Manfaat Lengkuas Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Lengkuas atau Laos adalah jenis tanaman yang berasal dari Indonesia. Lengkuas banyak di gunakan di Indonesia dan Malaysia sebagai penyedap suatu makanan. Dalam hal ini, lengkuas juga di kenal oleh orang India kuno dan telah di gunakan di bagian-bagian negara barat lainnya pada sejak abad pertengahan sebagai stimulan dan tonik.
Manfaat Lengkuas Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Di bagian negara-negara Timur, bubuk lengkuan banyak di gunakan sebbagai parfum, dan pembuatan bir. Selain itu, lengkuas juga sering di gunakan atau di masukan kedalam resep suatu makanan ikan dan kerang yang di kombinasikan dengan bawang putih, cabai, jahe, asam, dan lemon.

Sementara bubuk lengkuas juga banyak di gunakan oleh orang-orang untuk di jadikan sebagai hidangan seperti saus, sate, sup, sambal, dan olahan daging, dan serta sayur kari. Disamping itu, lengkuas juga sudah di kenal oleh orang ramai tentang manfaat serta kandungan nutrisinya untuk kesehatan.

Di negara India, lengkuas banya di gunakan sebagai pewangi tubuh dan halitosi obat, sedangkan di bagian Eropa dan Asia budidaya terhadap lengkuas sudah di gunakan sebagai afrodisiak selama berabad-abad. Di dalam hal ini, saya ingin menyampaikan berbagai manfaat yang manfaatnya bisa kita gunakan untuk dapat mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Adapun manfaat lengkuas yang bisa kita gunakan sebagai mengatasi masalah terhadap kesehatan di antaranya sebagai berikut :

Manfaat Lengkuas Untuk kesehatan


Seperti yang sudah kita bahas di atas, lengkuas banyak memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itulah lengkuas sangat di percaya dapat mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Apapun itu yuk simak penjelasannya.

  • Dapat Mengatasi Rasa Mual dan Morning Sickness

Mengkonsumsi beberapa potong lengkuas, di percaya dapat mengatasi atau menyembuhkan rasa mual yang di sebabkan karena mabuk. Minyak aromatik yang terdapat pada lengkuas juga dapat meransang dan memberikan ketenangan pada saraf. Untuk wanita yang hamil biasanya mengalami morning sickness, bisa di atasi dengan menyeduh beberapa rimpang lengkuas dengan air hangat dan madu dapat membantu mengatasi morning sickness. Morning sickness adalah kondisi dimana rasa mual dan rasa ingin muntah yang biasanya terjadi ketika seseorang mengalami hami muda.

  • Dapat Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat yang terdapat di dalam lengkuas di yakitni dapat membantu meningkatkan proses pencernaan. Hal ini juga dapat membantu mengurangi ludah dan asam pencernaan yang dapat memberikan masalah bagi penderita maag. Selain itu lengkuas juga di percaya dapat mencegah anoreksia dan rasa nyeri di perut.
Baca juga : Manfaat Dari Daun Senna Untuk Kesehatan

  • Dapat Mencegah Tumor dan Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada lengkuas juga di percaya dapat membantu meminimalkan DNA yang rusak yang di akibatkan oleh radikal bebas dan racun lainnya yang masuk kedalam tubuh. Sebuah studi dari oleh peneliti Inggris terhadap penderita penyakit kanker payudara dan paru-paru menemukan bahwa ekstrak lengkuas dapat memiliki sifat anti kanker.

Selain itu penelitian juga melaporkan bahwa kandungan transconiveril diasetat, acitoxy chavikol asetat dan asetoksi eugenol cetat dapat menghambat sintesis enzim xanthin yangg dapat memicu perkembangan tumor.

  • Dapat Mengobati Diare

Lengkuas ternyata memiliki efek yang bermanfaat dapat menjadi atau bersifat anti bakteri yang dapat menyingkirkan bakteri patogen dan dapat menyembuhkan diare. Dimana bakteri patogen tersebut adalah bakteri yang dapat menyebabkan terjaadinya penyakit.

  • Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Didalam sistem peredaran darah, lengkuas dapat memberikan atau mengurangi kontraksi jantung. Didalam pengobatan di ayurveda atau di negara India, lengkuas juga sering di gunakan sebagai obat tradisional penyakit jantung.

Sedangkan di negara-negara lain seperti di Jerman, Swiss, dan Austria, lengkuas sering di gunakan sebagai obat rumah yang baik untuk mencegah penyakit stroke jantung. Bahkan Dr. Strehlew seorang penulis kedokteran Bingen mengatakan bahwa “ Lengkuas merupakan penyelamat hidup dari serang jantung.”
Baca juga : Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Jantung Dengan Baik

  • Dapat Meringankan Asma

Lengkuas memiliki efek antispasmodik yang dapat mengurangi dahak serta dapat melebarkan bronkiolus untuk dapat meredakan Asma. Oleh sebab itu lengkuas bisa di katakan memiliki peran penti dalam menjaga sistem pernapasan yang sehat. Selain dari pada itu, lengkuas juga bisa di manfaatkan sebagai obat dysarthria, ( Gagap dan Aphasia ).


  • Dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian dari para ahli telah mebuktikan bahwa ekstrak polisakarida lengkuas dapat memberikan ransang pengembangan sel pada sistem retikulo endothelial ( RES ) serta dapat meningkatkan jumlah sel eksudat peritoneal serta limpayang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

  • Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan Vitamin C yang terdapat di dalam lengkuas juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan sel-sel kulit mati dan dapat menjaga kulit dari penuaan dini.


  • Dapat Mengatasi Masalah Kulit Kepala

Lengkuas juga memiliki efek yang bersifat anti jamur, oleh karena itu lengkuas dapat kita terapkan pada kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur. Jamur yang terdapat pada kepala biasanya dapat menybabkan atau dapat mengakibatkan ketombe. Untuk itu kita bisa menggunakan lengkuas ini untuk bisa mengatasi hal tersebut dengan langsung menggsokan lengkuas pada kulit kepala atau bisa juga dengan cara mengoleskan parutan dari lengkuas yang di campur dengan minyak zaitun di area kulit yang terinfeksi oleh jamur.

Itu adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari lengkuas atau laos, tapi yang perlu kita ingat adalah, meskipun lengkuas memiliki banyak manfaat, akan tetapi lengkuas juga memiliki efek samping yang harus kita waspadai.

Efek Samping Mengkonsumsi Lengkuas


Efek samping dari lengkuas ini biasanya dapat terjadi seperti reaksi alergi yang dapat menyebabkan rasa nyeri sendi dan ruam, selain dari pada itu lengkua juga dapat menyebabkan sakit maag dan mengeluarkan tinja berdarah. Untuk itu sebelom mengkonsumsi lengkuas, sebaiknya konsultasikan dulu pada medis. Agar supa tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa di bilang lengkuas sangat berperan dalam kehidupan kita sehari-hari dalam mendapatkan hidup yang sehat. Semoga ini bermanfaat bagi teman-teman. Jangan lupa untuk memberikan komentar di bawah, karena komentar dari teman-teman sangat kami butuhkan untuk mengetahui kekurang dari artikel kami ini.

Postingan terkait:

"Manfaat Lengkuas Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.