Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Ketumbar atau yang sering kita kenal denga bumbu dapur ketumbar yang sering di gunakan dalam suatu masakan ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat di dalamnya, terutama pada bagian daun ketumbar.

Saat ini daun ketumbar sudah di kenal sebagai ramuan yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit dan masalah terhadap kesehatan. Tumuban yang memiliki tinggi sekitar 1-2 meter ini memiliki tekstur warna hijau tua, dan memiliki bulu serta daunnya yang lembut.

Manfaat Daun Ketumbar

Daun ketumbar ini sendiri sudah di kenal sebagai salah satu herbal yang digunakan untuk memberikan atau meningkatkan kesehatan tubuh secara langsung maupun tidak langsung. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun ketumbar ini adalah sebagai berikut :

Manfaat Daun Ketumbar


Hal yang pertama yang bisa kita dapatkan dari daun ketumbar ini adalah sebagai berikut :

Sebagai Anti Kanker


Daun ketumbar ialah merupakan salah satu herbal yang dapat berperan sebagai obat anti kanker. kandungan Antioksidan yang terdapat pada daun ketumbar ini sangat membantu untuk mencegah terjadinya kanker. zat yang bisa kita ketahui pada daun ketumbar ini adalah seperti zat Beta Karoten, Asam Caffeic, Ferulic, Vitamin C, Vitamin E, Quercetin Kaempferol, dan lain-lainnya yang sudah memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Baca juga :  

Sebagai Antibiotik


Setelah riset yang telah dilakukan kepada daun ketumbar, mereka menemukan bahwa didalam daun ketumbar ini terdapat suatu senyawa antibiotik, Dodecenal, yang telah diuji dan diteliti oleh para ahli. Hasil dari penelitian tersebut menjelaskan bahwa kandungan Antibiotik yang terdapt dalam daun ketumbar ini jauh lebih efektif untuk digunakan Gentamisin.

Dapat Mengurangi tekanan darah tinggi


Selain dari manfaat yang ada di atas, manfaat lain dari daun ketumbar ini adalah sebagai mencegah atau mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini sudah terbukti dan positif mengurangi tekanan darah tinggi pada banyak pasien yang telah menderita hipertensi.

Baca juga :


Dapat Mengobati peradangan kulit


Peradangan kulit yang di sebabkan oleh beberapa faktor ini bisa di atasi dengan daun ketumbar, karena di dalam daun ketumbar terdapat 11 komponen minyak esensial dan linoleat yang efektif dalam mengobati peradangan kulit. 

Dapat Menjaga Kesehatan Kulit


Kandungan seperti desinfektan, Detoksifikasi, Antiseptik, Antijamur, serta sifat Antioksidan yang terdapat di dalam daun ketumbar sangat baik dalam menjaga dan membersihkan kulit dari serangan atau gangguan kulit seperti kekeringan dan infeksi jamur kulit.


Dapat Menurunkan kolesterol


Kandungan Asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan Vitamin C- yang terdapat pada daun ketumbar, sangat baik dalam membantu menurunkan kolestrol yang terdapat dalam tubuh. Tidak itu saja, daun ketumbar juga dapat membantu meningkatkan kadar kolestrol yang sehat              ( HDL ) yang berfungsi sebagai pertahanan pencegahan terhadap sejumlah kondisi kardiovaskular yang berbahaya. ( Baca juga : Makanan Yang Tidak Baik Bagi Penderita Kolestrol )

Menjaga Kesehatan Tulang


Kandungan kalsium serta zat besi adalah merupakan zat yang dapat berperan penting terhadap kesehatan tulang, pertumbuhan, dan juga dapat mencegah berbagai kelainan dalam tulang.

Menjaga kesehatan mata


Kandungan Beta karoten dan Antioksidan yang terdapat pada daun ketumbar dapat membantu meringankan masalah mata. Selain itu zat ini juga membatnu menjaga mata dari masalah atau gangguan – gangguan terhadap mata

Dapat Mengobati batu ginjal


Seperti yang sudah disebutkan, bahwa daun ketumbar banyak memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan, yakni seperti diuretik dan efek Detoksifikasi, ini sudah sangat jelas dapat membantu menurunkan resiko terhadap batu ginjal. ( Baca juga : Gejala Batu Ginjal Dan Cara Mengatasinya )

Baik untuk Penyakit diabetes


Penyakit diabetes pada saat sekarang ini memang sudah menyebar luas, terutama di negara Indonesi, maka dari itu kita harus waspada terhadap penyakit diabetes ini, untuk salah satu mengantisipasi dari penyakit diabetes ini ialah dengan memanfaatkan daun ketumbar ini.

Baca juga :

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun ketumbar, semoga informasi ini berguna bagi kita semua, serta temukan informasi – informasi yang bermanfaat lainny di dalam blog ini.
.

Postingan terkait:

"Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.