7 Manfaat Kulit Jeruk Purut untuk Kesehatan

Jeruk adalah buah yang banyak mengandung Vitamin C. Selain itu, kandungan serat dan nutrisi yang terdapat dalam jeruk memang sangat baik dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ada banyak macam jeruk yang kita kenal, seperti jeruk Sunkist, jeruk lemob, dan jeruk purut. Dari berbagai macam jenis jeruk yang sudah disebutkan, jeruk yang paling khas adalah jerut purut. Karena kulit jeruk purut memiliki tekstur kulit yang bergelombang.

Manfaat dari jeruk purut ini banyak sekali, selain dari buahnya, kulit buahnya, dan daunnya. Daunnya sendiri sering kali digunakan sebagai campurang bumbu masak, untuk menambahkan suatu aroma yang wangi. Namun, untuk penggunaan dari kulit jeruk purut ini masih tergolong sedikit orang yang ingin menggunakannya, karena kulit jeruk purut mempunyai citarasa yang pahit.

7 Manfaat Kulit Jeruk Purut untuk Kesehatan

Padahal, kulit jeruk ini banyak sekali memiliki manfaat yang bisa kita dapatkan. Untuk lebih jelasanya, berikut ini informasi manfaat kulit jeruk purut untuk kesehatan.

1. Dapat Menghilangkan Jerawat


Kandungan yang terdapat pada kulit jeruk purut ini mampu membersihkan minyak dan kotoran penyumbat pori-pori. Selain itu, kulit jeruk purut ini memiliki antioksidan yang dapat mengobati peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

2. Dapat Menyembuhkan Influenza


Penyakit influenza atau yang lebih dikenal sebagai flu adalah suatu penyakit yang sangat mengganggu sekali. Apalagi kalau kita berpergian diharuskan membawa tisu atau sapu tangan. Salah satu obat yang dapat meredakan influenza dengan cepat adalah kulit jeruk purut.

Untuk cara mengolahnya juga sangat mudah, yaitu dengan cara memotong jeruk purut bersama kulitnya menjadi 4 potongan, kemudian masukan kedalam segelar air hangat dan tambahkan sedikit madu, tunggu beberapa menit kemudian minum airnya.

3. Dapat Meredakan Batuk


Batuk memanglah bukannya penyakit yang berbahaya, akan tetapi, batuk juga dapat merusak aktifitas. Salah satu cara ampuh untuk dapat mengobati penyakit yang sering kali menyerang kita adalah kulit jeruk purut. Untuk cara penggunaannya sama dengan mengolah jeruk purut sebagai obat flu.

4. Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh


Kandungan Vitamin C yang terdapat pada kulit jeruk purut ini dapat digunakan sebagai penjaga daya tahan tubuh. Melemahnya daya tahan tubuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah melakukan aktifitas sepanjang hari yang dapat menguras energi. Karena itu kita harus memulihkan daya tahan tubuh agar selalu segar.

5. Dapat Mencegah Ketombe


Memiliki ketombe tentulah sangat mengganggu kita. Apa lagi kalau sempat berceceran pada kerah baju, itu sangat memalukan. Terkadang ada sebagian ketombe yang tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan produck yang ada dijual dipasaran, karena ada sebagian ketombe yang sangat bandel.

Maka dari itu, menggunakan kulit jeruk purut dapat mengatasi hal tersebut dengan menggosokan kulit jeruk purut kepada bagian kepala yang berketombe. Lakukan hal ini secara rutin dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Dapat Mencegah Rambut Rontok


Rambut rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena menggunakan obat ketombe. Namun, masalah ini dapat kita atasi dengan menggunakan kulit jeruk purut. Selain dapat mengurangi ketombe, menggosokan kulit jeruk purut dapat mengatasi rambut rontok sekaligus dapat menjaga kulit kepala selalu sehat.

7. Dapat Mengatasi Kulit Kering


Kulit yang kering dan kusam terkadang dapat membuat kita kurang percaya diri. Masalah jenis ini akan semakin memburuk jika tidak diatasi. Agar kulit selaku tetap terlihat lembab meskipun dalam keadaan cuaca yang panas sekalipun, kita bisa memanfaat kan kulit jeruk purut ini. Caranya juga cukup mudah, cukup mengoleskan kulit jeruk purut kebagian kulit yang kering secara rutin.

Itulah beberapa manfaat kulit jeruk untuk kesehatan yang bisa kita ketahui, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semuanya , dan selamat mencoba.

Postingan terkait:

"7 Manfaat Kulit Jeruk Purut untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.