Manfaat Tanaman Okra Untuk Kesehatan

Tanaman Okra adalah merupakan jenis tanaman yang termasuk kedalam keluarga Malvaceae ( Kapas-kapasan ). Tanaman okra ini banyak di budidayakan di daerah yang memiliki iklim tropis dan hangat, Tanaman okra ini berasal dari benua afrika.

Manfaat Tanaman Okra


Namun pada saat ini, tanaman Okra telah banyak di kenal di berbagai negara seperti Philiphina, Jepang, Saudi Arabia, Srilanka, bahkan hingga kenegara-negara di benua Amerika dan Eropa. Namun di Indonesia, tanaman ini kurang di kenal oleh masyarakat sekitar.

Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Okra


Okra sendiri ialah merupakan sejenis tanman sayuran yang banyak mengandung serat dan Glutation, selain itu dalam biji tanaman ini juga mengandung banyak minyak hingga 40 persen, di mana minyak yang terdapat pada okra ini sangat kaya dengan asam lemak tidak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat.
Adapun kandungan Giji yang terdapat pada tanaman Okra ini, yakni seperti Asam Pantotenat, Besi, Energi, Folat, Fosfor, Karoten, Kalsium, Karbohidrat, Kolesterol, Lemak, Lutein zeaxanthin, Magnesium, Mangaan, Niacin, Protein, Pyridoxin, Potasium, Riboflavin, Serat, Sodium, Selenium, Seng, Sodium, Thiamin, Tembag, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K.

Itu adalah beberap kandungan giji yang terdapat pad Okra, untuk manfaat tanaman Okra untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

Dapat Membantu Melindungi Paru-Paru


Tanaman okra merupakan jenis tanaman yang banyak mengandung nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah manfaat senyawa Flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan seperti beta kareten, xanthin dan lutein yang dapat membantu untuk dapat melindungi kesehatan paru-paru.

Baca juga :

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan


Tanaman okara ini juga termasuk kedalam jenis tanaman sayuran yang memiliki rendah kalori. Di dalam setiap 100 gram okra hanya mengandung 30 kalori. Selain daripada itu, tanaman ini juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolestrol.
( Baca juga : Cara Menurunkan Berat Badan 7 Kg Dalam Waktu 7 Hari )

Meskipun dengan demikian, okra adalah merupakan sumber asupan yang kaya akan serat. Mineral, dan Vitamin. Tanaman Okra sering di rekomendasikan oleh ahli gizi sebagai sumber makanan untuk dapat membantu mengontrol kolestrol serta program untuk penurunan berat badan

Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit


Okra dipercaya banyak memiliki kandungan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin A yang terdapat pada okra sangat baik untuk dan di perlukan untuk menjaga selaput lendir yang berkontribusi dalam menjaga kulit agar tetap sehat.

Dapat Mencegah Kanker Rongga Mulut


Kandungan Antioksidan yang terdapat pada Okra atau bamia merupakan salah satu senyawa yang dapat membantu untuk mencegah kankerrongga mulut.

Dapat Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Mengkonsumsi Okra di percaya dapat membantu tubuh untuk dapat mengembangkan kekebalan terhadap infeksi, mengurangi batuk dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbbahaya. Hal ini karena didalam okra terdapat 36 persen kandungan manfaat Vitamin C dari rekomendasi harian untuk tubuh.

Zat besi yang terdapat di dalam okra juga dapat membantu utnuk mengatur molekul hemoglobin. Sel-sel darah merah bertanggung jawab dalam pendristibusian oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi juga berperan dalam proses metabolisme energi pada tubuh serta dalam sistem kekebalan tubuh.

Dapat Memperkuat Tulang dan Gigi


Kandungan Vitamin K yang terdapat pada okra segar merupakan co-faktor enzim pembekuan sebagai penghasil manfaat kalsium yang baik bagi kesehata tulang dan gigi.

Dapat Menurunkan Kolesterol


Sebuah studi yang di terbitkan di dalam the Journal Of Federation Of American Societies For Experimental Biology telah menemukan bahwa Ekstrak Okra dapat membantu menurunkan kadar kolestrol.

 Baca juga :

Dapat Membantu Proses Pencernaan


Tanaman okra adalah merupakan sumber serat yang sangat baik yang dapat membantu untuk meringankan pencernaan.
( Baca juga : Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan )

Mungkin itu saja informasi tentang manfaat tanaman Okra untuk kesehatan yang bisa saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mencari informasi seputar manfaat tanaman Okra.

Postingan terkait:

"Manfaat Tanaman Okra Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.