini.
( Baca juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kesuburan Ibu Hamil )

Mungkin ada sebagian dari kita yang sudah mengerti manfaat dari kulit buah naga ini, tapi ada juga yang tidak mengerti, nah bagi yang tidak mengerti apa manfaatnya, berikut ini penjelasan tentang manfaat kulit buah naga yang tidak kita ketahui :

1. Membantu Mencegah kanker


Kandungan nutrisi dan gizi seperti taraxast, triyepene, dan pentacylic yang terdapat pada kulit buah naga sangat baik untuk kesehtan tubuh. Dengan kandungan ini, Anda bisa menghindari penyakit kanker. Karena mengkonsumsi obat herbal dari kulit buah ini yang dikombinasikan dengan obat farmologi hasilnya akan lebih bai, apalagi jika Anda dalam masa pengobatan kanker. Namun sebelum itu konsultasikan dahulu dengan dokter yang merawat Anda.

2. Dapat Mendeteksi Adanya Boraks dan Formalin


Keberadaan boraks dan formalin dalam suatu makanan menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan. Karena ulah dari pedagang yang nakal banyak masyarakat yang menjadi korban, dan ini sudah tentu dapat menjadi masalah terhadap kesehatan. Karena jika tubuh sudah tertelan boraks dan formalin dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Maka dari itu kita harus bisa mengetahui apakah makanan itu mengandung boraks dan formalin atau tidak dengan memanfaatkan kulit buah naga ini, cara cukup gampang, dengan memotong kulit buah naga, kemudian direndam kedalam air tawar, kemudian peras jeruk nipis beberapa buah. Setelah itu tunggu hingga air berubah menjadi merah.

Langkah selanjutnya ambil tisu dan celupkan kedalam air rendaman kulit tersebut. Kemudian tempelkan tisu yang sudah dicelupkan tadi pada makanan yang ingin diuji, jika tisu tidak berubah warnanya dan tetap merah, maka makanan tersebut mengandung boraks dan formalin, tapi jika tisu berubah warna agak memudar dan menjadi putih kembali maka makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

3. Membantu Melenturkan Pembuluh Darah


Sebuah penelitian yang telah dilakukan baru-baru ini menemukan hasil bahwa ternyata didalam kulit buah naga mengandung senyawa yang dapat melenturkan pembuluh darah. Dengan adanya senyawa ini maka berbagai masalah terhadap kesehatan pembuluh darah bisa diatasi. Karena selama ini hanya obat kimia saja yang dapat mengatasi pembuluh darah yang kekakuan. Ini merupakan salah satu obat terbaru dari dunia kesehatan yang bisa digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi masalah pembuluh darah yang mengalami penyempitan.

Itu adalah beberapa penjelasan tentang manfaat yang terdapat pada kuit buah naga. Setelah Anda mengetahui beberapa manfaatnya, untuk yang selanjutnaya adalah bagaimana cara mengolah kulit buah naga ini sebagai ramuan herbal alami.

Cara Mengolah Kulit Buah Naga Sebagai Ramuan Herbal


Untuk mengolah kulit buah ini sebenaranya tidak sulit, dalam pengolahan ini ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, tergantung dari selera Anda masing-masing. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

Tumis kulit buah naga


Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menumis kulit buah ini, mungkin ini agak sedikit asing bagi Anda, namun cara ini juga sangat efektif dalam membantu mengatasi masalah kesehatan. Untuk cara membuatnya bisa Anda perhatikan dibawah ini.
  • Siapkan kulit buah naga yang sudah dicuci bersih secukupnya.
  • Potong kulit buah naga kecil-kecil sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan
  • Sediakan bumbu tumis seperti bawang merah, bawang putih dan lain-lainnya.
  • Haluskan bahan-bahan tersebut sebagaimana Anda menumis sayur lainnya.
  • Tumis hingga matang.


Teh Kulit Buah Naga


Untuk cara yang kedua adalah dengan membuat teh dari kulit buah naga ini. adapun caranya ialah sebagai berikut :
  • Potong kulit buah naga yang sudah dibersihkan kecil-kecil
  • Jemur hingga benar-benar kering.
  • Setelah kering, Anda bisa menyeduh kulit buah ini layaknya menyeduh teh yang biasa Anda seduh.

Sebenarnya bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari kulit buah naga ini, Anda bisa langsung mengkonsumsi ekstrack dari kulit buah naga yang sudah diproduksi belakangan ini, dengan demikian Anda tidak repot lagi dalam mengolahnya, namun itu tergantung dari selera Anda masing-masing. Semoga informasi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

"Manfaat Kulit Buah Naga Yang Tidak Kita Ketahui"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.