Cara Membedakan Telur Ayam Bagus Dan Tidak Bagus Dikonsumsi

Telur ayam adalah salah satu sumber pangan yang memiliki protein yang tinggi. Telur ayam pada umumnya sering disajikan dengan berbagai cara, seperti digoreng, dataupun direbus. Telur juga merupakan salah satu bahan utama dalam suatu makanan, seperti kukis, roti, cake, dan sebagainya.

Namun yang perlu untuk kita ketahui adalah, bahwa tidak semua telur ayam itu bagus untuk dikonsumsi, ada juga telur ayam yang tidak bagus untuk dikonsumsi. Telur ayam yang bagus adalah telur yang dihasilkan dari telur ayam yang sehat dan memiliki konsumsi gizi yang baik dari makanan yang didapatkanya.

Cara Membedakan Telur Ayam Bagus Dan Tidak Bagus Dikonsumsi
Biasanya, ayam yang sehat dilihat dari cara dia mencari makanannya seperti serangga dan hewan kecil diarea yang terbuka. Namun pada saat ini, pada umumnya ayam hidup didalam kandang peternakan, sehingga ayam-ayam ini tidak dapat memiliki cukup ruang untuk melakukan aktifitas, bahkan juga tidak dapat terkena paparan sinar matahari, sehingga dapat menjadikan telur yang tidak bagus.

Maka dari itu, penting rasanya kita untuk mengetahui perbedaan telur yang bagus dan tidak bagus untuk dikonsumsi, berikut ini adalah ciri-ciri telur yan bagus dan tidak bagus.

1. Dilihat Dari Kekentalan Kuning Telur


Untuk mengetahui apakah telur itu bagus atau tidak, coba pecahkan sebutir telur ayam, kemudian perhatikan kuningan yang terdapat didalam telur. Jika kuningan tersebut terlihat lebih kental ketika disentuh dan sedikit cembung, maka itu adalah telur yang bagus, namun jika kuningan telur bercampur dengan putih telur ketika dipcah maka itu adalah telur yang tidak bagus untuk dikonsumsi.
( Baca juga : Manfaat Mengkonsumsi Kuningan Telur Mentah Setiap Hari )

2. Dilihat Dari Ketebalan Kulit Telur


Telur yang bagus dapat dilihat dari kulitnya yang tebal, jika telur didapati dengan kulit yang tebal serta tidak transparan, maka itu adalah telur yang memiliki kwalitas yang bagus. Namun jika kulit telur terlihat tipis dan mudah pecah, sudah dipastikan itu adalah telur yang tidak bagus untuk dikonsumsi.

3. Dilihat Dari Warna Kuning Telur


Warna kuning telur yang terlihat kuning terang, ini adalah telur yang kurang ideal atau yang kurang bagus, karena kuning telur yang baik adalah memiliki warna orange, semakin tua warna orangenya, maka telur tersebut semakin bagus kwalitasnya.
( Baca juga : Bahaya Mengkonsumsi Telur Asin Yang Berlebihan )

Bagaimana menurut Sahabat semua, sudah bisakan cara membedakan telur yang bagus dan yang tidak bagus untuk dikonsumsi, itulah beberapa penjelasan tentang cara membedakan telur bagus dan yang tidak bagus untuk dikonsumsi, semoga informasi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

"Cara Membedakan Telur Ayam Bagus Dan Tidak Bagus Dikonsumsi"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.