Manfaat Dari Tanaman Serai Wangi Bagi Kesehatan

Serai wangi adalah jenis tanaman yang menghasilkan atsiri dan memiliki peranan pentig untuk kesehatan, terutama dalam membantu mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Tanaman yang memiliki nama latin Cymbopogon nardus L ini sering kita jumpai sebagai bumbu dalam suatu masakan.

Manfaat Dari Serai Tanaman Wangi Bagi Kesehatan

Beberapa dari masyarakat banyak menganggap bahwa serai wangi banyak memiliki manfaat sebagai obat alternatif dalam mengobati berbagai macam jenis penyakit, baik penyakit yang ringan maupun penyakit yang berat. Karena serai wangi banyak memiliki berabagai kandungan yang sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dari beberap sumber yang diperoleh, serai wangi ini memiliki manfaat yang luar biasa, mulai dari akarnya sampai dengan daun tanaman ini bermanfaat. Menurut sumber, akar dari tanaman ini berguna sebagai obat batuk, peluruh keringat. Sedangkan bagian yang lainnya seperti daunnya berguna untuk membantu menambah nafsu makan, menurunkan panas, mengeluarkan angin, meredakan kejang.

Untuk kegunaan yang lain dari tanaman serai wangi ini diantarannya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Membantu Meredakan Rasa Nyeri


Ekstrack dari serai wangi ini dibuat sebagai minyak yang dapat bermanfaat sebagai pengobatan artiritis secara alami, selain itu juga dapat membantu mengatasi rasa nyeri diberbagai bagian tubuh.

Untuk cara penggunaan serai wangi ini adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak serai wangi ini dengan minyak kelapa yang dilarutkan kedalam air hangat sebagai bahan perendam anggota tubuh yang terserang rasa nyeri.

2. Dapat Memperbaiki Kinerja Pencernaan


Selain dari mengatasi rasa nyeri, manfaat dari serai wangi ini adalah untuk mencegah tumbuhnya bakteri didalam saluran penceranaan dan juga membantu proses penyembuhan luka. Minyak dari serai wangi ini dapat bekerja untuk membunuh organisme seperti cacing dan parasit yang ada didalam usus besar serta usus kecil. Untuk penggunaanya bisa Anda minum sedikit minyak serai wangi ini untuk memberikan perlindungan terhadap saluran pencernaan.

3. Dapat Merawat Kulit


Kandungan yang terdapat pada serai wangi ini juga dapat digunakan sebagai penyembuhan dermatitis seperti menghambat penuaan dini, mengobati eksim, mengobati infeksi jamur pada kulit serta beberapa penyakit lainnya.

4. Dapat Membantu Menghilangkan Bau Badan


Manfaat serai wangi yang selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai deadoran untuk menghilangkan bau badan secara alami, dengan cara mencampur beberap tetes minyak serai wangi pada air rendaman yang akan digunakan untuk mandi, sehingga dapat meberikan aroma yang segar pada tubuh.

5. Dapat Mengencangkan Pori Kulit


Menggunakan minyak serai wangi pada bagian kulit dapat menjadikan kulit kencang serta dapat menjaga kesehat kulit, seperti memperbaiki warna kulit, menghaluskan kulit, mengontrol minyak yang berlebihan dan lain sebagainya.

6. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Rambut


Kandungan yang terdapat pada serai wangi ini juga dapat bekerja secara efektif dalam mengurangi kadar minyak yang berlebihan pada rambut. Cara yang bisa Anda lakukan adalah degan menambahkan beberapa tetes minyak serai wangi kedalam wadah yang berisi air hangat lalu diaplikasikan pada rambut sampai kepangkal rambut secara merata.

Selain dari manfaat yang ada diatas, penggunaa dari serai wangi ini juga bisa digunakan sebagai pewangi ruangan, melawan kuman dan bakteri, dan masih banyak yang lainya.

Didalam hal ini yang perlu Anda ingat adalah pastikan bahwa Anda menggunakan tanaman ini tidak secara berlebihan agar supaya manfaat dari serai wangi tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Itulah beberapa manfaat yang bisa diketahui dari manfaat serai wangi bagi kesehatan, semoga artikel dan informasi ini berguna bagi Anda. Terimakasih…

Postingan terkait:

"Manfaat Dari Tanaman Serai Wangi Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.