Manfaat Jintan Hitam Untuk Mengatasi Uban Dirambut

Minyak jintan hitam atau yang disebut dengan habbatusauda adalah jenis minyak yang telah lama digunakan selama lebih kurang dari 2000 tahun yang lalu yang telah ditemukan dimakam King Tut-Mesir.
Manfaat Jintan Hitam Untuk Mengatasi Uban Dirambut
Bukti ilmiah yang telah menyatakan bahwa minyak jintan hitam dapat berguna pada sistem kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat keparahan tubuh pada alergi. Tes ini telah membuktikan bahwa jintan hitam dapat mengatasi tekanan darah tinggi serta mengatur kolestrol dalam tubuh.

Minyak dari biji jintan hitam ini juga dikenal sangat baik dalam memperbaiki tekstur rambut serta dapat membantuk mengatasi rambut rontok. Selain dari pada itu minyak ini juga dapat mengatasi munculnya uban pada rambut. Beberapa jenis minyak jintan hitam dapat memberikan manfaat dan khasiat dalam perawatan rambut serta kulit.

Penelitian yang telah dilakuakn terhadap biji jintan hitam telah menemukan bahwa minyak jintan hitam banyak mengandung senyawa seperti asam linoleat terkonjugasi yang dapat berperan sebagai antioksidan. Selain itu juga banyak terdapat senyawa lain seperti Thymoquinone, melanthin, nigiline, dan transandethole.

Dalam miningkatkan kesehatan rambut, kita ketahui bahwa minyak jintan hitam adalah emolien alami, sehingga dapat memberikan kelembutan dan menghaluskan rambut yang kasar dan kusut. Selain itu juga dapat melembutkan kondisi kulit kepala yang kering dan berketombe.

Setelah kita mengetahui penjelasan tentang manfaat dari minyak jintan hitam yang ada diatas, hal yang paling utama untuk diketahui adalah bagaimana minyak jintan hitam bisa mengatasi pertumbuhan uban.? Minyak jintan hitam adalah minyak yang dapat memberikan manfaat pada rambut, dengan mendorong sel-sel rambut yang bertanggung jawab atas produksi pigmen agar terus tumbuh secara sehat dan alami. Karena jika sel pigmen rambut mati, maka helaian dari folikel itu akan tumbuh menjadi abu-abu atau disebut uban.

Hal inilah yang harus kita atasi agar tidak terjadinya rambut uban, yaitu dengan cara memanfaatkan minyak jintan hitam atau yang sering dikenal sebagai habbatusauda. Peroses dari perawatan rambut uban ini tidaklah begitu sulit, cukup mengaplikasikannya kepada bagian kulit kepala yang area ada ubannya.

Dalam beberapa kasus, menggunakan minyak pada area yang ada ubannya dapat memberikan efek dalam mengembalikan rambut yang beruban ke warna aslinya. Nah untuk Anda yang memiliki rambut uban dan ingin mencari solusinya, ini ada resep untuk menggunakan masker rambut dari minyak jintan hitam. Adapun resepnya adalah sebagai berikut :

Bahan-bahan :
  • Siapkan 1 sendok minyak jintan hitam
  • 2 Sendok makan minyak zaitun organik
  • 1 tetes minyak esensial peppemint
  • Botol kaca gelap yang masih ada tutupnya.

Cara pengolahan :

Setelah semuanya sudah lengkap, campur semua minyak yang sudah kita siapkan didalam botol kaca, kemudian tutup botok dan koco-kocok botol hingga minyak benar-benar tercampur dengan baik.

Untuk cara penggunaannya bisa di lakukan seperti yang sudah dibahas diatas, yaitu dengan cara mengoleskan minyak tersebut seperti menggunakan minyak rambut, dioles mulai dari pangkal sampai keujung rambut, kemudian pijat lembut rambut tersebut, lakukan 3 kali sehari.
( Baca juga : Manfaat Jintan Hitam Untuk Diet Sehat )

Itulah beberapa informasi tentang manfaat minyak jintan hitam dalam mengatasi uban dirambut. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat…

Postingan terkait:

"Manfaat Jintan Hitam Untuk Mengatasi Uban Dirambut"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.