Manfaat Dan Khasiat Dari Jahe Merah Untuk Kesehatan

Jahe ialah merupakan salah satu rempah yang senantiasa kita gunakan sebagai bumbu dalam suatu masakan. Untuk yang kita ketahui, jehe memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe merah berbeda dengan jahe yang pada umumnya yang kita kenal sebagai bumbu masakan ( Jahe putih ), karena jahe merah ini hanya di gunakan oleh beberapa orang untuk sebagai obat tradisional.

Manfaat Jahe Merah
 Di Indonesia, jahe mera ini telah di percaya dapat mengatasi beberapa jenis penyakit yang menyerang tubuh. Hal ini berdasarkan dari penelitian yang di lakukan dan telah membuktikan bahwa beberapa masalah kesehatan dapat di atasi dengan dengan jahe merah.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Zingiber Officinale var. Ruba ini dapat memberikan kenyamanan untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Berdasarkan dari penelitian yang telah di lakukan pada hewan mereka mencoba untuk mengumumkan seberapa efektif dan seberapa bagusnya peran dari jahe merah ini untuk dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Hasil dari penelitian tersebut menemukan bahwa jahe merah memiliki potensi yang baik untuk mengatasi peradangan yang bersifat akut maupun kronis. Hal ini tentu saja dapat memberikan dampak yang baik terhadap suatu penyakit. Jahe merah pada saat ini di akui dapat mengatasi penyakit seperti penyakit berikut ini :

Dapat Mencegah Hipertensi dan Penyakit Kardiovaskular


Salah satu manfaata jahe yang telah lama di kenal dan di percaya yang bisa kita dapatkan adalah dapat mengatasi atau dapat mencegah hipertensi dan kardiovaskular.

Sebuah penelitian yang telah di lakukan kepada tikus guna untuk mendapatkan hasil dari manfaat dari jahe merah ini, mereka telah mendapatkan bahwa ekstrak dari jahe merah ini memiliki peran yang lebih relavan untuk dapat menghambat enzim yang terkait dengan hipertensi.

Selain itu peran dari jahe merah yang lainnya muncul dalam penelitian ini adalah kemampuannya untuk dapat menghambat terjadinya peroksidasi lipid di organ hati atau proses terjadinya kerusakan-kerusakan oksidatif pada lemak yang terdapat pada hati.

Sebuah penelitian yang telah di lakukan kepada hewan, mereka telah menemukan bahwa ekstrak dari jahe merah dan jahe putih mempunyai efek proteksi terhadap otak dengan cara menghalangi terjadinya proksidasi oleh ion besi terhadap otak. Pada penelitian tersebut, jahe merah lebih mempunyai efek proteksi jika di bandingkan dengan jahe putih.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan


Selain manfaat yang di atas, manfaat jahe merah yang lain yang bisa kita dpatkan serta yang telah lama di percaya untuk di jadikan sebagai obat herbal alami adalah sebagai berikut :

Dapat Menjaga Kondisi Jantung


Kandungan yang terdapat pada jahe merah ini di percaya dapat berperan sebagai penurun kadar trigliserida dan kolestrol yang berlebih di dalam tubuh yang bisa dapat menyebabkan kondisi jantung makin memburuk.

Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan


Mengkonsumsi air rebusan jahe dengan cara yang teratur dan rutin di percaya dapat mengatasi gangguan terhadap pencernaan.

Dapat Mencegah Kanker Usus


Salah satu penelitian yang di lakuakn di Amerikan telah menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi minuman atau makanan yang di perbuat dari bahan dasar jahe merah ataupun jahe putih dapat mencegah terjadinya kanker Koloretal atau usu besar.

Dapat Mengatasi Morning Sickness


Morning sickness ini biasanya di alami oleh wanita yang lagi hamil, hal ini bisa di atasi dengan meminum wedang jahe atau kopi hangat setiap kali merasa mual di pagi hari.

Dapat Mengobati Alergi


Jahe merah juga telah di percaya memiliki sifat anti alergi, karena kandungan senyawa yang terdapat di dalam jahe merah sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal yang di sebabkan oleh alergi.

Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kandungan senyawa yang terdapat di dalam jahe merah dapat berperan sebagai menjaga sistem imun pada tubuh. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang kebal terhadap suatu penyakit, rajinlan untuk mengkonsumsi air rebusan jahe atau wedang jahe.

Baca juga : Manfaat Jahe Untuk Kecantikan Wajah

Kalu kita amati, ternyata manfaat dari jahe merah ini sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh, selain itu jahe murah juga tergolong sangat mudah untuk kita dapatkan. Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang informasi tentang manfaat dan khasiat jahe merah. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang mencari informasi tentang seputar Jahe dan manfaatnya.

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Khasiat Dari Jahe Merah Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.