Manfaat Dan Khasiat Tempe Rebus Untuk Kesehatan

Tempe adalah jenis makanan khas Indonesia yang merupakan hasil dari fermentasi antara kedelai dengan bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang ( Jamur ) seperti Rhizopus oryzae, Rhizopus oligosporus, Rhizopus stolonifer, atau Rhizopus arrhizus.

Manfaat Dan Khasiat Tempe Rebus Untuk Kesehatan
Tempe juga tidak diketahui dengan pasti kapan awal mulannya Tempe ini di temukan atau dibuat, akan tetapi tempe sudah di kenal sejak berabad-abad yang lalu. Terutama dalam budaya masyarakat Indonesia. Akan tetapi di dalam tempe banyak terkandung nutrisi yang berguna dan bermanfaat bagi tubuh, seperti Protein, lemak, karbohidrat, serat, Vitamin, dan komponen yang bersifat anti bakteri.

Pada saat sekarang ini, banyak dari masyarakat-masyarakat baik itu di Indonesia, maupun masyarakat yang di luar sana mengkonsumsi tempe yang sudah di olah, seperti di goreng, di gulai, di rebus, dan masih banyak lagi cara pengolahannya. Akan tetapi, saya hanya membahas tentang manfaat tempe rebus untuk kesehatan, karena tempe rebus ini banyak sekali memiliki manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Tempe Rebus Untuk Kesehatan


Tempe rebus adalah salah satu jenis olahan makanan yang berasal dari Indonesia. Selain itu, di negara-negara luar seperti di Eropa dan Amerika banyak menyukai makanan ini, terutama lagi bai para vegetarian untuk pengganti daging.

Ini di sebabkan rasanya yang sangat nikmat serta memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, manfaat dari tempe rebus ini juga sudah di kenal oleh orang-orang sangat baik untuk dapat mengatasi berbagai jenis macam penyakit. Adapun manfaat dan khasiat dari tempe rebus ini adalah sebagi berikut :

Dapat Mencegah Hipertensi

Kandungan yang terdapat di dalam tempe ini di percaya dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau bisa di bilang hipertensi. Hal ini di sebabkan oleh senyawa magnesium yang terdapat di dalam tempe rebus ini mampu mencegah terjadinya pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Dapat Menurunkan Kolesterol

Manfaat dan khasiat dari tempe rebus ini juga dapat membantu kita dalam menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Karena makanan ini memiliki kandungan protein yang dapat membantu untuk menurunkan kolestrol jahat yang ada di dalam darah.
Baca juga : Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kolestrol

Dapat Mencegah Kanker

Didalam tempe rebus di dapati banyak kandungan senyawa seperti Isoflavon yang dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas akibat dari polusi yang bisa memicu timbulnya sela kanker di dalam tubuh. Selain itu senyawa Isoflavon ini juga dapat mencegah timbulnya beberapa jenis sel kanker yang lainnya.
Artikel lainnya : Mendegah Kanker

Dapat Sumber Energi

Tempe rebus ini juga di percaya dapat menjadi sumber energi, karena di dalam makanan ini juga terdapat Vitamin B2 yang dapat berfungsi untuk membantu memberikan energi yang baik di dalam tubuh.

Dapat Melancarkan Pencernaan

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam tempe ini seperti serat dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain daripada itu, hal ini juga dapat membantu untuk mengikat lemak di dalam tubuh.
Baca juga : Manfaat Daun Senna Untuk Pencernaan

Itu adalah beberapa manfaat dan khasiat dari tempe rebus, tapi yang perlu kita perhatikan adalah, meskipun tempe banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, akan tetapi, tempe juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan, terutama bagi kalangan wanita.

Ini terjadi karena apabila terlalu sering mengkonsumsi tempe, di ketahui zat seperti ) seperti Rhizopus oryzae, Rhizopus oligosporus, Rhizopus stolonifer, atau Rhizopus arrhizus ini, dapat menyebabkan gangguan pada Ovarium wanita. Hal yang seperti harus Anda waspadai.

Mungkin hanya it yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat…

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Khasiat Tempe Rebus Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.