5 Bumbu Dapur Ini Dapat Dijadikan Sebagai Obat Herbal Alami

Untuk mendapatkan obat herbal yang alami itu tidaklah begitu sulit, asalkan kita tahu cara mengolah dan menggunakannya. Didalam hal ini, ada beberapa daftar bahan yang selama ini kita anggap sebagai bumbu dapur dapat dijadikan sebagai obat herbal yang sangat baik untuk membantu mengatasi berbagai masalah terhadap kesehatan.

Namun didalam hal ini, yang perlu kita ingat adalah, tidak semua bumbu dapur bisa kita jadikan sebagai obat herbal. Karena ada beberapa bumbu dapur yang dapat kita gunakan sebagai obat herbal. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang dimilikinya sangat baik untuk kesehatan.

5 Bumbu Dapur Ini Dapat Dijadikan Sebagai Obat Herbal Alami

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa daftar dari bumbu dapur yang bisa kita jadikan sebagai obat herbal yang alami.

1. Bawang Putih


Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang sering kita gunakan dalam suatu masakan, namun bawang putih juga termasuk kedalam daftar yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Hal ini dikarenakan bawang putih banyak mengandung Vitamin B, Vitamin C, serta beberapa mineral seperti kalsium, kalium, besi, dan fosfor.

Kandungan ini dapat memberikan khasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, yakni seperti influenza, rematik, beri-beri, sinusitis, asma, bronkitis, hipertensi, batuk rejan, diare, hepatitis, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga :

Selain itu, bawang putih juga dapat membantu mengatasi penyakit TBC, pendarahan pada hidung, penambah stamina, mengobati sakit gigi, dan penawar racun.

2. Cabe Merah


Cabe merah termasuk kedalam family Solanaceae, buah cabe merah terdapat memiliki kandungan zat flavonoida, saponin, kapsaisin, polifenol, kaposubrin, lutein, sitirin, Vitamin A, dan Vitamin C. Zat ini dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti sarawan, rematik, menambah nafsu makan, dan memperbaiki pencernaan tubuh.

3. Cabe Rawit


Bumbu dapur yang lain yang dapat kita jadikan sebagai obat herbal alami adalah cabe raawit, cabe rawit ini juga termasuk kedalam family solanaceae. Cabe rawit ini sendiri banyak memiliki kandungan seperti flavonoida, kapsaisin, tanin, alkaloid, kapsantin, karotenoid, minyak astri, minyak asiri, resin, Vitamin A, dan Vitamin C.

Ketahui juga :  Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan Dimasa Sekarang Dan Dimasa Mendatang

Sementara itu biji dari cabe rawit ini terdapat memiliki kandungan solanin, solamidin, solamargin, solasodin, dan solasomin. Manfaat dari bumbu dapur yang satu ini dapat membantu mengatasi penyakit seperti sakit perut, bau badan, gata-gatal, dan rematik.

4. Bawang Merah


Umbi yang dihasilkan oleh semua varietas bawang merah terdapat memiliki kandungan seperti sikloaliin, dihidroaliin, kaemferol, minyak asiri, metilaliin, kuersetim dan floroglusin. Selain itu, bawang merah juga mengandung enzim, sulfur organik, flavonoid, asam fenol, sterol, saponin, ellagik, kaffeik, pektin, sinapik asam pkoumarik, minyak volatil, dan senyawa allil propil disulphide.

Manfaat utam yang bisa kita dapatkan dari bawang merah ini adalah dapat menurunkan lemak darah, menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, menurunkan aktivitas gula darah, menyembuhkan asma, melawan sel tumor, dan menyebmbuhkan leukimia.

5. Tomat


Yang terkhir adalah tomat, tomat dikenal sebagai buah yang mengandung banyak air. Buah tomat yang dapat kita gunakan sebagai obat herbal adalah buah tomat yang tidak terlalu masak, padat, dan warnanya yang soragam.

Tomat yang seperti kondisi tersebut banyak memiliki protein, kalsium, besi, belerang, fosfor, Vitamin A, Vitamin B1,dan Vitamin C. khasiat dari tomat ini dapat membantu mencegah dan membantu mengatasi penyakit seperti influenza, kanker prostat, gusi berdarah, radang prostat, diabetes melitus, kulit bengkak, bisulan, jerawat, usus buntu, dan wasir.

Maka dari itu bumbu dapur yang ada diatas adalah obat herbal yang sangat bagus utnuk dijadikan sebagai obat herbal yang alami. Bagi Anda yang selama ini tidak mengetahui dan tidak suka dengan bumbu tersebut, mulai dari sekarang pergunakanlah bahan tersebut untuk guna untuk mendapat kesehatan yang lebih baik dari pada menggunakan obat kimia yang ada.

itulah beberapa informasi tentang bumbu dapur yang dapat kita jadikan sebagi obat herbal alami, semoga inforamsi ini dapat berguan bagi Anda semuanya, salam sehat dan terimakasih.

Postingan terkait:

"5 Bumbu Dapur Ini Dapat Dijadikan Sebagai Obat Herbal Alami"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.