Bahayanya Makan Sate Yang Harus Anda Ketahui

Sate adalah jenis makanan yang dimasak dengan cara dibakardiatas pemanggang. Namun yang perlu kita ketahui adalah mengkonsumsi sate ternyata dapat menyebabkan kanker. menurut dari penelitian, makanan sate ataupun sejenisnya dapat meningkatkan resiko terkena kanker.

Bahayanya Makan Sate

Menurut dari beberapa penelitian, makanan yang masaknya di panggang terutama daging dapat terbentuknya komponen PAH, PAH ini adalah kelompok senyawa yang terbentuk akibat dari pembakaran yang tidak sempurna dari zat-zat anorganik seperti arang, dan minyak.

Didalam daging sate yang telah di panggang, PAH akan terbentuk ketika lembak daging menetes diatas arang. Kemudian itu akan menyatu kedalam asap dan akan menempel pada daging.

Baca juga :

Hubungan terkena kanker dengan makanan ini adalah karena zat karnogen yang terkandung di dalam makanan ini dapat memicu dan meransang tumbuhnya sel tumor atau kanker. Zat karsinogen dapat merusak keutuhan sel dan pada akhirnya sel dapat mengalami mutasi. Ketika zat yang normal telah dicemari oleh zat tersebut akan menjadikan sel normal tersebut menjadi sel yang ganas dan akan berkembang biak.

Sekitar pada tahun 2002, beberapa penelitian yang telah di lakukan di Stockholm University telah menemukan bahwa makanan yang dikasi tepung lalu di panggang dalam suhu lebih kurang 1200 Celsius dapat menyusun zat kimia yang Acrylamide, Zat kimia ini dapat dihasilkan dari reaksi antara asparagine, asam amino non esensial serta fruktosa, akan tetapi zat kimia ini tidak ditemukan pada makanan yang tidak dipanaskan.

Acrylamide juga dikenal dengan sebutan karsinogen. Studi kasus pernah di lakukan pada seekor tikus sebagai objek dari penelitian, didalam studi ini merekan menemukan bahwa zat kimia yang terdapat pada makanan yang di panggang dapat menyebabkan tumor pada paru-paru, testikel, dan tiroid. Selain itu zat ini juga dapat meransang terjadinya mutasi DNA pada sperma tikus.

Baca juga : 

Sedangkan pada manusia, reaksi dari acrylimade dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit. Para ilmuan telah meyakini bahwa zat inilah yang menjadi pemicu terjadinya tumor pada tubuh. Selain dari pada itu, sebuah studi juga pernah dilakukan dan mereka juga telah menemukan bahwa daging yang di masak dengan suhu yang tinggi akan menghasilkan zat kimia berbahaya.

Zat kimia yang mereka temukan adalah seperti zat kimia Polyciclic Aromatic Hydrocarbons( PAHs ), Heterocyclic Amines ( ACAs ), serta zat kimia Mutangenik yang dapat menyebabkan perubahan DNA serta dapat meningkatkan resiko terkena kanker.

Itula beberapa informasi tentang bahaya mengkonsumsi sate dapat menyebabkan kanker, semoga informasi ini bermafaat bagi kita semua…

Postingan terkait:

"Bahayanya Makan Sate Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.