Manfaat Daun Pandan Untuk Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah yang sering kali menyerang kulit kepala. Bukan saja dapat menyebabkan rasa gatal, serpihan putih yang menempel pada rambutpun sangat mengganggu penampilan seseorang.

Manfaat Daun Pandan Untuk Mengatasi Ketombe

Akibat dari serpihan yang menempel tersebut, dapat membuat rambut terlihat kotor. Apalagi serpihan tersebut sampai berjatuhan pada pakaian, ini sangat mengganggu sekali.

Maka dari itu banyak orang mengeluh untuk mengatasi ketombe, meskipun sudah menggunakan beberapa produck sampo untuk mengatasi ketombe, namun ketombe tetap saja masi menempel, coba lakukan dengan cara yang alamin ini yaitu dengan menggunakan daun pandan.

Manfaat dari daun pandan untuk menghilangkan ketombe ini memang terdengar masih baru, karena biasanya daun pandan ini hanya untuk digunakan dalam suatu masakan, akan tetapi kali ini memang benar bahwa daun pandan sangat membantu kita untuk mengatasi masalah ketombe. Adapun manfaat daun pandan untuk mengatasi ketombe ialah sebagai berikut :

1. Dapat Mencegah Bakteri Penyebab Ketombe


Daun pandan terdapat memiliki kandungan vitamin E yang dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat mengatasi masalah ketombe. Sebagaimana yang telah diketahui, penyebab terjadinya ketombe yang sebenarnya adalah disebabkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit kepala. Paradangan tersebut berupa munculnya kerak-kerak pada kulit kepala. Jika kerak tersebut sudah terlepas dari kulit kepala, inilah yang disebut sebagai ketombe. Pelepasan kerak inilah yang menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala yang tak tertahankan.

2. Dapat Menjaga Kelembaban Rambut


Manfaat yang kedua yang bisa kita dapatkan dari daun pandan ini yaitu dapat melembabkan rambut. Biasanya ketombe tidak bisa menyerang kulit atau rambut yang lembab, karena ketombe cendrung menyerang kulit kepala yang kering. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan daun pandan sebagai solusi dalam mengatasi masalah ketombe.
( Baca juga : Apakah Minyak Kelapa Baik Untuk Kesehatan Rambut )

Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ketombe ialah dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut :

  • Siapkan daun pandan yang masih segar beberapa lembar, kalau bisa yang langsung diambil dari batangnya.
  • Cuci bersih dan potong-potong hingga menjadi potongan kecil
  • Kemudian haluskan daun tersebut menggunakan blender dan tambahkan sedikit air, ( airnya jangan banyak )
  • Setelah itu saring dan pisahkan air dari ampas daun pandan tersebut.
  • Kemudian terapkan air daun pandan tersebu pada rambut dan lakukan pijatan-pijatan lembut pada kulit kepala.
  • Setelah itu diamkan selama 1 jam agar supaya zat pada daun pandan dapat menyerap kedalam kulit kepala.
  • Terakhir bilas dan dikeramas seperti biasa, dan keringkan rambut menggunakan kain kering.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin sekitar 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal
Note : “ cara yang ada diatas sudah teruji dan terbukti diambil dari sumber yang sudah mengapliksikannya dan mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi ketombe. ”

Itulah beberapa manfaat daun pandan untuk mengatasi ketomber yang bisa kita ketahui, namun yang perlu kita ingat adalah seringlah memperhatikan kebersihan rambut. Selain itu hindari juga gonta ganti shampoo, karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit kepala jadi kering dan menyebabkan ketombe. Semoga informasi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

"Manfaat Daun Pandan Untuk Mengatasi Ketombe"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.