Manfaat Dan Efek Negatif Daun Putri Malu Untuk Kesehatan

Putri malu adalah tumbuhan perdu pendek yang termasuk kedalam anggota suku polog-polongan yang degan mudah dikenal karena daunnya yang dapat secara ceapt menutup ( Layu ) dengan sendirinya apabila disentuh. Meskipun masih termasuk kedalam anggota polong-polongan yang dapat melakukan hal yang sama, akan tetapi putri malu beraksi jauh lebih cepat dari pada jenis yang lainnya.

Kelayuan ini hanyalah bersifat sementara saja, karena setelah beberapa menit lagi kedaannya akan kembali seperti semula. Kenapa daun putri malu ini kalau disentuk jadi menutup.? Karena terdapat perubahan tekanan turgor pada tulang daun ketika disentuh, itulah sebabnya dia menutup ketika disentuh. Ransangan tersebut juga bisa dirasakan daun lain yang tidak ikut tersentuh.

Gerak yang seperti itulah disebut dengan seismonasti, walaupun dipengaruhi oleh ransangan sentuhan ( Tigmonasti ), sebagai contoh lain, gerakan tigmonasti daun putri malu tidak peduli dari mana arah datangnya sentuhan tersebut. Selain itu, tanaman putri malu juga akan menutup ketika matahari terbenam.

Manfaat Dan Efek Negatif Daun Putri Malu Untuk Kesehatan

Daun putri malu ini sangat populer dengan gerakannya yang langsung menutup ketika disentuh. Selain itu, daun ini juga populer karena manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan yang dimilikinya.

Selain daripada itu, daun putri malu dikenal sebagai obat herbal yang mengandung banyak senyawa yang dapat bermanfaat dalam membantu mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Untuk penjelasan lebih jelasnya, berikut ini manfaat daun putri malu untuk kesehatan yang bisa kita ketahui.

1. Membantu Melancarkan Aliran Darah


Manfaat daun putri malu sangat manjur bila digunakan untuk obat herbal yang membantu untuk melancarkan aliran darah. Daun ini dapat memberikan tekanan dengan cara mengalirkan darah pada seluruh bagian tubuh. ( Baca juga : Khasiat Daun Cabe Untuk kesehatan Dan Kecantikan )

2. Sebagai Obat Batuk Alami


Kandungan senyawa yang terdapat pada daun putri malau dapat memberikan efek dalam meredakan batuk berdahak, manfaat dan khasiat daun ini sudah lama di kenal sebagai obat herbal dengan kemapuahannya dalam mengatasi batuk berdahak.

3. Dapat Meredakan Rematik


Penyakit nyeri sendi atau yang sering dibilang dengan rematik adalah penyakit yang dapat membuat seseorang menjadi keterbatasan dalam bergeak, penyakit ini sering kali terjadi ketika seseorang sudah beruasia lanjut. Memanfaatkan daun putri malu adalah salah satu pengobatan yang sangat efektif dalam mengatasi penyakit tersebut.

Baca juga :

4. Dapat Menurunkan Panas Demam


Manfaat daun putri malu juga dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil, sehingga panas suhu badan akibat deman dapat teratasi dengan baik.

5. Melancarkan Saluran Kemih


Mengkonsumsi rebusan daun putri malau sebagai ramuan obat herbal dapat melancaraan saluran kemih. Sehingga saluran kemih dapat menjadi sehat dan bersih dari serangan kuman dan bakteri.

Baca juga : Manfaat dan Resep Daun Putri Malu Untuk Asma

6. Mencegah Penyakit Hepatitis


Kandungan senyawa yang terdapat pada daun putri malu juga memiliki kemampuan dalam mengatasi penyakit hepatitis. Selain itu manfaat dari daun putri malu ini juga dapat memebuat tubuh semakin kuat dalam mencega penyakit hepatitis datang kembali.

Adapun cara membuat ramuan obat herbal dari daun putri malu ialah sebagai berikut :
  • Ambil daun putri malu yang masih segar sebanyak lebih kurang 10 gram.
  • Jemur hingga benar-benar kering.
  • Setelah itu seduh daun putri malu yang sudah kering kedalam 100 ml air panas selama lebih kurang 1 menit.
  • Minum seduhan teh ini sebanyak 3 kali sehari.

Baca juga :

Itulah beberapa manfaat dan efek negatif daun putri malu untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan. Selamat mencoba.

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Efek Negatif Daun Putri Malu Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.