Apa Itu Iklan Matched Content Dari Google Adsense

Salam sahabat semuanya, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai salah satu fitur dari Google Adsense yaitu “ Matched Content ”. Bagi seorang publisher senior mungkin tidak asing lagi dengan fitur ini.

Iklan Matched Content Dari Google Adsense

Namun bagi para publisher pemula seperti saya ini tentunya bertanya-tanya, apa sih fitur Matchet Content Adsense ini.? Terus bagaimana cara untuk mendapatkan Iklan Matched Content ini.? Dan apa efeknya terhadap penghasilan Google Adsense yang kita miliki.? Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan mengulasnya satu persatu.

Yang pertama adalah Apa Itu Fitur Iklan Matched Content.???


Iklan Matched Content atau yang disebut dengan konten yang sesuai adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara yang mudah untuk mempromosikan konten yang ada pada blog kita kepada kepengunjung.

Dalam bahasa gampangnya Matched Content ini mirip dengan Relatet Post. Cuma yang menjadi perbedaanya itu adalah Matched Content ini pemberian hadiah dari google, sedang Related Post ini setingan pribadi dalam suatu blog.

Bagaimana Cara Mendapatkan Iklan Matched Content ini.?


Setelah kita mengetahui apa itu fitur Matched Content, selanjutnya adalah kita akan membahas bagaimana cara untuk mendapatkan fitur ini. Karena yang seperti kita ketahui, bahwa tidak semua blog atau website yang sudah memiliki akun Google Adsense dan mendapatkan fitur tambahan ini.

Hanya blog yang terpilih dan telah bersedia untuk menggunakan fitur Matched Content ini, salah satunya adalah blog “ CIRI KHAS ” yang sedang Anda baca ini. Pede bangat sih. Hehehee…

Lanjut lagi, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mendapatkan fitur ini, mungkin penjelasan tentang ini sudah banyak dibahas oleh para blogger yang sudah senior.

Namun menurut pengalaman saya sendiri ada beberapa kejanggalan yang menurut saya belum bisa dijadikan patokan pertama untuk mendapatkan fitur ini. adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Jumlah Trafic Blog

Beberapa blogger senior banyak mengatakan bahwa untuk bisa mendapatkan fitur ini kita harus memiliki jumlah trafit yang cukup besar setiap harinya. Bahkan angka trafic yang disebutkan berkisar “ ribuan bahkan puluhan ribu ” Page View ( PV ).

Ketika mendengar dari penjelasan tersebut, saya mulai meng-urungkan niat saya untuk mendapatkan fitur yang benar-benar istimewa yang akan diberikan oleh Google Adsense ini.

Tapi pada kenyataanya, sepertinya itu tidak begitu menjadi patokan, mungkin pada 3 tahun yang sebelumnya Google Adsense menerapkan peraturan yang demikian, tapi pada saat sekarang ini sudah tidak seperti itu lagi.

Karena saya mendapatkan Fitur Matched Content ini hanya dengan trafic yang bisa dibilang sangat rendah, yaitu sekitar 150-sampai 300 perhari. Jadi kesimpulannya adalah trafic tidak menjadi pengaruh atau patokan Google Adsense untuk memberikan Fitur ini kepada Satu blog website.

Akan tetapi Google Adsense melihat dari kelayakan dari suatu website tersebut, dan tentunya yang paling kita perhatikan adalah konten dari suatu blog tersebut.

Terus selain itu adalagi yang bilang Niche suatu blog juga menentukan Google Adsense untuk memberikan fitur Matched Content, ini sebenarnya hanyalah mitos, karena menurut pengalaman saya sendiri, blog “ CIRI KHAS ” yang saya kelola sekarang ini Niche blognya aja masih gado-gado.

Tetapi saya bisa mendapatkan fitur layanan iklan Matched Content dari Google Adsense. Kesimpulannya adalah, Google Adsense tidak menjadikan patokan pertama kepada trafic dan niche dari suatu blog, akan tetapi Google hanya melihat kelayakan dari suatu Website tersebut.

Karena Jika Google Adsense telah melihat suatu blog itu layak diberikan fitur ini, maka Google Adsense langsung akan memberinya tanpa menunda-nunda dengan tidak melihat berapa trafic datau niche dari satu website tersebut.

