Bahaya Minum Air Sambil Berdiri Bagi Kesehatan

Sengaja atau tidak sengaja, hal ini sering kita lakukan, baik dirumah, maupun diluar rumah. Mimu air samil berdiri memang boleh dikatakan semua orang melakukannya. Hal dapat menyebabkan kita melakukan ini adalah karena faktor terburu-terburu atau bisa juga karena sudah menjadi kebiasaan.

Bahaya Minum Air Sambil Berdiri Bagi Kesehatan
Selain itu juga karena disebabkan karena faktor kesempatan seperti upacara, hiburan, olaharaga, dan hal lain yang menyebabkan kita harus minum sambil berdiri. Tapi apakah Anda mengetahui bahwa minum sambil berdiri ini memiliki bahaya dan berdampak buruk terhadap kesehatan.?

Didalm agama dan etika, sering kali melarang untuk minum sambil berdiri. Sedangkan menurut ilmu medis, minum sambil berdiri dapat menyebabkan bahaya terhadap organ dalam tubuh, karena didalam tubuh terdapat sebuah penyaring atau filter yang disebut denga sfringer, yaitu kumpulan dari otot yang berbentuk seperti cincin yang bekerja sebagai pembuka serta penutup jalur alamiah tubuh kita. ( Baca juga : Manfaat Mengkonsumsi Air Putih Bagi Kesehatan )

Untuk lebih mengetahui apa saja bahayanya, berikut ini bahaya minum air putih sambil berdiri yang berdampak pada tubuh:

1. Dapat Merusak Sistem Cerna dan Gangguan Perut


Ketika seseorang meminum air sambil berdiri, tenggorokan bisa mengalami penyempitan dan berkerut, dengan demikian air akan langsung masuk kedalam tubuh tanpa melewati usus dan dapat menciprat kedinding perut. Menurut medis, cipratan inilah yang dapat merusak sistem penceranaan dalam waktu jangka panjang. Kondisi yang seperti inilah yang dapat membuat kita merasakan nyeri di bagian perut, perut kembung, mual dan juga rasa kurang nyaman.

2. Dapat Menyebabkan Lambung Terganggu


Lambung adalah salah satu organ yang paling rentan terkena dampak akibat sering minum air sambil berdiri. Karena tekanan air yang diminum dapat mengejutkan bagian saluran yang menuju kelambung hingga menyebabkan Gastroesophageal Reflux Disease ( GERD ) atau yang sering disebut dengan kenaikan asam lambung. Jika hal ini terjadi, sudah tentu dapat mebahayakan kesehatan lambung dan juga kesehatan tubuh.

3. Bahaya Bagi Kesehatan Jantung


Meminum air sambil berdiri dapat membuat sarah tubuh jadi menegang, karena adanya reaksi secara tiba-tiba dari saraf organ usus. Jika hal ini berlangsung secara terus-menerus, maka resiko yang akan didapatkan adalah serangan jantung.

Untuk itu mulai dari sekarang belajarlah mengetahui posisi minum air putih yang baik yaitu dengan posisi sambil duduk, karena minum sambil duduk dapat membuat sistem parasimpatetik akan menjadi lebih rileks, sehingga saraf tidak berjalan secara normal dan tidak tegang.

“ Jadi mulai sekarang, tinggalkanlah kebiasaan buruk ini, dan cobalah beralih dengan kebiasaan yang lebih baik. Agar kesehatan selalu terjaga dan tentunya baik dan selalu sehat. ”

Itulah beberapa ulasan singkat tentang bahaya minum air putih bagi kesehatan, semoga informasi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.