Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Putih

Kunyit putih adalah jenis tanaman yang sejenis dengan tanaman umbi yang berbuah tahunan, dengan memiliki rimpang yang agak bulat, dan memiliki warna yang putih yang tidak ubah persis dengan kencur.

Kunyit putih adalah Jenis tanaman yang sering di jadikan sebagai tanaman herbal tradisional yang manfaatnya dapat membantu mengatasi masalah terhadap berbagai jenis masalah kesehatan, karena kandungan zat yang terdapat pada kunyit putih sangat banyak sekali.

Kunyit putih ini tidak seperti dengan kunyit kuning yang sering kita jumpai di pasar, karena kunyit putih ini jarang digunakan sebagai bahan untuk pewarna dari masakan, akan tetapi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita. Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan dari kunyit putih ini adalah sebagai berikut :

Dapat Mencegah Kanker Payudara


Penyakit kanker adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi kita, namun banyak dari orang – orang yang mengidap penyakit kanker, terutama bagi wanita, yang sering terkena penyakit kanker payudara. Nah untuk dapat mengurang resiko terkena penyakit kanker ini, kita bisa membuat ramuan dari kunyit putih yang dapat membantu menngurangi resiko dari penyakit kanker ini. adapun ramuannya bisa kita lakukan sebagai berikut :
  • Bersihkan kunyit putih dan keladi putih secukupnya hingga bersih.
  • Kemudian potong kunyit dan keladi tersebut
  • Rebus dengan air lebih kuran 4 gelas tunggu hingga mendidih dan air menjadi setengah
  • Dinginkan dan saring air rebusan tersebut.
  • Kemudian minum air rebusan tersebut, ( bisa menambahkan sedikit madu sebagai untuk menambah rasa manis)

Mampu Mengurangi atau Mengobati penyakit maag


Penyakit maag sering terjadi kepada orang – orang yang waktu makannya tidak teratur. Selain dari pada itu, penyakit maag juga dapat terjadi yang disebabkan oleh makanan yang dapat memicu asam lambung terlalu banyak. Jika rekan – rekan yang terkena penyakit maag atau yang masih gejala, ini bisa kita obati dengan memanfaatkan ramuan dari kunyit putih. Adapun ramuannya sebagai berikut :
  • Siapkan kunyit putih secukupnya atau seperlunya
  • Potong kunyit putih menjadi ukuran kecil
  • Rebuslah kunyit putih tersebut dengan lebih kurang 500 cc
  • Tunggu hingga airnya berkurang tinggal separuh
  • Dinginkan dan saring air rebusan tersebut
  • Konsumsi air rebusan tersebut 2 kali sehari dengan dosis 50 cc 1X minum.
  • Untuk hasil yang maksimal lakukan dengan cara teratur


Dapat Memberikan Kesegaran Pada Wajah


Kunyit putih juga ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit wajah, bagi kita yang memiliki jadwal yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk perwatan terhadap kulit wajah, apalagi dengan kegiatan yang berada di bwah trik sinah matahari, kita bisa memanfaatkan kunyit putih ini untuk mengembalikan kesegaran wajah. Yaitu dengan cara menjadikan kunyit putih dan campuran susu sebagai masker wajah.

Hal ini akan mengembalikan wajah Anda menjadi segar dan sehat. Tapi yang perlu kita ingat adalah, kunyit putih memiliki kandungan yang cukup keras terlebih lagi bagi kulit yang sensitif, untuk itu bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif jangan terlalu sering menggunakan kunyit putih ini sebagai masker waja.

Dapat Mengobati Jerawat


Memiliki jerawat pada wajah sudah tentu membuat seseorang tidak merasa percaya diri terhadap orang ramai. Namun hal ini tidak perlu di runsingkan lagi, karena jerawat yang membandel ini bisa kita atasi dengan menggunakan manfaat dari kunyit putih ini. adapun cara yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut :
  • Siapkan kunyit yang sudah di haluskan ( bubuk kunyit )
  • Tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai masker wajah
  • Diamkan lebih kurang selama 5 menit
  • Kemudian bilas dengan air dingin bersih
  • Lakukan hal ini sampai jerawat mengempis dan hilang

Baca juga :

Mungkin itu adalah beberap manfaat yang bisa kita dapatkan dari kunyit putih, namun yang perlu kita ingat meskipun kunyit putih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, tapi di dalam hal demikian ternyata kunyit putih juga memiliki efek samping yang juga berbahaya bagi kesehatan jika kita abakan. Adapun efek samping dari kunyit putih adalah sebagai berikut :

Efek Samping Kunyit Putih


Beberapa efek samping yang sering di jumpai atau yang sudah di teliti dan pernah di alami oleh orang – orang adalah seperti yang di bawah ini.

Dapat Menyebabkan Keusakan Pada Sel Darah Merah Dan Darah Putih


Ramuan dari kunyit putih atau ekstrak dari kunyit putih sudah banyak beredar di pasaran, tapi yang harus kita ingat adalah sebelum mengkonsumsi ramuan dari kunyit putih ini ada sebaiknya konsultasikan dahulu dengan medis. Karena salah dalam mengkonsumsi ramuan kunyit putih secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit anemia dan kehilangan sel darah merah.

Dapat Membuat Gula Darah Menurun Drastis


Adapun efek samping yang lain dari kunyit putih ini adalah dapat membuat gula dara menurun secara dtastis apabila ramuan ini salah dalam penggunaan secara terus menerus. Maka dari itu konsultasikan dulu dengan yang ahlinya sebelum mengkonsumsi ramuan dari kunyit putih. Karena apabila salah secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit yang di namakan hypoglucemia.

Baca Juga :

Dapat Menyebabkan Iritasi Pada Kulit


Efek samping yang lain yang juga sering di alami orang – orang yanga salah dalam penggunaannya adalah iritasi pada kulit. Maka dari itu dari jangan pengguanaan ramuan dari kunyit putih ini di gunakan secara terus menerus, dan sebelum menggunakannya konsultasikan dulu dengan yang ahlinya.

Mungkin itulah beberapa informasi tentang manfaat dan efek samping yang bisa kita dapatkan dari kunyit putih, semoga informasi berguna bagi teman – teman semuanya. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar teman – teman..

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Putih"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.