Manfaat Dari Rambut Jagung Untuk Kesehatan

Ada yang tidak tahu jagung, jika ada yang tidak tahu, itu mungkin dia termasuk orang yang kurang beruntung. Karena jagung adalah jenis buah yang sering di konsumsi oleh orang-orang baik itu secara langung, maupun yang sudah menjadi olahan.

Manfaat Dari Rambut Jagung Untuk Kesehatan
Jagung sendiri bisa kita gunakan sebagai salah satu bahan pembuatan resep makanan. Dan hal ini biasanya jagung sering di jadikan sebagai campuran di dalam masakan sup, sementara jagung yang agak sedikit tua bisa di jadikan sebagai popcorn yang rasanya sangat nikmat, selain itu ada juga yang menjadikannya sebagai jus, dan lain-lain sebagainya. Selain dari rasanya yang enak, jagung juga memiliki manfaat yang sangata baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, untuk kali ini saya tidak membahas manfaat jagungnya, akan tetapi saya membahas tentang rambutnya jagungnya, sesuai dengan judul yang ada diatas. Kenapa demikian, karena rambut jagung juga tidak kalah hebatnya di bandingkan jagungnya.

Manfaat Rambut Jagung Untuk Kesehatan


Rambut jagung telah di percaya dan di gunakan oleh orang-orang suku sejak pada zaman kuno, bisa di katakan memiliki sejumlah sifat sebgai penyembuhan terhadap penyakit. Suku asli dari Amerika khususnya, telah menggunakan rambut jagung ini selama berabad-abad yang lalu sebagai untuk pengobatan. Nah pada saat sekarang ini juga mereka masih menggunakan rambut jagung sebagai obat dengan menjadikannya teh rambut jagung.

Manfaat dan khasiat dari teh rambut jagung ini besar sekali untuk bisa kita gunakan sebagai obat herbal alami. Adapun manfaatnya yang bisa kita dapatkan, berikut ini penjelasannya.


  • Dapat Sebagai Agen Diuretik

Rambut jagung yang telah di olah menjadi teh telah lama di gunakan sebagai diuretik alami yang kuat. Didala hal ini dapat membantu membersihakan air limbah dari dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko kompikasi yang berhubungan dengan retensi air.

  • Dapat Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

Teh rambut jagung juga bekerja sebagai agen anti inflamasi untuk infeksi saluran kemih. Dengan mengkonsumsi teh rambut jagung dapat membantu memenangkan radang pada kandungan kemih dan saluran kemih. Hal ini juga dapat meransang Anda untuk membuang air kecil, dengan hal tersebtu sudah tentu dapat mengurangi perkembangan bakteri pada salurang kemih.

  • Dapat Mencegah Terjadinya Batu Ginjal

Teh rambut jagung juga telah lama di kenal sebagai obat untuk pencegahan tejadinya penyakit batu ginjal. Batu ginjal biasanya terjadi akibat terlalu banyak kadar garam dalam urin sehingga bisa mengendap dan menjadi batu dalam saluran kemih yang bisa menyebabkan terjadinya rasa sakit.

Untuk itu dengan mengkonsumsi teh rambut jagung dapat mengatasi terjadinya penyakit batu ginjal. Tapi yang perlu kita ingat adalah, penggunaanya rambut jagung tidak akan bisa mengobati batu ginjal yang sudah terjadi, karena penggunaan rambut jagung hanya di gunakan sebagai pencegah bukan mengobati.
Baca juga : Gejala Dan Cara Mengatasi Batu Ginjal

  • Dapat Membantu Mengontrol Gula Darah

Sebuah studi yang telah di terbitkan pada tahun 2012 dalam International Journal Of Bilogical Macromolecules telah menunjukan bahwa, ekstrak dari rambut jagung memiliki efek pada masalah diabetes. Penelitian ini di lakukan pada tikus laboratorium yang menderita diabetes, dari pengujian itu mereka mendapati hasil bahwa rambut jagung dapat menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, dan ginjal.
Baca juga : Gejala dan Solusi Mengatasi Gula Darah Tinggi

  • Dapat Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi teh rambut jagung juga telah di percaya dapat mengatasi dan membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Dalam hal ini tentuya dapat mengurangi dampak dan resiko yang di akibat dari tekanan darah tinggi.
Baca juga : 10 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi
 
  • Sebagai Sumber akan Vitamin C

Rambut jagung juga terdapat memiliki kandungan Vitamin C yang sangat banya, yang dapat bekerja meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Sebagai Anti Inflamasi

Rambut jagung juga telah dikenal memiliki sifat anti inflamasi yang sangat bermanfaat. Beberapa dari penggunaan obat tradisional memiliki pandangan bahwa rambut jagung dapat di gunakan untuk mengurangi rasa sakit yang di sebabkan oleh penyakit inflamsi seperti arthritis.

Bagi teman yang berminat untuk mencoba mengonsumsi teh ramuan dari rambut jagung ini, bisa teman lakukan dengan cara sebagai berikut :

Cara membuat Teh rambu jagung 


  • Siapkan rambut jagung yang segar ataupun yang sudah kering secukupnya
  • Kemudian siapkan buah lemon dan air.
  • Setelah itu rebus air tersebut, ketika sudah mulai mendidih, masukan rambut jagung kedalam air tersebut.
  • Biarkan selama beberapa menit sampai air berubah menjadi warna kecoklatan
  • Saring rambut jagung tersebut
  • Setelah itu perasan buah lemon kedalam teh untuk menambahkan rasa dan aroma pada teh rambut jagung, setelah itu siap untuk di minum.

Tapi selain itu, perhatikan juga efek sampingnya, karena rambut jagung ini juga memiliki efek samping yang berbahaya. Adapun efek sampingnya sebagai berikut :

Efek Samping Rambut Jagung


  • Dengan mengkonsumsi teh rambut jagung juga dapt mengakibatkan pengurangan kadar kalium di dalam darah. Hal yang seperti ini dapat menyebabkan masalah terhadap kulit.
  • Untuk ibu yang lagi hamil, sebaiknya jangan mengkonsumsi teh rambut jagung ini, karena apabila terlebih konsumsi dapat menyebabkan keguguran.

Mungkin itu saja efek samping yang bisa saya sampaikan, mungkin kalau ada dari teman-teman yang ingin menambahkannya bisa tambahkan di kolom komentar, karena komentar dari teman-teman sangat kami butuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Postingan terkait:

"Manfaat Dari Rambut Jagung Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.