2. Jumlah Artikel Dalam Suatu Blog

Selanjutnya cara untuk mendapatkan Matched Content Adsense adalah melihat dari jumlah artikel dalam suatu blog. Menurut informasi yang terakhir yang saya baca adalah untuk bisa mendapatkan layan fitur ini konten dalam suatu blog tersebut haruslah memiliki diatas 300 artikel.

Namun sekali lagi saya katakan bahwa itu adalah mitos. Karena saya sendiri mendapatkan layanan fitur ini hanya bermodalkan kontent 180 lebih artikel yang membahas banyak tema.

Mungkin kebenaranya adalah Google Adsense melihat jumlah artikel juga, namun tidak sebanyak yang dibilang oleh para blogger tersebut. Boleh jadi Google Adsense menjadikan patokannya dengan jumlah content 150 keatas.

3. Konsisten Dalam Menulis Artikel

Dalam halaman resmi Google Adsense mengenai Matche Content atau konten yang sesuai sebenarnya hal ini tidak disebutkan. Tapi menurut saya pribadi, ini adalah menjadi patokan Google Adsense untuk memberikan Fitur Matched Content kepada publishernya.

Alasanya adalah sederhana saja, update artikel secara rutin dapat memberikan kesegaran kepada pembaca setia blog kita dan Google juga menganggap blog kita masih aktig dan di monetisasi secara optimal.

Karena saya dari mulai ngeblog sampai saat ini saya setiap hari update artikel meskipun hanya satu artikel, mungkin inilah salah satu alasan utama Google Adsense memberikan layanan fitur Matched Conten kepada saya.

Terus apa efeknya terhadap penghasilan Google Adsense yang kita miliki.?


Yang Perlu kita ketahui adalah bahwa fitur Matched Content ini bertujuan untuk dapat meningkatkan PV bukan untuk menambah earning Adsense. Jadi seberapa seringpun orang mengklik Matched Content yang kita miliki tidak akan menambah jumlah pendapatan.

Tapi yang perlu di ingat juga jika PV meningkat, maka otomatis meningkat pula earning Adsense. Mungkin itu sedikit penjelasan tentang iklan Matched Content.

Nah Untuk cara pemasangan unit iklan Matched Content Ini Bisa dengan cara pertama kita harus tahu dahulu apakah blog kita sudah dikasi otoriatas tentang fitur ini atau belum, yaitu dengan cara :

   1. Kunjungi dasboard akun Adsense Anda

   2. Kemudian pilih My Site

   3. Lalu klick Matched Content

Iklan Matched Content Dari Google Adsense

Setelah kita mengetahui apakah blog kita sudah layak untuk dipasang iklan Matched Content, langkah selanjutnya memasang unti iklan dengan cara seperti biasa yaitu :

   1. Kunjungi dasboard akun Adsense Anda

   2. Klick My Ads + Add Units

   3. Klick + Unit Iklan Baru nanti ada 4 pilihan, pilih unit Matched Content dan klick “ Select ”.

Iklan Matched Content Dari Google Adsense

Setelah itu nanti Anda akan dibawa kelaman settingan iklan Matched Content, disini kita dikasi dua pilihan untuk settingan unit iklan yaitu “ Style ” dan “ Size ”.

Style : artinya kita akan menyetting jenis font, title, background seseuai dengan keinginan Anda sendiri.

Size : Artinya ukuran unit iklan yang akan ditampilkan pada blog Anda, disarankan untuk menggunakan Responsive saja. Setelah itu klick selsai dan copy code iklannya.

Note : Jika Anda ingin menempatkan kode iklan pada html template blog, Anda haru memparse kode unit iklan tersebut, untuk memparsenya bisa mengunjungi Parse Kode Iklan, caranya seperti biasa yang Anda lakukan sebelumnya, copy code unit iklan paste dan klick parse. Kemudian copy kode yang sudah diparse dan tempelkan kedalam html yang Anda inginkan. Kemudian klick simpan kode, selesai.

Demikianlah informasi tentang pembahasan Apa itu Iklan Matched Content dari Google Adsense, semoga Artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Postingan terkait:

"Apa Itu Iklan Matched Content Dari Google Adsense"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.