Manfaat Tumbuhan Kencana Ungu Untuk Kesehatan

Tumbuhan kencana ungu atau yang biasa di kenal dengan daun pletekan adalah jenis tumbuhan liar yang bisa kita jumpai di beberapa tempat. Tumbuhan yang memiliki nama latin Ruellia Tuberosa.L ini merupakan tumbuhan yang bisa di manfaatkan sebagai tumbuhan yang memiliki kemampuan untuk bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Kencana Ungu Untuk Kesehatan
 Tumbuhan kencana ungu ini juga di kenal memiliki banya kandungan yang dapat membantu untuk kesehata, seperti salah satu kandungan saponin dan polifenol. Tumbuah ini biasanya yang di manfaatkan adalah daun dan bunganya. Adapun jenis penyakit yang bisa kita atasi dengan tumbuhan kencana ini adalah sebagai berikut :

Manfaat Daun Kencana Untuk Mengatasi Diabetes


Tumbuhan kencana ungu ini sudah lama di kenal sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi penyakit diabetes. Ramuan ini sangat manjur bila di gunakan dengan cara yang benar, adapun cara yang bisa kita lakukan untuk membuat ramuan ini adalah sebagai berikut :
  • Ambil daun kencana Ungu secukupnya dan bersihkan daun pletekan yang sudah dicabut dari batangnya.
  • Setelah itu rebus daun kencana ungu ini dengan air sekitar 500ml
  • Biarkan sampai mendidih hingga air bersisa ½ nya
  • Dinginkan air rebusan tersebut
  • Saring air rebusan daun kencana
  • Konsumsi 2X sehari yakni 1 gelas pada pagi dan sore hari
Yang perlu kita ingat adalah, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, jika kadar gula sudah normal, hentikan pemakaian tersebut.

Dapat Mengatasi Peradangan


Peradangan biasa dapat kita lihat dengan adanya tanda yang terdapat pada bagian tubuh seperti memerah, dan di sertai dengan rasa nyeri. Untuk dapat mengatasi hal yang seperti ini, bisa kita atasi dengan tumbuhan kencana ini untuk dapat mengurangi peradangan tersebut.

Mengobati Batuk


Batuk sering kali menyerang kita, ketika kita di serang oleh penyakit batuk, itu adalah petanda bahwa tubuh kita sedang melawan gangguan dari luar yang menyerang saluran pernapasan. Untuk dapat mengatasi atau mengobati batuk ini, bisa kita atasi dengan memanfaatkan ramuan dari bunga kencana ungu ini.

Dapat Mengatasi Rasa Gatal


Rasa gatal memanglah merupakan hal yang sangat umum, namun jika terjadi dalam waktu yang lama, ini akan sangat mengganggu kenyaman serta dapat merusak kulit. Ini bisa kita atasi dengan memanfaatkan bunga kencana ungu untuk mengatasi rasa gatal tersebut.

Dapat Menyehatkan Syaraf


Kesehatan syaraf sangat perlu untuk kita jaga, karena syaraf perannya sangat penting sekali. Untuk dapat menjaga kesehatan syaraf ini bisa kita atasi dengan ramuan tumbuhan kencana ini.

Baik Untuk Pencernaan


Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari tumbuhan kencana ini adalah dapat memberikan kesehatan terhadap pencernaan.
( Baca juga : Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan )

Mencegah Hipertensi


Darah tinggi Hipertensi adalah jenis penyakit yang tergolong sangat bahaya. Jika penyakit ini tidak di atasi dengan cepat, hal ini bisa menyebabkan fatal yang bisa berujung dengan kematian. Untuk dapat mengontrol tenkanan darah agar tetap normal, ini bisa kita atasi dengan mengkonsumsi ramuan dari bunga kencana ungu secara teratur.

Baik Untuk Kesehatan Mulut


Kesehata mulut sangat penting untuk di jaga, karena tidak hanya membuat diri seseorang menjadi kurang percaya diri, namun mulut juga adalah salah satu organ penceranaan. Agar kesehatan mulut selalu terjaga, kita bisa memanfaatkan tumbuhan kencana ungu ini untuk dapat mengatasi hal yang berhubungan dengan mulut.

Dapat Mengobati Borok


Borok adalah jenis penyakit kulit yang dapat mengganggu kesehatan dan penampilan. Untuk dapat mengatasi penyakit tersebut, ini bisa kita atasi dengan bunga kencana ungu yang sudah di haluskan dan kemudian di balutkan pada borok. Dengan pemakaian yang teratur insyallah borok akan berangsur sembuh.

Menangkal Radikal Bebas


Kandungan antioksidan yang terdapat pada tumbuhan kencana ungu terutama pada bunganya, dapat membantu tubuh dalam menangkal perkembangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Untuk itu mengkonsumsi ramuan bunga kencana ungu dapat menjadi obat penangkal radikal bebas.
( Baca juga : Manfaat Bunga Mawar Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan )

Itulah manfaat dari tumbuhan kencana ungu yang bisa kita dapatkan. tapi yang perlu kita ingat adalah, jangan mengkonsumsi ramuan bunga kencana ini terlalu berlebihan, karena jika pengguanan dari ramuan bunga kencan ungu ini di atas 5000 mg/kg dapat menyebabkan keracunan, untuk itu sebelum mengkonsumsi ramuan ini ada lebih baik konsultasikan dulu pada yang ahlinya atau pada medis. Semoga ini bermanfaat.

Postingan terkait:

"Manfaat Tumbuhan Kencana Ungu Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.