Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Nangka

Nangka adalah jenis tanaman yang banyak dan sering kita temukan. Tanaman ini sudah sejak lama di ketahui tentang manfaat dan khasiatnya. Baik itu dari buah, biji, dan daunnya dapat di gunakan untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit.

Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Nangka
 Untuk daun nangka sendiri, banyak dari orang-orang menggunakannya sebagai obat herbal yang dapat membantu mengobati berbagai macm penyakit, seperti penyakit kanker, diabetes, dan yang lainnya.

Selain manfaat dari daun nangka dalam mengobati penyakit yang sudah saya sebutkan diatas, ada juga manfaat dan khasiat yang lain yang bisa kita dapatkan khususnya dalam membantu dalam mengatasi masalah kesehatan. Adapun manfaatnya ialah sebagai berikut :

1. Memelihara Kesehatan Tubuh


Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun nangka mampu membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Didalam daun nangka terdapat kandungan zat serat yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh.

Untuk cara menggunakan daun nangka ini untuk memelihara kesehatan tubuh, bisa di lakukan dengan cara berikut ini :

  1. Rebuslah sekitar lebih kurang 10 lembar daun nangka yang sudah tua dengan 1,5 liter.
  2. Biarkan selama beberapa menit sampai daun nangka menjadi layu dan atau setengah matang.
  3. Saring air rebusan rebusan tersebut dan masukan kedalam wadah atau gelas.
  4. Tutup dengan rapat wadah atau gelas tersebut hingga uapnya tidak keluar.
  5. Konsumsi air tersebut setelah dingin.
  6. Konsumsi 3 kali sehari dalam waktu 30 menit sebelum Anda makan.

2. Mencegah Penuaan Dini


Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun nangka dapat bekerja untuk membantu melawan efek penuan dini. Antioksidan sendiri dapat berperan sebagai penangkal dari radikal bebas dalam tubuh sehingga penting untuk dapat melawan dan mencegah terjadinya penuan dini. Untuk Pengguanannya sama dengan poin no 1.

3. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi


Dengan mengkonsumsi ramuan dari daun nangka dapat membantu Anda menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ini dikarenakan di dalam daun nangka terdapat kandungan Kalsium yang banyak, sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalsium serta menjaga kesehatan tulang. Cara penggunaannya sama dengan poin no 1 di atas.

Baca juga :

4. Mengobati Diabetes


Penyakit diabetes adalah jenis penyakit yang banyak menyerang orang-orang pada saat sekarang ini, takk terhitung jumlah penduduk yang terkena penyakit diabetes ini dalam tiap-tiap negatrannya. Masalah ini juga bisa kita atasi dengan mengkonsumsi dan memanfaatkan daun nangka ini. Untuk cara pengguanaanya bissa malakukan dengan poin no 1 di atas.

Baca juga :

5. Dapat Mencegah Kanker


Manfaat lain yang luar biasa dari daun nangka ini adalah sebagai pencegah penyakit kanker. beberapa sumber yang pernah saya telusuri, bahwa perpaduan antara daun sirsak dan daun nangka sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker secara signifikan. Untuk cara pengguanaanya sama denga poin no 1 di atas. ( Baca juga : Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Paru-paru )

6. Dapat Mengobati Sakit Bisul


Dalam hal ini, manfaat dari daun nangka yang sudah terbukti dan teruji ialah dalam mengatasi maslah penyakit bisulan. Dan ini sudah dibuktikan oleh beberapa orang yang pernah mengidap penyakit bisulan. Adapun cara yang bisa kita lakukan dalam pengobatan bisul ialah sebagai berikut :
  • Bakar beberapa lembar daun nangka yang sudah kering
  • Kemudian setelah terbangkar menjadi arang, campurkan dengan kapur sirih
  • Campurkan juga dengan minyak kayu putih
  • Lalu oleskan campuran tersebut pada bagian yang terkena bisulan.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari daun nangka yang bisa kita dapatkan, semoga artikel ini memberikan manfaat pada Anda semua.

Postingan terkait:

  1. enggak gatal apa mbak kalau daun nangka di minum kan banyak getah yang terkandung di dalam daun nangka, walaupun uda direbus daunnya biasanya akan mengeluarkan bintik-bintik putih di air rebusannya nanti, gimana tu mba?

    ReplyDelete
  2. gak mbak,, soalnya yang kita rebus itu daun nangka yang sudah tua ( Sudah kering ) bukan yang masih muda, kalau yang masih muda itu baru banyak getahnya,, daun nangka yang sudah tua biasanya kadar getahnya tinggal sedikit, nah kadar getah inilah yang nanntinya menjadi obat. Terimakasih

    ReplyDelete

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.